Regamedianews.com https://regamedianews.com Berita Harian Online Tue, 02 Jun 2020 04:25:23 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.4.1 https://regamedianews.com/wp-content/uploads/2020/05/cropped-Logopit_1588395458318-60x60.png Regamedianews.com https://regamedianews.com 32 32 144679252 Wartawan BNI Di Ancam Setelah Memberitakan Pasien Terkonfirmasi Positif Corona https://regamedianews.com/2020/06/02/wartawan-bni-di-ancam-setelah-memberitakan-pasien-terkonfirmasi-positif-corona/ https://regamedianews.com/2020/06/02/wartawan-bni-di-ancam-setelah-memberitakan-pasien-terkonfirmasi-positif-corona/#respond Tue, 02 Jun 2020 04:13:24 +0000 https://regamedianews.com/?p=38691 Wartawan BNI Di Ancam Setelah Memberitakan Pasien Terkonfirmasi Positif Corona Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Wartawan Bedah Nusantara Indonesia (BNI) Syarif yang bertugas di Wilayah Gorontalo […]]]> Wartawan BNI Di Ancam Setelah Memberitakan Pasien Terkonfirmasi Positif Corona

Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Wartawan Bedah Nusantara Indonesia (BNI) Syarif yang bertugas di Wilayah Gorontalo Utara, mendapat ancaman setelah memberitakan Pasien 93 yang terkonfirmasi Positif Covid-19 di Desa Pontolo Atas, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.

Salah satu keluarga pasien 93 ini, sekitar jam 22:30 hari senin (1/6/2020), mendatangi rumah salah satu wartawan BNI sambil berteriak-teriak dan melontarkan nada ancaman kepada wartawan tersebut. Lantaran keberatan terkait dengan keluarganya yang positif corona di publikasikan dimedia.

“Mereka berteriak teriak didepan rumah saya, dan katanya keluarga mereka tersebut bukan pencuri kenapa sampai dimuat di media seperti itu,” ungkap Syarif sambil meniru teriakan keluarga pasien tersebut.

Kemudian lanjut sarif, bahwa dirinya mendapat ancaman akan dipukul oleh mereka, “Dalam teriakan mereka itu saya akan dipukul,” jelas Syarif.

Saat itu juga Syarif, meminta perlindungan kepada pihak kepolisian Polres Gorut. Setibanya pihak kepolisian Reskrikm Polres Gorut dan Kanit Reskrim Polsek Kwandang, di Tempat Kejadian Perkara (TKP), langsung memediasi dan mempertemukan kedua belah pihak.

Sesuai keterangan salah satu keluarga pasien tersebut bahwa dirinya hanya ingin bertemu berbicara baik-baik dengan wartawan tersebut, “Tidak ada niat untuk memukulnya,” jelasnya.

Setelah diberikan pemahaman oleh pihak kepolisian kepada salah satu keluarga pasien tersebut, sehingga dirinya mengakui kesalahannya dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Saat itu juga sudah selesai secara kekeluargaan, kedua belah pihak sudah saling memaafkan. (SN)

]]>
https://regamedianews.com/2020/06/02/wartawan-bni-di-ancam-setelah-memberitakan-pasien-terkonfirmasi-positif-corona/feed/ 0 38691
Menag Sampaikan Tidak Ada Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 2020 https://regamedianews.com/2020/06/02/menag-sampaikan-tidak-ada-pemberangkatan-jamaah-haji-tahun-2020/ https://regamedianews.com/2020/06/02/menag-sampaikan-tidak-ada-pemberangkatan-jamaah-haji-tahun-2020/#respond Tue, 02 Jun 2020 04:05:06 +0000 https://regamedianews.com/?p=38688 Menag Sampaikan Tidak Ada Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 2020 Jakarta, (regamedianews.com) – Para jamaah calon haji di Indonesia nampaknya harus sabar, pasalnya tahun 2020 […]]]> Menag Sampaikan Tidak Ada Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 2020

Jakarta, (regamedianews.com) – Para jamaah calon haji di Indonesia nampaknya harus sabar, pasalnya tahun 2020 ini tidak ada pemberangkatan jamaah haji dari Indonesia, hal tersebut karena dampak Covid-19.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Agama Fachrul Razi, Selasa (02/5/20), dan Keputusan ini berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia.

“Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji pada 2020 atau tahun 1441 Hijriah,” kata Menag dalam jumpa pers via YouTube, Selasa (2/6/20).

Menurut Menag keputusan tersebut diambil dengan berbagai pertimbangan, Salah satunya pemerintah Arab Saudi hingga saat ini masih belum membuka akses bagi negara mana pun terkait pandemi Corona.

“Tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah,” imbuhnya. (rd)

]]>
https://regamedianews.com/2020/06/02/menag-sampaikan-tidak-ada-pemberangkatan-jamaah-haji-tahun-2020/feed/ 0 38688
Jadi Tempat Berkumpulnya Pemudik, Warga Tuntulow Minta Pemda Bolmut Ambil Tindakan https://regamedianews.com/2020/06/01/jadi-tempat-berkumpulnya-pemudik-warga-tuntulow-minta-pemda-bolmut-ambil-tindakan/ https://regamedianews.com/2020/06/01/jadi-tempat-berkumpulnya-pemudik-warga-tuntulow-minta-pemda-bolmut-ambil-tindakan/#respond Mon, 01 Jun 2020 15:29:32 +0000 https://regamedianews.com/?p=38682 Jadi Tempat Berkumpulnya Pemudik, Warga Tuntulow Minta Pemda Bolmut Ambil Tindakan Bolmong Utara, (regamedianews.com) – Kembali terjadi penumpukan kendaraan dan pemudik di Desa Tuntulow, Kecamatan Pinogaluman, […]]]> Jadi Tempat Berkumpulnya Pemudik, Warga Tuntulow Minta Pemda Bolmut Ambil Tindakan

Bolmong Utara, (regamedianews.com) – Kembali terjadi penumpukan kendaraan dan pemudik di Desa Tuntulow, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) lantaran PSBB di Provinsi Gorontalo kembali di perpanjang.

Selama pantauan awak media pada hari Minggu s/d Senin, ada kurang lebih puluhan penumpang dan mobil yang tertumpuk di Desa Tuntulow lantaran tidak bisa melewati atau masuk ke Gorontalo, selama berlakunya PSBB Tahap III. Senin (1/6/2020).

Namun hal ini, telah menimbulkan kekhawatiran dari masyarakat Tuntulow itu sendiri, sebab mereka ini berasal dari zona merah.

“Kami sangat hawatir dengan adanya mereka ini, karena kita tau bersama mereka ini berasal dari zona merah. Gorontalo saja tida mengizinkan mereka masuk karena ingin memutus mata rantai Covid-19. Nah kemudian bagaimana dengan kita disini?,” tanya salah satu warga Tuntulow yang tidak mau disebut namanya.

Dirinya pun meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bolmut, kiranya segera mengambil tindakan sebelum ada hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi.

“Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bolmut segera mengambil tindakan terkait hal ini, jangan sampai nanti sudah ada yang terpapar kemudian pemerintah bertindak,” tandasnya.

Sampai berita ini ditayangkan belum terkonfirmasi kepada Pemda Bolmut. (SM)

]]>
https://regamedianews.com/2020/06/01/jadi-tempat-berkumpulnya-pemudik-warga-tuntulow-minta-pemda-bolmut-ambil-tindakan/feed/ 0 38682
Masyarakat Cireundeu Masih Pertahankan Bahan Pokok Singkong Sebagai Bahan Olahan https://regamedianews.com/2020/06/01/masyarakat-cireundeu-masih-pertahankan-bahan-pokok-singkong-sebagai-bahan-olahan/ https://regamedianews.com/2020/06/01/masyarakat-cireundeu-masih-pertahankan-bahan-pokok-singkong-sebagai-bahan-olahan/#respond Mon, 01 Jun 2020 12:08:47 +0000 https://regamedianews.com/?p=38676 Masyarakat Cireundeu Masih Pertahankan Bahan Pokok Singkong Sebagai Bahan Olahan Cimahi, (regamedianews.com) – Masyarakat kampung adat Desa Cireundeu, Kecamatan Leuwigajah, Kota Cimahi, Jawa Barat menyambut baik […]]]> Masyarakat Cireundeu Masih Pertahankan Bahan Pokok Singkong Sebagai Bahan Olahan

Cimahi, (regamedianews.com) – Masyarakat kampung adat Desa Cireundeu, Kecamatan Leuwigajah, Kota Cimahi, Jawa Barat menyambut baik upaya peningkatan produksi pangan lokal untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Terlebih, desa ini memiliki diversifikasi pangan lokal yang sangat khas, yaitu beras singkong.

“Sudah puluhan tahun kami mengkonsumsi beras dari singkong sebagai makanan pokok masyarakat di desa kami, Desa Cireundeu, Kecamatan Leuwigajah, Kota Cimahi, Jawa Barat,” ujar Jajat Sudrajat, petani yang juga Ketua Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Cireundeu.

“Disamping konsumsi sendiri, kami menyediakan banyak nasi dari singkong setiap harinya karena banyak tamu yang datang ke kampung kami untuk belajar kearifan lokal disini,” sambungnya. 

P4S Cireundeu dibentuk 2018 dengan luas lahan 20 hektare yang ditanami singkong untuk diolah menjadi beras singkong dan menjadi makanan pokok seluruh warga Cireundeu. 

