Lantik DPC KKIG Jayapura, Begini Kata Ketua KKIG Papua

  • Bagikan
Caption: foto bersama usai pelantikan pengurus baru Dewan Pengurus Cabang (DPC) KKIG Kabupaten Jayapura.

Jayapura || Rega Media News

Ketua Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG), Rasyid Mayang, akhirnya melantik pengurus baru Dewan Pengurus Cabang (DPC) KKIG Kabupaten Jayapura, di Pondok Pertemuan Perumahan Anugerah, Sentani Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (07/11/2021).

Ketua DPD KKIG Papua, Rasyid Mayang, saat disambangi awak media usai acara tersebut mengungkapkan, DPD KKIG Papua seteleh dilantik pada beberapa waktu yang lalu, memang telah berkomitmen akan segera membentuk DPC di tiap kabupaten dan kota se Provinsi Papua.

“Sebagaimana yang pernah kami sampaikan pada waktu lalu saat pelantikan, bahwa kita akan segera mendata dan membentuk DPC-DPC di Kabupaten dan Kota. Alhamdulillah pelantikan ini, adalah yang pertama kami lakukan, yakni pelantikan DPC KKIG Kabupaten Jayapura,” ungkap Rasyid.

Ia berharap, setelah dilantiknya pengurus baru DPC KKIG Kabupaten Jayapura, mereka segera melaksanakan tugasnya, untuk berperan penting bagi masyarakat Gorontalo yang berada di rantau.

“Dengan dilantiknya Dewan Pengurus Cabang KKIG Kabupaten Jayapura, harapan kami adalah segera mendata seluruh warga Gorontalo yang khususnya berada di Kabupaten Jayapura,” harapnya.

Tak hanya itu, ia juga berharap DPC KKIG Kabupaten Jayapura yang baru, untuk tetap terus membangun komunikasi dengan semua pihak, dan menjalin sinergitas serta menjaga harmonisasi dengan semua paguyuban di Kabupaten Jayapura.

“Jaga sinergitas bersama semua Paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura, dan mendukung penuh semua progeram-progeram pemerintah di Kabupaten Jayapura. Kita sebagai warga pendatang harus menjaga hubungan baik dengan warga Papua khususnya di Kabupaten Jayapura, jaga nama maik daerah ini sebagai wilayah zona integritas,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupate Jayapura, Giri Wijayantoro, yang turut menghadiri kegiatan pelantikan itu, kepada awak media mengatakan, saat berkumpul dengan warga Gorontalo, ia selalu bernostalgia dengan masa lalunya yang pernah tinggal di Gorontalo.

“Saya kalau mendengar Gorontalo, selalu teringat dengan kehebatannya. Karena saya dulu pernah tinggal dan menjadi peternak kambing di Gorontalo. Gorontalo produktifitasnya luar biasa, kalau dibandingkan dengan Papua. Kalau kita berjalan dari kabupaten satu ke kabupaten lainnya, di jala itu kita akan menemukan kiri kanan ada tanaman yang betul-betul sudah dibudidayakan. Cara bercocok tanamya betul-betul dengan ilmu, bukan asal tanam,” kata Giri.

Lebih lanjut Giri menjelaskan, hal inilah yang membuat Gorontalo menjadi luar biasa dan patut menjadi contoh bagi daerah-daerah lain. Apalagi, di Gorontalo sendiri menurutnya, sebagai daerah penghasil jagung.

“Di Gorontalo itu kita bisa antar pulau, kalau disana milu, kalau di sini Jagung, itu bisa mereka kirim ke luar daerah, dan ini jadi pakan ternak yang luar biasa. Di Papua juga sempat terkirim, contoh gula aren apa semua bisa ke Papua, dan ini kalau di Papua sendiri itu mereka terapkan, dengan gula aren mereka mau tanam satu pohon aren, satu hari itu bisa menghasilkan Rp. 200 ribu perharinya,” jelas Giri.

Diterangkannya, dari segi karakteristik orang-orang Gorontalo sendiri, dikenal dengan keramahan dan kesantunannya. Selalu terbuka, menerima bagi siapa saja yang datang dan menetap di Gorontalo, dan secara kebetulan budayanya dekat dengan etnis Jaton.

“Mereka bisa menerima dari saudara-saudara yang lain, dan kebetulan dekat dengan Jaton ya (Jawa-Tondano). Dekat dengab pengaruhnya Pangeraan Diponegoro di Utara Sulawesi. Jadi mulai 1825 itu memang budayanya sudah nyata dan kepemimpinan sudah terbiasa di sana,” terangnya.

Ia berharap, untuk pengurus KKIG Kabupaten Jayapura yang baru dilantik, kedepannya bisa saling bekerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura, terkait dengan administrasi KKIG Kabupaten Jayapura.

“Semoga kedepannya, ketua dan pengurus bisa kerjasama dengan Kesbangpol, untuk bisa mendaftarkan ke Kesbangpol, supaya hubungan pemerintah dengan warga gorontalo bisa harmonis lebih baik lagi dari kemarin,” tandasnya.

  • Bagikan
Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!