Daerah  

Satlantas Polres Sampang Imbau Masyarakat Cegah Kemacetan dan Kerumunan

Kanit Turjawali Satlantas Polres Sampang (Ipda Sujiyono) saat sosialiasi kepada masyarakat, di masjid Al Falah Dharma Tanjung, Camplong, usai sholat Jum'at.

Sampang || Rega Media News

Menjelang dan pasca hari raya Idul Fitri 1442 hijriyah, dibeberapa titik wilayah di Kabupaten Sampang, Madura, biasanya bakal terjadi kemacetan, salah satunya di jalan raya Desa Dharma Tanjung, Kecamatan Camplong.

Kemacetan yang terjadi diperbatasan Kabupaten Pamekasan itu, disebabkan padatnya aktivitas sehari-hari warga, adanya kegiatan takbir keliling dan tradisi “Per-peran” yang dilakukan masyarakat setempat setiap H+7 lebaran.

“Hal itu adalah problem clasic,” ujar Kasat Lantas Polres Sampang AKP Ayip Rizal melalui Kanit Turjawali Ipda Sujiyono saat sosialisasi usai sholat Jum’at di masjid Al-Falah Dharma Tanjung, Jum’at (07/05/21).

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya sebagai Padal Pos Pam Ops Ketupat Semeru 2021, menghimbau kepada masyarakat tentang Kamtibmas, Kamseltibcar lantas dan pencegahan Covid-19.

“Kepada tokoh masyarakat, toko agama, tokoh pemuda dan masyarakat Dharma Tanjung agar dapat mencegah kegiatan yang menimbulkan terjadinya kemacetan dan kerumunan massa,” tuturnya.

Menurut Sujiono, problem clasic ini menjadi permasalahan yang hingga saat ini belum bisa diselesaikan dan imbasnya dirasakan masyarakat luas, terlebih saat ini masa pandemi Covid-19.

“Selain itu, kami menghimbau kepada masyarakat setempat, terutama bagi pedagang ikan, agar tidak berjualan di bahu jalan yang mengakibatkan kemacetan,” imbaunya.

Sujiyono menambahkan, menjelang ataupun pasca lebaran masyarakat dapat mematuhi himbauan tersebut, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran dan menekan angka Covid-19.

“Terlebih saat ini adanya larangan mudik. Jadi, kami berharap kepada masyarakat agar mematuhi imbauan, karena problem clasic ini adalah problem tahunan yang hingga saat ini belum terselesaikan,” ungkapnya.

Sujiyono mengungkapkan, pihaknya sudah berupaya melakukan pendekatan kepada masyarakat, perlu peran serta insan pers dalam menyampaikan imbauannya, karena sinergitas juga diutamakan.

“Imbauan tidak hanya kepada warga Dharma Tanjung, melainkan juga kepada masyarakat di Kabupaten Sampang, agar tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kemacetan maupun kerumunan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, saat melaksanakan kegiatan sosialisasi di masjid Al-Falah Dharma Tanjung, Camplong, Satlantas Polres Sampang juga melibatkan Babinkamtibmas, Babinsa Polsek dan Koramil wilayah setempat.

..