Masyarakat Desa Cireundeu pun tidak pernah lagi mengkonsumsi beras dari padi sawah. Hebatnya, masyarakat setempat juga mengembangkan pangan olahan dari singkong.

Ibu-ibu di Kampung adat Cireundeu juga mengolah tepung singkong menjadi aneka penganan seperti eggroll, serta aneka kue kering. Ada nastar dan lidah kucing, kicipir, cireng kering, dendeng kulit singkong, saroja, cistik, awug, dan opak.

Makanan olahan tersebut disamping untuk disajikan kepada tamu yang datang, juga dijual kepada konsumen luar.

Salah satu P4S binaan Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah koordinasi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang yang memiliki klasifikasi Madya ini, sering menjadi tempat kunjungan saat BBPP Lembang melaksanakan pelatihan.

Mereka juga kerap dikunjungi tamu dari dinas atau instansi lainnya yang ingin belajar tentang diversifikasi pangan, khususnya olahan singkong menjadi beras dari singkong (rasi).

Kearifan lokal di di Kampung Adat Cireundeu, seiring dengan seruan Menteri Pertanian (Kememntan), Syahrul Yasin Limpo, yang mengajak mengkonsumsi pangan lokal yang berlimpah dan sangat bermanfaat karena bergizi tinggi dan sehat.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manuai Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, Indonesia memiliki banyak pangan lokal yang sudah menjadi kearifan lokal di berbagai daerah.

Dedi menilai, pertanian di Indonesia sangat diuntungkan karena bisa setiap saat melakukan tanam. Terlebih, Dengan iklimnya yang tropis, sinar matahari yang melimpah, sumber air yang banyak, dan tanah yang subur. Menjadikan Indonesia kaya akan pangan lokal seperti sagu, singkong, jagung, ubi, dan lainnya.

“Ayo genjot terus produksi pangan lokal apalagi pandemi Covid-19 masih berlangsung sehingga impor pangan seperti gandum terganggu, ini menjadi momentum tepat untuk kita memproduksi pangan lokal baik dari on-farm maupun off-farm,” jelas Dedi. (agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/06/01/masyarakat-cireundeu-masih-pertahankan-bahan-pokok-singkong-sebagai-bahan-olahan/feed/ 0 38676
Masyarakat Samadua Bersyukur, Aceh Selatan Tetap Bertahan di Zona Hijau Covid-19 https://regamedianews.com/2020/06/01/masyarakat-samadua-bersyukur-aceh-selatan-tetap-bertahan-di-zona-hijau-covid-19/ https://regamedianews.com/2020/06/01/masyarakat-samadua-bersyukur-aceh-selatan-tetap-bertahan-di-zona-hijau-covid-19/#respond Mon, 01 Jun 2020 01:07:47 +0000 https://regamedianews.com/?p=38672 Masyarakat Samadua Bersyukur, Aceh Selatan Tetap Bertahan di Zona Hijau Covid-19 Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Samadua, apresiasi kepada Pemerintah Pusat dalam hal […]]]> Masyarakat Samadua Bersyukur, Aceh Selatan Tetap Bertahan di Zona Hijau Covid-19

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Samadua, apresiasi kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Ketua Tim Gugus Percepatan Penangganan Virus Covid-19.

Doni Monardo yang telah mengumumkan Kabupaten Aceh Selatan masuk wilayah zona hijau dari pandemi virus corona, diantaranya 120 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Hal itu, disampaikan Tgk Sardi, Junaidi, Harmonis dan salah satu Tokoh Perempuan Rahmawati kepada regamedianews.com, Minggu (31/05/2020) di Gampong Gunung Cut Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan.

“Alhamdulillah, berkat do’a kita selama ini, bersama masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, kawasan kita telah dinyatakan bebas dari virus covid-19 atau zona hijau oleh Ketua Tim Gugus Percepatan Penangganan Covid-19,” tutur Doni Monardo.

Masyarakat Aceh Selatan, harapnya tetap mawas diri dan jangan terlalu eforia dengan masuknya wilayah kita sebagai zona hijau dari Covid-19.

“Tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan seperti jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan menghindari kerumunan massa,” tutupnya. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/06/01/masyarakat-samadua-bersyukur-aceh-selatan-tetap-bertahan-di-zona-hijau-covid-19/feed/ 0 38672
Gorontalo Utara Jebol, Dua Orang Dinyatakan Positif Corona https://regamedianews.com/2020/05/31/gorontalo-utara-jebol-dua-orang-dinyatakan-positif-corona/ https://regamedianews.com/2020/05/31/gorontalo-utara-jebol-dua-orang-dinyatakan-positif-corona/#respond Sun, 31 May 2020 11:26:37 +0000 https://regamedianews.com/?p=38668 Gorontalo Utara Jebol, Dua Orang Dinyatakan Positif Corona Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Berbagai macam upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) […]]]> Gorontalo Utara Jebol, Dua Orang Dinyatakan Positif Corona

Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Berbagai macam upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dalam upaya mencegah tertularnya Covid-19, namun akhirnya jebol juga. Dua warga Gorut dinyatakan Positif Virus Corona Disease (Covid-19) .

Juru bicara Gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Gorontalo, dr. Triyanto Bialangi menyampaikan, dua warga Gorut terkonfirmasi positif Covid-19, Minggu (31/5/2020).

Adapun rincian yang dinyatakan positif tersebut adalah RU laki-laki (12 th) Desa Pontolo Atas Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.

“Pasien ini merupakan pelaku perjalan dari manado, penumpang di mobil Pick Up yang bermuatan bahan makanan dan tiba di gorut pada tanggal 27 mei 2020. Hasil swab pertama pada tanggal 31 mei 2020 hasilnya Positif,” ujar Triyanto melalui konferensi persnya.

Lanjut Triyanto, pasien kedua yang dinyatakan positif atas nama RB laki-laki (30 th) Desa Cisadane, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorut.

“Pasien ini merupakan pelaku perjalanan dari pelabuhan manado dan tiba di Desa Cisadane tanggal 27 mei, dengan menggunakan perahu nelayan,” terangnya.

Saat ini sesuai pantauan awak media, kedua pasien sudah di rujuk ke RSUD Zainal Umar Sidiki (ZUS) dan Kondisi pasien dalam keadaan sehat tanpa gejala. (SN)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/31/gorontalo-utara-jebol-dua-orang-dinyatakan-positif-corona/feed/ 0 38668
Termasuk Aceh Selatan, Dari 102 Kabupaten-Kota Yang Diizinkan Beraktivitas Normal https://regamedianews.com/2020/05/31/termasuk-aceh-selatan-dari-102-kabupaten-kota-yang-diizinkan-beraktivitas-normal/ https://regamedianews.com/2020/05/31/termasuk-aceh-selatan-dari-102-kabupaten-kota-yang-diizinkan-beraktivitas-normal/#respond Sun, 31 May 2020 06:23:09 +0000 https://regamedianews.com/?p=38665 Termasuk Aceh Selatan, Dari 102 Kabupaten-Kota Yang Diizinkan Beraktivitas Normal Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, ada 102 […]]]> Termasuk Aceh Selatan, Dari 102 Kabupaten-Kota Yang Diizinkan Beraktivitas Normal

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, ada 102 kabupaten atau kota yang diizinkan melaksanakan kegiatan produktif dan aman Covid-19 berdasarkan protokol kesehatan yang tepat.

“Bapak Presiden perintahkan Gugus Tugas memberi kewenangan pada 102 kabupaten/kota yang berada dalam zona hijau, untuk melaksanakan kegiatan produktif,” kata Doni dalam konferensi pers di akun Youtube BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Zona hijau menandakan wilayah tersebut tidak terdampak Covid-19. Kabupaten dan kota yang berada di zona ini adalah sebagai berikut:

Provinsi Aceh (14 kabupaten/kota)

-Kabupaten Pidie Jaya
-Kabupaten Aceh Singkil
-Kabupaten Bireuen
-Kabupaten Aceh Jaya
-Kabupaten Nagan Raya
-Kota Subulussalam
-Kabupaten Aceh Tenggara
-Kabupaten Aceh Tengah
-Kabupaten Aceh Barat
-Kabuoaten Aceh Selatan
-Kota Sabang
-Kota Langsa
-Kabupaten Aceh Timur
-Kabupaten Aceh Besar

Sementara Plt Kadis Kesehatan, Novi Rosmita mengatakan, untuk Aceh Selatan sesuai pernyataan BNPB berada di kriteria zona hijau, namun untuk referensi Pimpinan dalam mengambil kebijakan untuk Kabupaten kita Aceh Selatan.

“Direncanakan dari Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas akan melaksanakan skrining Kes berupa Rapit Test secara random pada tiap-tiap kecamatan-kecamatan yang jumlah Travellernya cukup banyak, mungkin Resiko terpapar Covid-19nya lebih tinggi,” katanya.

