Daerah  

Pemkab Bojonegoro Siapkan Dana Abadi Untuk Pendidikan Warga

Caption: Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah saat di ruang rapat paripurna bersama DPRD Bojonegoro.

Bojonegoro || Rega Media News

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyiapkan dana abadi pendidikan untuk mengakomodir warga Bojonegoro dalam menempuh pendidikan S1, S2 atau di jenjang akademis tertinggi (S3).

Dana abadi pendidikan terimplementasi melalui rancangan peraturan daerah (raperda) dana abadi pendidikan berkelanjutan. Hal ini sesuai paparan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah saat rapat kerja bersama DPRD, Rabu (8/6/2022) di ruang rapat paripurna.

Bupati Anna mengatakan, dana abadi pendidikan berkelanjutan bersumber dari APBD Kabupaten Bojonegoro. Bertujuan untuk menciptakan keadilan antar generasi melalui penjaminan akses pendidikan bersifat berkelanjutan.

Sementara penganggaran bertahap selama tiga tahun anggaran sebesar Rp3 triliun. Terbagi di 2022 hingga 2024. Masing-masing Rp1 triliun per tahun. Namun, penempatan dana abadi akan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

“Dana abadi pendidikan ini memiliki beberapa sumber. Di antaranya pendapatan DBH migas, pendapatan investasi, dan sumber lain yang sah. Penempatannya dalam rekening tersendiri atas nama Pemerintah Daerah melalui Bank Jatim,” jelasnya.

Anggaran penggunaan pada belanja yang diperuntukkan untuk beasiswa pendidikan pada OPD Dinas Pendidikan. Sementara Bendahara Umum Daerah bertindak sebagai pengelola untuk mendapatkan pendapatan. Kemudian, pengembangannya dalam bentuk investasi dengan risiko paling rendah. Dapat berupa investasi jangka panjang ataupun jangka pendek

“Faktor terbesar masyarakat yaitu terkendala biaya untuk menempuh pendidikan tinggi. Sehingga setiap warga Bojonegoro yang memenuhi syarat bisa memanfaatkan dana abadi pendidikan berkelanjutan ini,” ujarnya.

..