Daerah  

Para Tahanan di Rutan Polres Gorontalo Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Caption: saat pemeriksaan kesehatan oleh Satuan Perawatan Tahanan Polres Gorontalo kota.

Gorontalo || Rega Media News

Sejumlah tahanan di Rutan (Ruang Tahanan) Polres Gorontalo Kota, dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) Polres Gorontalo Kota, Minggu (05/06/2022).

Hal ini dilakukan, sebagai wujud komitmen Polres Gorontalo Kota dalam meningkatkan pengawasan terhadap para tahanan, terutama pengawasan terhadap kondisi kesehatan mereka.

“Pemeriksaan kesehatan tahanan merupakan bagian dari perawatan tahanan, hal ini kami lakukan setiap hari guna memastikan kesehatannya,” kata Kasat Tahti Polres Gorontalo Kota, IPTU. A Mahamani, Minggu (05/06/2022).

Diungkapkan A Mahamani, hasil pemeriksaan pihaknya, tidak ditemukan tahanan yang mengalami gangguan kesehatan.

“Semua tahanan yang ada di rumah tahanan Mapolres Gorontalo Kota, dalam keadaan sehat,” ungkapnya.

A Mahamani menerangkan, selain pemeriksaan rutin, pihaknya juga menyediakan obat-obatan dan siap 24 Jam melakukan tindakan ketika ada tahanan yang sakit, serta terus melakukan pengawalan jika ada tahanan yang dirujuk ke Rumah Sakit.

“Tenaga medis, selalu siap jika dibutuhkan. Bahkan, hingga pengawalan apabila tahanan di rujuk ke RS,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Gorontalo Kota AKBP. Suka Irawanto, dalam keterangannya menambahjan, pemeriksaan Rutan dan kondisi kesehatan para tahanan, memang wajib dan rutin dilakukan. Namun, untuk waktunya pelaksanaannya dengan sistem random atau tidak teratur, untuk mengantisipasi para tahanan menghafal jadwal pemeriksaan.

”Pemeriksaan rutin kami lakukan, namun secara acak. Supaya, tahanan tidak mudah menghafal jadwal kami untuk melakukan giat. Artinya, setiap melakukan giat kami lakukan secara mendadak, kadang pagi, siang, bahkan malam hari,” pungkasnya.

..