Untuk mengantisipasi penularan sebelum pimpinan mengambil kebijakan penerapan New Normal, pihaknya akan menunggu arahan atau kebijakan dari pimpinan dan kita berharap semua masyarakat diwilayah Aceh Selatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Seperti menggunakan masker bila keluar rumah, jaga jarak, sering mencuci tangan di air mengalir dan menghindari kerumunan,” pungkasnya. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/31/termasuk-aceh-selatan-dari-102-kabupaten-kota-yang-diizinkan-beraktivitas-normal/feed/ 0 38665
15 Wilayah Di Jawa Barat Akan Terapkan New Normal https://regamedianews.com/2020/05/31/15-wilayah-di-jawa-barat-akan-terapkan-new-normal/ https://regamedianews.com/2020/05/31/15-wilayah-di-jawa-barat-akan-terapkan-new-normal/#respond Sun, 31 May 2020 04:18:40 +0000 https://regamedianews.com/?p=38659 15 Wilayah Di Jawa Barat Akan Terapkan New Normal Bandung, (regamedianews.com) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengizinkan 60 persen dari 27 kota/kabupaten di […]]]> 15 Wilayah Di Jawa Barat Akan Terapkan New Normal

Bandung, (regamedianews.com) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengizinkan 60 persen dari 27 kota/kabupaten di Jabar atau sebanyak 15 daerah untuk mulai menerapkan new normal atau yang dalam bahasanya disebut sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Ke-15 daerah itu merupakan Kab/kota yang termasuk dalam level 2 zona biru (terkendali) dalam level kewaspadaan Jabar,” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Jum’at (29/5/20).

Sementara 40 persen daerah lainnya, atau 12 Kab/Kota direkomendasikan melanjutkan PSBB proporsional. Ke-12 daerah itu adalah Kab/Kota yang masuk ke dalam zona kuning level kewaspadaan.

Berikut Daftar Lengkap 27 Kabupaten/kota di Jabar berdasarkan pembagian zona:

Zona Biru- 15 daerah: Diperbolehkan memulai New Normal (AKB):

1.Kab. Bandung Barat (KBB)

2.Kabupaten Ciamis

3.Kabupaten Cianjur

4.Kabupaten Cirebon

5.Kabupaten Garut

6.Kabupaten Kuningan

7.Kabupaten Majalengka

8.Kabupaten Pangandaran

9.Kabupaten Purwakarta

10.Kabupaten Sumedang

11.Kabupaten Tasikmalaya

12.Kota Banjar

13.Kota Cirebon

14.Kota Sukabumi

15. Kota Tasikmalaya

Zona Kuning – 12 daerah: Direkomendasikan Melanjutkan PSBB:

1.Kabupaten Bandung

2.Kabupaten Bekasi

3.Kabupaten Bogor

4.Kabupaten Indramayu

5.Kabupaten Karawang

6.Kabupaten Subang

7.Kabupaten Sukabumi

8.Kota Bandung

9.Kota Bekasi

10.Kota Bogor

11.Kota Cimahi

12.Kota Depok

Ketentuan PSBB proporsional sendiri yakni, di kawasan Bodebek (Kab. Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Bekasi dan Kota Bekasi) akan berlangsung 6 hari sejak 30 Mei hingga 4 Juni 2020.

“Sedangkan PSBB di tujuh daerah di luar wilayah Bodebek diterapkan selama 14 hari atau sampai 12 Juni 2020,” terangnya.

Ridwan Kamil menjelaskan, keputusan diambil berdasarkan hasil evaluasi level kewaspadaan PSBB Jabar yang berakhir 29 Mei.

Level kewaspadaan sendiri dihitung berdasarkan 9 indeks ilmiah yang juga merupakan masukan para ilmuan Jawa Barat. Yakni, laju ODP, PDP, laju kasus positif, laju kematian, laju kesembuhan, laju reproduksi Covid, laju transmisi, laju pergerakan lalu lintas dan manusia serta risiko geografis, yang memang berbeda-beda. (Bowie)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/31/15-wilayah-di-jawa-barat-akan-terapkan-new-normal/feed/ 0 38659
Pengacara Bank BPR Legian Sebut Titian Wilaras Hanyalah Korban https://regamedianews.com/2020/05/31/pengacara-bank-bpr-legian-sebut-titian-wilaras-hanyalah-korban/ https://regamedianews.com/2020/05/31/pengacara-bank-bpr-legian-sebut-titian-wilaras-hanyalah-korban/#respond Sun, 31 May 2020 00:35:51 +0000 https://regamedianews.com/?p=38653 Pengacara Bank BPR Legian Sebut Titian Wilaras Hanyalah Korban Bali, (regamedianews.com) – Bos BPR legian yang merupakan pemilik saham pengendali (PSP) Titian Wilaras menjalani […]]]> Pengacara Bank BPR Legian Sebut Titian Wilaras Hanyalah Korban

Bali, (regamedianews.com) – Bos BPR legian yang merupakan pemilik saham pengendali (PSP) Titian Wilaras menjalani sidang perdana kasus dugaan tindak pidana perbankan di PN Denpasar, Kamis (28/5) kemarin.

Pria kelahiran Sumatera Utara ini datang di dampingi Pengacaranya Acong Latif mengikuti sidang dakwaan di PN Denpasar dengan memakai baju putih celana hitam, tepat waktu sesuai panggilan jadwal sidang.

Titian selaku PSP sekaligus Komisaris Utama BPR Legian karena ulah para direksi dituduh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memerintahka komite yang terdiri dari saksi Indra Wijaya (Direktur Utama), Ni Putu Dewi Wirastini (Direktur Kepatuhan), I Gede Made Karyawan (Kepala Bisnis), Andre Muliya (HR dan GA manajer), dan Putu Ayu Junita Sari (supervisior operasional) untuk melakukan transfer ke yang bersangkutan yang mana mereka juga di periksa oleh OJK, Sehingga Titian Wilaraa menjalani sidang perdanya di PengadilanNegeru Denpasar pada hari kamis (28/05) kemarin dengan agenda dakwaan.

Menurut Acong Latif pengacara yang mendampingi sidang Titian, bahwa klienya adalah korban karena titian bukan pelaksana tehnis sedangkan pelaksana tehnis para direksi tidak ada yang tersangka sampai saat ini.

“Ini kan aneh, pemilik saham kan bukan pelaksana tehnis harusnya yang bertanggung jawab Direktur bukan pemilik saham,” ujar pengacara sukses berdarah Madura itu.

Masih menurut Acong, Titian tidak mengerti tentang perbankan, melainkan hanya memiliki saham, sehingga yang sebenarnya layak menyandang status tersangka adalah Direksi.

“Menurut keterangan klien kami, kalau ada dana yang masuk ke rekening dia justru oleh Direktur dengan alasan ada uang klien kami di bank tersebut kata direktur, sedangkan klien kami Titian tidak mengerti perbankan dia hanya yang punya uang atau saham di bank tersebut, artinya klien kami hanya korban yang harusnya tersangka adalah Direksi bukan klien kami Titian,” pungkasnya. (red)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/31/pengacara-bank-bpr-legian-sebut-titian-wilaras-hanyalah-korban/feed/ 0 38653
Abrasi Gampong Gunung Kerambil Kian Parah https://regamedianews.com/2020/05/30/abrasi-gampong-gunung-kerambil-kian-parah/ https://regamedianews.com/2020/05/30/abrasi-gampong-gunung-kerambil-kian-parah/#respond Sat, 30 May 2020 10:26:47 +0000 https://regamedianews.com/?p=38646 Abrasi Gampong Gunung Kerambil Kian Parah Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Ombak besar yang terjadi di Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan kian […]]]> Abrasi Gampong Gunung Kerambil Kian Parah

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Ombak besar yang terjadi di Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan kian parah jika dibiarkan berlarut-larut oleh pihak Pemkab Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh, akan berakibat fatal bagi penghuni rumah yang tinggal disana.

Dengan kondisi musim barat, wilayah pesisir Kecamatan Samadua dan Tapaktuan sering dihantam ombak besar serta badai karena daerah tersebut sangat rawan jika tibanya musim barat.

Apabila musim barat tiba, dua Kecamatan itu, para nelayanya tidak akan melaut takut dihantam ombak besar serta badai dengan kecepatan tinggi.

Akbar (40) tahun, salah satu warga Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan saat dikonfirmasi regamedianews.com membenarkan hal tersebut, dirinya dan keluarga yang tinggal serumah dengan mertua, Mursal (55) tahun, sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh segera membangun tanggul pemecah ombak atau batu gajah sebutnya.

“Jika musim barat tiba hati dan perasaan kami yang tinggal di bibir pantai Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan ini, selalu dihantui ketakukan dan gelisah, akibat sering terjadinya ombak besar serta angin yang sangat kencang kerab melanda wilayah pesisir Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan,” pungkas Akbar. 

Sementara itu Kepala Dinas Pengairan Provinsi Aceh Ir.Mawardi bersama Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dan anggota DPRA Syafrijal dengan nama gelaran Tgk Ganggam didampingi Kabid IRP Dinas Pengairan Propinsi Aceh, Ade Surya dan Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Aceh Selatan Rima Eved, melakukan peninjauan kebeberapa titik lokasi di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Terpisah Kabag Humas Setdakab Aceh Selatan Ramli Tanjung, Sabtu (30/05) melalui via handphone seluler membenarkan adanya Kadis Pengairan Provinsi Aceh dan Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meninjau beberapa titik lokasi rawan bencana alam akibat musim barat yang terjadi belakangan ini.

“Banyak area pesisir pantai yang tergerus akibat abrasi air laut yang berdampak kepada rumah warga seperti Kecamatan Bakongan Timur sepanjang 1 km bibir pantai telah tergerus bila tidak segera ditangani ditakutkan akan sampai ke jalan,” ujarnya.

Kemudian dilanjut ke Gampong Ujong Mangki Bakongan, Pasei Kuala Bau Kota Fajar dan dilanjutkan ke Gampong Gunung Kerambil Kecamatan Tapaktuan, Gampong Ujung Tanah Kecamatan Samadua. “Terakhir ke Gampong Pisang Labuhan Haji (krueng labuhan haji),” tutup Kabag Humas. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/30/abrasi-gampong-gunung-kerambil-kian-parah/feed/ 0 38646
PSBB Proporsional Kota Bandung Bolehkan Aktifitas Peribadatan https://regamedianews.com/2020/05/30/psbb-proporsional-kota-bandung-bolehkan-aktifitas-peribadatan/ https://regamedianews.com/2020/05/30/psbb-proporsional-kota-bandung-bolehkan-aktifitas-peribadatan/#respond Sat, 30 May 2020 06:59:55 +0000 https://regamedianews.com/?p=38642 PSBB Proporsional Kota Bandung Bolehkan Aktifitas Peribadatan Bandung, (regamedianews.com) – Pemerintah Kota Bandung akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional. Dan […]]]> PSBB Proporsional Kota Bandung Bolehkan Aktifitas Peribadatan

Bandung, (regamedianews.com) – Pemerintah Kota Bandung akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional. Dan yang terpenting, rumah ibadah boleh menggelar peribadatan.

Berdasarkan evaluasi PSBB Kota Bandung dan hasil rapat terbatas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda). Wali Kota Bandung Oded M. Danial akan segera mengeluarkan peraturan baru untuk mempertegas kondisi ini.

“Kota Bandung akan melaksanakan PSBB Proporsional. PSBB ini akan dimulai dari komunitas yang dampak dan potensi penularan virusnya paling rendah, lalu akan kita evaluasi terus sehingga secara bertahap akan terus berubah,” ungkap Oded saat konferensi pers usai rapat terbatas di Balai Kota Bandung, Jumat (29/5/2020).

PSBB Proporsional yang dimaksud adalah menambah sektor-sektor yang dikecualikan pada pembatasan sosial. Berdasarkan kesepakatan para pimpinan daerah, komunitas yang akan diperbolehkan beroperasi pertama kali adalah rumah ibadah.

“Tempat ibadah (boleh dibuka), namun akan dibatasi 30%. Semuanya (dilaksanakan) dengan protokol kesehatan,” jelas Oded.

Sektor lain yang akan diperbolehkan adalah perkantoran, baik lembaga milik pemerintah maupun swasta. Pertokoan mandiri pun akan dipersilakan beroperasi. Namun, Pemkot Bandung masih belum mengizinkan mal dan pusat perbelanjaan beroperasi.

Oded pun menekankan agar tetap mempertahankan jumlah aktivitas di sektor yang dikecualikan maksimal sebesar 30%. Misalnya, jika restoran akan memperbolehkan makan di tempat, maka hanya 30% kapasitas tempat duduk itu yang diperkenankan untuk dibuka.

Selain itu, titik pengecekanra di perbatasan akan dihilangkan. Petugas kepolisian akan mengalihkan penjagaan untuk memastikan sektor-sektor yang dikecualikan melaksanakan protokol yang sudah ditetapkan.

Sekolah juga belum akan dibuka selama masa PSBB Proporsional ini. Menurut Oded, sekolah justru adalah sektor terakhir yang akan dikecualikan dari PSBB Hal itu mengingat adanya kekhawatiran terjadi penularan di sekolah.

Di sisi lain, Oded pun menegaskan, meskipun PSBB Proporsional ini diberlakukan, Jaring Pengamanan Sosial tetap akan berjalan seperti biasa. Para penerima bantuan akan tetap mendapatkan haknya sampai bulan Juli 2020.

“JPS itu harus terus dilaksanakan. Kalau itu tidak boleh berhenti,” tegasnya. (Bowie)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/30/psbb-proporsional-kota-bandung-bolehkan-aktifitas-peribadatan/feed/ 0 38642
Didampingi Kuasa Hukumnya, Keluarga Korban Dugaan Pembunuhan Dipanggil Penyidik Reskrim Polda Gorontalo https://regamedianews.com/2020/05/30/didampingi-kuasa-hukumnya-keluarga-korban-dugaan-pembunuhan-dipanggil-penyidik-reskrim-polda-gorontalo/ https://regamedianews.com/2020/05/30/didampingi-kuasa-hukumnya-keluarga-korban-dugaan-pembunuhan-dipanggil-penyidik-reskrim-polda-gorontalo/#respond Sat, 30 May 2020 05:43:42 +0000 https://regamedianews.com/?p=38639 Didampingi Kuasa Hukumnya, Keluarga Korban Dugaan Pembunuhan Dipanggil Penyidik Reskrim Polda Gorontalo Gorontalo, (regamedianews.com) – Dugaan tindak pidana pembunuhan di Desa Wapalo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara […]]]> Didampingi Kuasa Hukumnya, Keluarga Korban Dugaan Pembunuhan Dipanggil Penyidik Reskrim Polda Gorontalo

Gorontalo, (regamedianews.com) – Dugaan tindak pidana pembunuhan di Desa Wapalo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), pada hari selasa tanggal 5 Mei 2020 yang diduga dilakukan oleh oknum anggota Kepolisian Polres Gorontalo Kota atas almarhum FI, resmi dilaporkan Oleh kelurga korban di Polda Gorontalo.

Keluarga korban atas nama Muliawati Paduli resmi melaporkan dengan LP No : 145/V/2020/SIAGA-SPKT tanggal 6 Mei 2020 di Polda Gorontalo dan saat ini sudah memasuki tahap Penyelidikan dan permintaan klarifikasi terhadap pelapor.

Hari jumat, 29 Mei 2020 bertempat diruangan penyidik Reskrimum Polda Gorontalo Darwin Pakaya,SH. Pelapor MP yang didampingi Penasehat Hukumnya Mashuri, SH.MH., Ifrianto S Rahman, SH.MH.CPLC., Tutun Suaib, SH., Maryam Kadir, SH., Maya Amir, SH. kesemuannya adalah Advokat di Kantor YLBHIG Cab. Gorontalo Utara, telah dimintai keterangan atas kejadian Penembakan yang diduga dilakukan oleh oknum anggota Kepolisian Gorontalo Kota yang menyebabkan kematian atas almarhum FI.

Almarhum FI diduga telah melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor, atas laporan masyarakat. Tepatnya pada hari selasa tanggal 5 Mei 2020 jam 16.00 Wita korban ditangkap oleh anggota Kepolisian Resort Gorontalo Kota di belakang Inul Vista Gorontalo.

Pada hari yang sama pula tepatnya pada jam 21.00 Wita, di rumah Pelapor di Desa Wapalo Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorut dilakukan penggeledahan oleh anggota Kepolisian Resort Kota Gorontalo untuk maksud mencari atau menemukan barang bukti, namun upaya tersebut gagal karena tidak ditemukan barang bukti sebagaimana yang disangkakan. Setelah selesainya penggeledahan terjadi penembakan terhadap almarhum FI yang diduga akan melarikan diri yang mengenai bagian kepala dari korban sehingga seketika meninggal dunia di lokasi kejadian.

Salah satu Penasehat hukum keluarga korban Mashuri, SH.MH., mengatakan tindakan penembakan yang dilakukan oleh oknum kepolisian tersebut adalah diduga menyalahi Standar Operasi Prosedur (SOP), Polisi tidak diperbolehkan menembak untuk mematikan seseorang yang diduga pelaku kejahatan maupun tersangka dengan alasan apapun. Soalnya, berdasarkan Perkap Nomor 1 dan Nomor 8 Tahun 2009, Polisi hanya boleh menembak dengan tujuan peringatan dan melumpuhkan. Dalam kondisi membahayakan pun, polisi hanya boleh melumpuhkan.

Lebih lanjut beliau mengatakan penembakan untuk menghentikan tindak kejahatan yang tidak sesuai dengan prosedur sehingga mengakibatkan diduga pelaku kejahatan atau tersangka mati, maka dapat dikatakan sebagai extra judicial killing. Fenomena extra-judicial killing atau pembunuhan di luar putusan pengadilan seolah menunjukan aparat penegak hukum menggunakan jalan pintas dalam menanggulangi suatu kejahatan.

Tindakan extra-judicial killing dilarang keras oleh ketentuan dalam hukum Hak Asasi Manusia (HAM) internasional maupun peraturan perundang undangan National. Larangan tersebut dimuat di dalam Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia, serta International Covenant on Civil and Political Rights/ICCPR (Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik) yang diratifikasi melalui Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan international Covenant On Civil And Political Rights (Kovenan Internasional Tentang Hak-Hak Sipil dan Politik).

Extra-judicial killing merupakan suatu pelanggaran hak hidup seseorang. Hak hidup setiap orang dijamin oleh Undang-Undang Dasar Tahun 1945 dan merupakan hak asasi yang tidak dapat dikurangi apapun keadaannya (non-derogable rights). “Dalam kasus-kasus penembakan terhadap seseorang yang diduga sebagai pelaku kejahatan atau tersangka, penembakan ini tentu juga melanggar hak-hak lain yang dijamin baik oleh UUD 1945, Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia ataupun ketentuan hukum HAM internasional, seperti hak atas pengadilan yang adil dan berimbang (fair trial) disamping itu pula aparat penegak hukum harus mengedepankan prinsip proposionalitas dan asas praduga tak bersalah sebagaimana terdapat dalam KUHAP,” jelas Mashuri.

Di tempat yang sama Ifrianto S. Rahman, SH.MH.CPLC, salah satu Penasehat hukum menyampaikan bahwa tindakan yang dilakukan oleh oknum Polisi tersebut diduga telah melanggar beberapa peraturan perundang-undangan termasuk Kode Etik Profesi Polisi. Sehingga pihak keluarga korban telah menyampaikan laporannya ke Bidang Propam (Profesi dan Pengamanan) Polda Gorontalo dengan Laporan No : STPL/13/V/2020/Subbag yanduan tanggal 6 Mei 2020, dalam waktu dekat pula kami Penasehat hukum keluarga Korban akan menyampaikan secara tertulis Pengaduan masing-masing ke MABES POLRI, KEMENKUMHAM RI, KOMNAS HAM RI, OMBUSMAN RI, KOMPOLNAS RI.

“Hal ini kami tempuh untuk membuka secara terang benderang kasus yang menimpah keluarga klien kami, yang secara manusiawi keluarga korban sudah memaafkan oknum Polisi tersebut, namun proses hukum tetap dikedepankan (dijalankan) sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan Khusunya Mengenai Kode Etik Profesi Polri.”Tutur Ifrianto

Ia pun menegaskan, seharusnya Oknum Anggota Polri tersebut Harusnya Mengetahui dan Taat pada UU nomor 2 Tahun 2002 Tetang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang Menyatakan Fungsi Kepolisian adalah sala satu Fungsi Pemerintahan Negara dibidang Pemeriharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Penegak Hukum, Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan Kepada Masyarakat, sebagaimana juga dimaksud dalam Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisan Negara Republik Indonesia yaitu Dalam Rangka Kehidupan Bernegara dan Bermasyarakat, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia Wajib Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, Menaati Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, baik yang berhubungan dengan Tugas Kedinasan Maupun Yang Berlaku secara Umum dan ditamba Lagi dalam Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 dan Masih Banyak Lagi Peraturan Perundangan-Undangan yang Wajib dilaksanakan Oleh Oknum Polisi tersebut,” tegasnya.

Ditempat yang sama Pula Ketua YLBHIG Cabang Gorontalo Utara Tutun Suaib, SH selaku Penasehat hukum, mengatakan lembaga akan terus mengawal hingga diterungkapnya siapa oknum Polisi yang melakukan penembakan tersebut yang mengakibatkan hilangnya nyawa dari almarhum FI.

“Atas nama lembaga dan klien kami berharap pihak penyidik Reskrimum Polda Gorontalo dan Propam Polda Gorontalo bekerja secara professional untuk mengungkap siapa tersangka penembakan tersebut sehingga kasus ini bisa sampai ke Peradilan Umum maupun peradilan Etik sehingga tersangka dapat dihukum sesuai dengan perbuatannya,” pungkas Tutun. (SN)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/30/didampingi-kuasa-hukumnya-keluarga-korban-dugaan-pembunuhan-dipanggil-penyidik-reskrim-polda-gorontalo/feed/ 0 38639
Pasca Lebaran Jumlah Positif Covid-19 di Bangkalan Meningkat https://regamedianews.com/2020/05/30/pasca-lebaran-kasus-positif-virus-corona-di-bangkalan-meningkat/ https://regamedianews.com/2020/05/30/pasca-lebaran-kasus-positif-virus-corona-di-bangkalan-meningkat/#respond Sat, 30 May 2020 00:10:40 +0000 https://regamedianews.com/?p=38635 Pasca Lebaran Jumlah Positif Covid-19 di Bangkalan Meningkat Bangkalan, (regamedianews.com) – Penyebaran Virus Corona diwilayah Kabupaten Bangkalan semakin mengakhawatirkan. Pasalnya, peningkatan kasus positif […]]]> Pasca Lebaran Jumlah Positif Covid-19 di Bangkalan Meningkat

Bangkalan, (regamedianews.com) – Penyebaran Virus Corona diwilayah Kabupaten Bangkalan semakin mengakhawatirkan. Pasalnya, peningkatan kasus positif Covid-19 pasca lebaran terus mengalami kenaikan.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Agus Zein menyampaikan, penyebab kasus positif terus alami kenaikan bisa terjadi karena kurang disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan atau protokol covid-19.

“Hal ini ditengarai bagian dari dampak belum disiplinnya masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan,” kata Agus Zein, Sabtu (29/5) kemarin.

Menjelang perayaan hari raya idul fitri, menurut Agus masyarakat lalulalang beraktifitas seperti tidak terancam terjangkit virus. Padahal, virus corona lebih mudah menjangkit bila masyarakat mengabaikan prokotol kesehatan.

“Utamanya selama
beraktifitas menjelang lebaran dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhan,” kata Humas Gugus Tugas Covid-19, Agus Zein, Sabtu (29/5) kemarin.

Agus juga menekankan, hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah pasien positif.

“Per hari (Jumat, 29/5) secara akumulatif menjadi 39 orang kasus covid-19 dengan rincian, 6 (enam) orang dinyatakan sembuh, 3 (tiga) orang telah meninggal dunia (sebelum hasil swab keluar) dan 30 (tigapuluh) orang dalam perawatan baik di rumah sakit Surabaya (karena pengobatan mandiri) maupun di RSUD Syamrabu Bangkalan),” pungkasnya. (sfn/sms)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/30/pasca-lebaran-kasus-positif-virus-corona-di-bangkalan-meningkat/feed/ 0 38635
8000 Warga Karawang Dirapid Test, 20 Orang Positif Corona https://regamedianews.com/2020/05/30/8000-warga-karawang-dirapid-test-20-orang-positif-corona/ https://regamedianews.com/2020/05/30/8000-warga-karawang-dirapid-test-20-orang-positif-corona/#respond Fri, 29 May 2020 18:53:33 +0000 https://regamedianews.com/?p=38630 8000 Warga Karawang Dirapid Test, 20 Orang Positif Corona Karawang, (regamedianews.com) – Setelah rapat evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan Gubernur Jawa Barat […]]]> 8000 Warga Karawang Dirapid Test, 20 Orang Positif Corona

Karawang, (regamedianews.com) – Setelah rapat evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan Gubernur Jawa Barat dan Kemendagri, melalui konferensi pers, di Makodim 0604/Karawang. Kepastian kebijakan penanganan Corona keluar pada Jumat (29/05/20) sore.

Terkait evaluasi PSBB Tersegmentasi, Juru Bicara Gugus Tugas dr. Fitra Hergyana, Sp.Kk mengatakan, laju penularan Covid-19 bisa dihentikan. Terbukti dengan R0 (angka reproduksi penularan Corona) dapat ditekan dari awalnya 0,7 menjadi 0,5. Angka kasus positif pun turun sampai angka nol.

Juru bicara tim gugus tugas dokter Fitra Hergyana mengatakan, PSBB adalah ‘tools’ tapi peran utamanya adalah kedisplinan masyarakat.

Selama PSBB, Karawang sudah melaksanakan 8.000 rapid tes massal dengan angka positif reaktif 259 orang. Selama pandemi, Karawang sudah melakukan 463 swab tes dengan hasil 20 orang positif Corona.

“Pemerintah juga sudah menyediakan 218 tempat tidur untuk perawatan pasien positif. Meski kami berharap tidak ada penambahan, kami tetap bersiap untuk kemungkinan terburuk demi masyarakat dan kemungkinan adanya second wave,” kata Fitra.

Dari hibah Kemenkes, satu alat PCR hari ini mulai bisa digunakan di RSUD Karawang, mendampingi satu alat PCR di RS Paru Jatisari yang sudah duluan beroperasi. (agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/30/8000-warga-karawang-dirapid-test-20-orang-positif-corona/feed/ 0 38630
Dinsos Sampang Perbolehkan Mengganti Penerima BST Kemensos Bermasalah Kepada Warga Lebih Layak https://regamedianews.com/2020/05/30/dinsos-sampang-perbolehkan-mengganti-penerima-bst-kemensos-bermasalah-kepada-warga-lebih-layak/ https://regamedianews.com/2020/05/30/dinsos-sampang-perbolehkan-mengganti-penerima-bst-kemensos-bermasalah-kepada-warga-lebih-layak/#respond Fri, 29 May 2020 17:33:14 +0000 https://regamedianews.com/?p=38625 Dinsos Sampang Perbolehkan Mengganti Penerima BST Kemensos Bermasalah Kepada Warga Lebih Layak Sampang, (regamedianews.com) – Keluhan dan masukan tentang Bantuan Sosial (Bansos) disampang yang belakangan datanya banyak […]]]> Dinsos Sampang Perbolehkan Mengganti Penerima BST Kemensos Bermasalah Kepada Warga Lebih Layak

Sampang, (regamedianews.com) – Keluhan dan masukan tentang Bantuan Sosial (Bansos) disampang yang belakangan datanya banyak diprotes akhirnya mendapatkan jawaban dari Dinas Sosial Kabupaten Sampang.

Terbaru menanggapi hal tersebut, beredar Surat yang ditujukan kepada seluruh camat se kabupaten Sampang tertanggal 29 Mei 2020.

Dalam Surat bernomor 460/656/434.204/2020 itu Dinas Sosial Kabupaten Sampang memerintahkan Camat untuk melakukan penghapusan dan pergantian penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos bagi yang memenuhi unsur poin berikut ;

1. Ganda dengan penerima PKH dan BPNT
2. Ganda dengan penerima BSP perluasan Covid-19 selama 9 bulan
3. Ganda dengan penerima BLT DD
4. Penerima meninggal dunia
5. Pindah domisili
6. Dalam 1 KK lebih 1 penerima
7. Mampu/tidak layak menerima

Nasrun Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sampang saat dikonfirmasi regamedianews.com membenarkan adanya surat kepada camat sebagaimana yang telah beredar tersebut.

“Ya benar mas, itu dari Dinas Sosial,” ujarnya, Jumat (29/5/20).

Nasrun menjelaskan, berdasarkan peraturan yang dibuat dari awal BLT DD yang harus menyesuaikan dengan BST, namun karena sudah kadung dimasukan dalam edaran maka pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Sedangkan untuk enam poin sebagaimana disebutkan diatas sudah menjadi keputusan yang fiks untuk bisa dilakukan penggantian.

“Khusus untuk yang BLT DD kita masih akan koordinasikan dengan DPMD, siapa yang akan menyesuaikan nantinya,” imbuhnya.

Sementara saat disinggung tentang penerima yang bermasalah seperti dobel namun kadung dicairkan oleh penerima, Nasrun mengatakan bahwa hal itu masih ditoleransi untuk bulan pertama, namun untuk bulan berikutnya sudah tidak boleh terjadi lagi.

“Kalau dari Kementerian prinsipnya yang dobel atau yang sudah diterimakan untuk bulan pertama itu ditoleransi, tapi untuk bulan berikutnya sudah tidak boleh terjadi lagi,” imbuhnya.

Oleh sebab itu pihaknya memberikan waktu hingga tanggal 3 Juni mendatang untuk melakukan perbaikan melalui penghapusan agar bisa mengganti para penerima yang dinyatakan tidak layak tersebut dengan warga yang layak menerima.

Adapun dalam penggantian penerima dimaksud dilampirkan dokumen kependudukan calon penerima seperti KTP elektronik dan Kartu Susunan Keluarga (KSK), serta mengetahui Camat setempat.

“Caranya disetorkan ke Dinsos dari desa mengetahui Camat,” tutupnya.(fan/adi/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/30/dinsos-sampang-perbolehkan-mengganti-penerima-bst-kemensos-bermasalah-kepada-warga-lebih-layak/feed/ 0 38625
Kades Tombulang Pantai Hety Blongkod Serahkan BLT Ke 67 KK https://regamedianews.com/2020/05/29/kades-tombulang-pantai-hety-blongkod-serahkan-blt-ke-67-kk/ https://regamedianews.com/2020/05/29/kades-tombulang-pantai-hety-blongkod-serahkan-blt-ke-67-kk/#respond Fri, 29 May 2020 15:20:55 +0000 https://regamedianews.com/?p=38620 Kades Tombulang Pantai Hety Blongkod Serahkan BLT Ke 67 KK Bolmut, (regamedianews.com) – Kepala Desa Tombulang Pante, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Hety […]]]> Kades Tombulang Pantai Hety Blongkod Serahkan BLT Ke 67 KK

Bolmut, (regamedianews.com) – Kepala Desa Tombulang Pante, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Hety Blongkod menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 1 dan tahap 2 pada warganya, Jumat (29/5/2020).

Hety Blongkod menyampaikan kepada masyarakat penerima BLT, di ruang gedung serba guna, BLT ini untuk membantu warga yang terkena dampak dari Covid-19, mengingat banyak warga yang tadinya bekerja diluar daerah lantaran adanya pandemik.

“Sekarang kehilangan pekerjaan, sehinga tidak ada mata pencaharian dan pendapatan,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan, bantuan tersebut bukan bantuan perorangan melainkan per Kepala Keluarga (KK), jadi digunakan untuk keperluan yang baik dan tepat sasaran.

“Khususnya buat bapak-bapak yang hari ini menerima BLT, himbauan saya tetap dirumah dan saya berharap jangan gunakan BLT ini untuk berfoya-foya,” jelas Hety

Ditempat yang sama Sekretaris Desa (Sekdes) Masud Blongkod menambahkan, 67 KK yang menerima BLT ini sudah terkaper dalam dana desa.

“Penerima BLT ini sejumlah 67 KK, dan semuanya sudah terkaper dalam dana desa,” jelasnya. (SM)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/29/kades-tombulang-pantai-hety-blongkod-serahkan-blt-ke-67-kk/feed/ 0 38620
Judi Sabung Ayam di Desa Ganjarsabar Kabupaten Bandung Digrebek https://regamedianews.com/2020/05/29/judi-sabung-ayam-di-desa-ganjarsabar-kabupaten-bandung-digrebek/ https://regamedianews.com/2020/05/29/judi-sabung-ayam-di-desa-ganjarsabar-kabupaten-bandung-digrebek/#respond Fri, 29 May 2020 12:36:16 +0000 https://regamedianews.com/?p=38616 Judi Sabung Ayam di Desa Ganjarsabar Kabupaten Bandung Digrebek Kab.Bandung, (regamedianews.com) – Ketahuan sedang judi sambung ayam, para pelaku lari tunggang langgang saat didatangi […]]]> Judi Sabung Ayam di Desa Ganjarsabar Kabupaten Bandung Digrebek

Kab.Bandung, (regamedianews.com) – Ketahuan sedang judi sambung ayam, para pelaku lari tunggang langgang saat didatangi oleh Kepala Desa Ganjarsabar, Kampung Pasanggrahan Kidul, RW 07. Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Peristiwa tersebut bermula pada saat Kepala Desa Ganjarsabar, Siti Hasanah bersama rombongan akan memberikan sosialisasi terkait Covid-19 kepada warganya, ia bersama tokoh masyarakat, petugas Babinsa Koramil Nagreg dan Bhabinkamtibmas Polsek Nagreg, melihat kerumunan warga yang sedang heboh.

Saat dihampiri, ternyata ada judi sabung ayam. Melihat ada yang datang, mereka langsung berhamburan melarikan diri.

“Kami langsung bubarkan paksa praktek judi itu,” kata Siti Hasanah, Kamis (28/05/2020).

Setidaknya, kata Siti, ada sekitar 30 orang yang tengah melakukan perjudian sabung ayam. Diketahui, para pelaku perjudian sebagian ada warga Desa Ganjarsabar.

Rencananya, pihak desa bersama intansi terkait akan mencegah terjadi lagi penyakit masyarakat seperti perjudian sabung ayam, karena melanggar UUD 303 tentang dilarangnya perjudian. Adapun, ancaman hukumannya bisa sampai 4 tahun penjara apabila terbukti melakukan perjudian sabung ayam.

Ia menghimbau, jika melihat lagi praktek ini agar segera melapor ke Polsek dan keamanan serta warga lainya. Supaya, warga merasa nyaman dan aman, apalagi dimusim pandemi seperti sekarang ini.

“Kami sangat menyayangkan adanya praktek judi sabung ayam terjadi diwilayah saya,” ujarnya.

Diduga, jika dilihat dari keberadaan tempat perjudiannya, praktek judi sabung ayam ini sudah berlangsung cukup lama.

“Melihat kondisi lokasi perjudian, sepertinya, sudah biasa kerena sudah dipersiapkan. Seperti, kubangan berbentuk kotak, untuk menyepon ayam aduanya,” bebernya.

Ia pun menyesalkan sikap warganya yang terkesan menutup-nutupi. Untuk itu, kedepannya Kampung Pasanggrahan, tidak lagi dijadikan lokasi judi sabung ayam seperti sekarang.

“Kemarin juga sudah kami bongkar tempat judinya dan kami juga akan terus pantau aktivitas di sana takut nya masih main colong-colongan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Nagreg Iptu Heru yang mendapati laporan tersebut membenarkan adanya pembubaran judi sabung ayam tersebut.

“Ia akan terus melakukan pemantauan lokasi-lokasi yang diduga digunakan untuk judi sabung ayam dan kami juga akan menindak para pelaku perjudian sabung ayam sesuai UUD yang berlaku,” pungkasnya. (Aga)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/29/judi-sabung-ayam-di-desa-ganjarsabar-kabupaten-bandung-digrebek/feed/ 0 38616
Korp Brimob Gelar Bhakti Sosial Bersama Warga Desa Ie Jeureuneh Bersihkan Masjid https://regamedianews.com/2020/05/29/korp-brimob-gelar-bhakti-sosial-bersama-warga-desa-ie-jeureuneh-bersihkan-masjid/ https://regamedianews.com/2020/05/29/korp-brimob-gelar-bhakti-sosial-bersama-warga-desa-ie-jeureuneh-bersihkan-masjid/#respond Fri, 29 May 2020 12:26:59 +0000 https://regamedianews.com/?p=38613 Korp Brimob Gelar Bhakti Sosial Bersama Warga Desa Ie Jeureuneh Bersihkan Masjid Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Korps Brimob Personel kompi 1 Batalyon C pelopor jum’at (29/05/2020) melaksanakan […]]]> Korp Brimob Gelar Bhakti Sosial Bersama Warga Desa Ie Jeureuneh Bersihkan Masjid

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Korps Brimob Personel kompi 1 Batalyon C pelopor jum’at (29/05/2020) melaksanakan Giat Bakti sosial sekaligus membersihkan masjid, untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 di Desa Ie Jeureuneh Kec. Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan bersama masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut Danyon C Pelopor Kompol Hari Purnomo melalui Danki 1C Pelopor Iptu Imanta Purba, dalam kegiatan bentuk Bhakti Brimob untuk masyarakat berpesan kepada seluruh warga yang bermukim di Desa Ie Jeureuneh agar selalu menjaga hubungan baik dengan personel Brimob melalui giat-giat positif seperti Bakti Sosial serta giat positif lainnya pesanya.

“Untuk menjaga stamina dengan berolah raga rutin, pola hidup yang sehat dan menjaga kebersihan melalui mencuci tangan setiap waktu mengingat sedang maraknya Covid-19, yang mana sudah menjadi atensi pimpinan untuk mencegah agar tidak terjangkit virus tersebut,” terangnya.

Dan dalam kesempatan ini juga Danki 1C Pelopor Iptu Imanta Purba mengatakan, kegiatan Bhakti sosial ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh personel Ki 1C Batalyon C Pelopor untuk mempererat silaturahmi antara masyarakat dan personel Brimob yg bertujuan agar masyarakat peduli dengan kebersihan atau lingkungan ujarnya. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/29/korp-brimob-gelar-bhakti-sosial-bersama-warga-desa-ie-jeureuneh-bersihkan-masjid/feed/ 0 38613
Aceh Kreatif Siap Dukung Sejumlah Instansi di Aceh Selatan Untuk Berbenah https://regamedianews.com/2020/05/29/aceh-kreatif-siap-dukung-sejumlah-instansi-di-aceh-selatan-untuk-berbenah/ https://regamedianews.com/2020/05/29/aceh-kreatif-siap-dukung-sejumlah-instansi-di-aceh-selatan-untuk-berbenah/#respond Fri, 29 May 2020 12:05:55 +0000 https://regamedianews.com/?p=38610 Aceh Kreatif Siap Dukung Sejumlah Instansi di Aceh Selatan Untuk Berbenah Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Kritikan pedas yang diutarakan Ketua Komisi II DPRK Aceh Selatan kepada […]]]> Aceh Kreatif Siap Dukung Sejumlah Instansi di Aceh Selatan Untuk Berbenah

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Kritikan pedas yang diutarakan Ketua Komisi II DPRK Aceh Selatan kepada 3 dinas pada rapat “Gerakan Menjaga Ketahanan Pangan” di aula DPRK Aceh Selatan, Kamis (29/05/2020) bukanlah alasan bagi pimpinan instansi terkait untuk ciut dan harus dihantui ketakutan dan was-was akan mutasi apalagi harus bermuara kepada kemarahan dan kebencian. Namun, hal yang maha lebih penting yakni bagaimana instansi terkait siap untuk berbenah dan membalas kritikan pedas itu dengan sejumlah bukti dan program-program bermanfaat ke depannya.

“Insya Allah, sebagai putra asli Aceh Selatan yang sejak lama merindukan perubahan, kita siap mendukung sejumlah instansi terkait untuk berbenah ke arah yang lebih baik. Kami sangat yakin dan percaya sangat banyak putra-putri Aceh Selatan diluar yang memiliki gagasan, jaringan dan kapasitas serta kepedulian yang tinggi untuk bahu-membahu membangun Aceh Selatan. Tinggal lagi bagaimana potensi ini benar-benar dijadikan kekuatan untuk bersama-sama bahu-membahu membangun Aceh Selatan. Tinggal lagi bagaimana pemkab siap bersinergi dan memberikan ruang untuk bersama-sama mewujudkan perbaikan-perbaikan di bumi pala tercinta ini,” ungkap Ketua Yayasan Aceh Kreatif, Delky Nofrizal Qutni, Jum’at (29/05/2020).

Menurut mantan pengurus HAMAS dan PAS ini, salah satu hal awal yang mesti dilakukan bukanlah sebatas bagaimana membaca keinginan pimpinan, tapi bagaimana mengembalikan arah pembangunan Aceh Selatan sesuai dengan patronnya yakni RPJM Aceh Selatan 2018-2023 yang termaktub di dalam Qanun Aceh Selatan nomor 4 tahun 2019.

“Kita patut mengapresiasi sikap Plt Bupati Aceh Selatan yang selama ini masih terlihat sangat ikhlas untuk membangun daerah. Ini modal yang sangat berharga yang mesti dipertahankan demi kebaikan daerah. Pun demikian tentunya modal keikhlasan saja tidak cukup, Plt Bupati Aceh Selatan atau keinginan dewan semata, tapi juga mesti melakukan langkah-langkah terintegrasi dengan acuan dan arah kebijakan yang memiliki indikator yang jelas sesuai arah pembangunan Aceh Selatan yang telah termaktub di dalam visi misi dan RPJM 2018-2023,” jelasnya.

Selain itu, Pemkab melalui instansi terkait juga hendaknya mencermati betul kebijakan dan program prioritas nasional dan prioritas provinsi yang dapat disinergiskan, diterjemahkan serta dikemas dalam bentuk kegiatan atau program yang bermanfaat untuk daerah.

“Untuk menghadirkan sebuah program atau kegiatan yang bermanfaat dan terintegrasi dibutuhkan kreasi dengan membaca permasalahan dan isu strategis serta kemungkinan peluang oleh instansi-instansi terkait secara terintegrasi. Tentunya ini tidak program atau kegiatan instansi terkait juga harus memiliki orientasi, output dan outcome yang jelas bukan sebatas kegiatan itu mudah dan menguntukan. Lagi-lagi untuk mewujudkan itu tentu tidak tidak gampang, diperlukan semangat, gagasan, integritas yang kuat dari para stakeholder,” sebutnya.

Kendatipun demikian, tambah Delky, persoalan kondisi fiskal Aceh Selatan termasuk persoalan defisit saat ini juga salah satu kendala sekaligus tantangan bagi pemkab dalam melaksanakan program-programnya. Ditambah lagi dengan sejumlah persoalan masa lalu di sejumlah kementerian pusat yang menjadi pengganjal langkah pemerintah Aceh Selatan saat ini, salah satunya status backlist yang terjadi di pemerintah pusat seperti BNPB yang menyebabkan Aceh Selatan kehilangan sumber anggaran penanganan bencana dari BNPB hingga tahun 2020.

“Memang persoalan fiskal dan kondisi anggaran yang defisit dan sejumlah persolan lainnya, namun jangan sampai itu terus menerus dijadikan alasan dan menjadi batu penghambat gerak pemerintah daerah dalam melaksanakan program pro rakyat, karena masih banyak sumber-sumber lainnya yang memungkinkan dapat mendukung laju kegiatan dan program-program yang bermanfaat. Hanya saja pemerintah Aceh Selatan dan instansi terkait tidak kaku, harus lebih membuka diri serta siap bersinergi dengan multipihak,” paparnya.

Untuk masa tanggap covid-19 ini, sejumlah peluang sumber anggaran juga terlihat jelas dan ini harus dijadikan peluang oleh pemkab dalam merealisasi gagasan-gagasan programnya.

“Meski kini dalam kondisi defisit, dan terjadi pemangkasan anggaran seperti otsus, dau, DTBH Migas dan DAK, tapi itu kami pikir bukan halangan berarti, apalagi pemerintah pusat sudah menyiapkan alokasi anggaran cukup besar yang dapat dijadikan peluang bagi pemerintah daerah di masa pendemi ini,”ujarnya.

Pemerintah Pusat telah mengalokasikan sebesar 15,1 T dalam rangka dukungan pemulihan ekonomi untuk pemerintah daerah.

“Alokasi anggaran dari APBN dalam rangka pemulihan pemulihan ekonomi untuk pemerintah daerah terdiri dari penyediaan tambahan Dana Insentif Daerah (DID) yang bersumber dari BUN yang bertujuan untuk mencepatan pemulihan ekonomi daerah sebesar 5 T, cadangan DAK untuk pembangunan fisik 9,1 T, dan pinjaman untuk daerah sebesar 1 T. Ditambah lagi, Peraturan Keuangan RI
Nomor 46/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Hibah dari Pemerintah Pusat Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Penanganan pandemi COVID-19 dan dampak akibat pendemi COVID-19. Semua itu peluang yang bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk tetap mewujudkan kegiatan atau program yang bermanfaat di masa pendemi ini, jadi tidak ada alasan tidak bisa laksanakan kegiatan atau program yang tepat karena faktor anggaran,” paparnya.

Pihaknya, kata Delky, tidak serta merta menilai kesalahan pada dinas terkait, namun lebih menilai bagaimana evaluasi dan upaya pembenahan dilakukan. Selanjutnya, pihaknya juga mengapresiasi sikap kritis DPRK Aceh Selatan dalam melakukan pengawasan karena itu memang fungsinya legislatif.

“Jadi, untuk follow up ke depan kita harapkan DPRK Aceh Selatan harus lebih berani mencoret kegiatan-kegiatan yang tidak memiliki orientasi yang jelas, tidak memiliki output dan outcome yang jelas, serta tidak sesuai dengan RPJM sehingga program-program yang diusulkan dan dilaksanakan dinas benar-benar bermanfaat. Fungsi budgeting (penganggaran) yang melekat pada seorang anggota legislatif juga harus ditingkatkan, jadi tak serta merta setelah pembagian aspirasi selesai usulan lainnya dibiarkan lewat seperti itu saja, ini juga harus dibenah oleh para wakil rakyat,” bebernya

Menyinggung persoalan ketahanan pangan di masa pendemi covid-19, lanjut Delky, pemerintah Aceh Selatan khususnya diharapkan dapat mencermati betul instruksi menteri dalam negeri nomor 2 tahun 2020 menjaga ketahanan pangan pada saat darurat covid-19.

“Setelah mempelajari betul instruksi Mendagri tersebut, maka pemkab melalui institusi terkait juga harus mampu memetakan persoalan lalu menerjemahkan dalam bentuk kegiatan atau program yang mampu menjawab persoalan real yang ada di Aceh Selatan,” pungkasnya. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/29/aceh-kreatif-siap-dukung-sejumlah-instansi-di-aceh-selatan-untuk-berbenah/feed/ 0 38610
Mekanisme PPDB Di Kota Cimahi Gunakan Model Luring dan Daring https://regamedianews.com/2020/05/29/mekanisme-ppdb-di-kota-cimahi-gunakan-model-luring-dan-daring/ https://regamedianews.com/2020/05/29/mekanisme-ppdb-di-kota-cimahi-gunakan-model-luring-dan-daring/#respond Fri, 29 May 2020 05:22:44 +0000 https://regamedianews.com/?p=38602 Mekanisme PPDB Di Kota Cimahi Gunakan Model Luring dan Daring Cimahi, (regamedianews.com) – Mekanisme pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ditengah pandemi COVID-19 mengalami perubahan, […]]]> Mekanisme PPDB Di Kota Cimahi Gunakan Model Luring dan Daring

Cimahi, (regamedianews.com) – Mekanisme pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ditengah pandemi COVID-19 mengalami perubahan, karena harus menyesuaikan aturan yang berlaku seperti sekarang ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Hendra Gunawan memastikan akan mengikuti aturan pemerintah. Pihaknya tidak ingin bertentangan dengan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan.

“PPDB tahun ini, kami akan lakukan dengan sistim daring, melalui sekolah asalnya ke sekolah yang akan dituju. Sementara, bagi yang tidak bisa melakukan daring bisa datang langsung kesekolah, tapi dengan syarat harus menjaga protokol kesehatan,” jelasnya, Kamis (29/05/20).

Menurutnya, semua pihak harus turut membantu memutus mata rantai pandemi ini, dengan caranya masing-masing, termasuk insan pendidikan. Ia menilai, apa yang sudah dilakukan Dinasnya sudah mengikuti arahan pemerintah.

Diluar dari itu, pihaknya juga telah melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada orang tua murid yang terdampak Covid-19.

“Alhamdulillah, guru dan tenaga pendidik di Kota Cimahi masih punya rasa empati terhadap lingkungannya. Hal itu dibuktikan, dengan kegiatan pemberian bantuan terhadap orang tua murid yang terdampak Covid-19,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya perlu mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia juga menyebutkan, Kegiatan yang dilakukan oleh insan pendidikan tersebut mulai dari Paud, Tk, SD, dan SMP.

Terkait, akan diperpanjang atau tidaknya siswa melakukan kegiatan belajar dirumah, pihaknya akan mengikuti anjuran pemerintah

“Kami akan mengikuti apa yang nanti di perintahkan, kami tidak ingin bertentangan dengan pemerintah. Kalau masa PSBB masih berlaku, kami lakukan perpanjangan kegiatan belajar dirumahnya,” pungkasnya. (agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/29/mekanisme-ppdb-di-kota-cimahi-gunakan-model-luring-dan-daring/feed/ 0 38602
Daftar 35 Desa di Sampang Yang Belum Salurkan BLT Dana Desa Periode April https://regamedianews.com/2020/05/29/daftar-35-desa-di-sampang-yang-belum-salurkan-blt-dana-desa-periode-april/ https://regamedianews.com/2020/05/29/daftar-35-desa-di-sampang-yang-belum-salurkan-blt-dana-desa-periode-april/#respond Fri, 29 May 2020 04:50:12 +0000 https://regamedianews.com/?p=38592 Daftar 35 Desa di Sampang Yang Belum Salurkan BLT Dana Desa Periode April Sampang, (regamedianews.com) – Menjelang periode ketiga yanki Juni 2020, sebanyak 35 Desa di Kabupaten Sampang, […]]]> Daftar 35 Desa di Sampang Yang Belum Salurkan BLT Dana Desa Periode April

Sampang, (regamedianews.com) – Menjelang periode ketiga yanki Juni 2020, sebanyak 35 Desa di Kabupaten Sampang, Madura, belum menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada Kepala Keluarga miskin terdampak Covid-19.

Sebelumnya, dari 180 desa di Sampang hanya 145 desa yang telah menyalurkan BLT Dana Desa tersebut pada sebelum hari raya Idul Fitri atau sesuai dengan surat Mendes dan Gubernur Jawa Tumur.

Kabid Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Suhanto mengatakan, 35 desa yang belum menyalurkan BLT Dana Desa itu di karenakan adanya keterlambatan dari pihak desa.

“Karena kepala desa ingin menyalurkannya melalui rekening, menyesuaikan data baru dari Mensos dan sebagian ada desa yang belum ada aturan terakit BLT Desa Desa di desanya,” katanya. Jumat (29/05/2020).

Lebih lanjut Suhanto mengatakan, 35 Desa itu tersebar di 6 Kecamatan yakni, Kecamatan Omben 17 Desa, Ketapang 12 Desa, Robatal 3 Desa, Sampang 1 Desa dan Sreseh 1 Desa.

“Saat ini Sampang sudah sekitar 80% penyelesaian penyaluran BLT Dana Desa untuk masyarakat, dua minggu kedepan penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama ditargetkan akan tuntas,” pungkasnya.

Sementara, Funding Officer (Fo) Bank BRI Cabang Sampang Siti Badriah menjelaskan, penyaluran BLT Dana Desa itu tidak ada kendala apapun. Cuma, memang ada beberapa desa yang ingin menyalurkan melalui rekening.

“Sekarang masih proses pembukaan rekening massal di Kantor Pusat Bank BRI. Minggu depan akan kita salurkan semua tinggal menunggu hasil mass acount opening,” ujarnya.

Berikut Daftar 35 Desa Yang Belum Menyalurkan BLT Dana Desa Periode April 2020 berdasarkan data dari DPMD Kabupaten Sampang

Kecamatan Sampang yakni, Desa Baruh, Kecamatan Sreseh yakni, Desa Noreh, Kecamatan Omben yakni, Desa Kebun Sareh, Karangnagker, Astapah, Rapa Laok, Sogian, Gersempal, Meteng, Maduleng, Kamondung, Omben, Jranguan, Rongdalam, Tambak, Napo Laok, Napo Daya, Karanggayam dan Pandan.

Kecamatan Kedungdung yakni, Desa Bajrasokah, Kecamatan Robatal Yakni, Tragih, Torjunan dan Robatal.

Kecamatan Ketapang yakni, Desa Bunten Timur, Pancor, Paopale Laok, Karanganyar, Pangerreman, Bira Barat, Ketapang Timur, Ketapang Daya, Ketapang Laok, Ketapang Barat, Paopale Daya, Rabiyan dan Banyusokah. (adi/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/29/daftar-35-desa-di-sampang-yang-belum-salurkan-blt-dana-desa-periode-april/feed/ 0 38592
Suasana Lebaran Idul Fitri Masih Terasa di Kota Juang Bireun https://regamedianews.com/2020/05/29/suasana-lebaran-idul-fitri-masih-terasa-di-kota-juang-bireun/ https://regamedianews.com/2020/05/29/suasana-lebaran-idul-fitri-masih-terasa-di-kota-juang-bireun/#respond Fri, 29 May 2020 01:07:56 +0000 https://regamedianews.com/?p=38589 Suasana Lebaran Idul Fitri Masih Terasa di Kota Juang Bireun Bireun, (regamedianews.com) – Salah satu tokoh masyarakat Bireun, Tgk Mahdi mengaku tetap sibuk dengan silaturahmi […]]]> Suasana Lebaran Idul Fitri Masih Terasa di Kota Juang Bireun

Bireun, (regamedianews.com) – Salah satu tokoh masyarakat Bireun, Tgk Mahdi mengaku tetap sibuk dengan silaturahmi dengan famili, tetangga dan keluarga, karena masih bernuansa lebaran idul fitri.

“Tidak saling curiga mencurigai satu sama lain disaat sekarang ini. Covid-19 itu adalah cobaan dari tuhan, nah kita umat muslim ayo bersatu melawan rasa takut dari virus corona itu,” tuturnya, Jum’at (29/5/20).

Kenapa demikian sambung Tgk Mahdi asal Pulo Panyang Kecamatan Peusangan Selatan Kabupaten Bireun tersebut, yang utama bagi kita umat muslim, melakukan ukhuwa islamiyah sesama saudara kita umat muslim.

“Setiap saat kita melakukan wudhu dan sholat tepat waktu, insha allah akan terlindungi umatnya yang melaksanakan perintah-Nya,” ucapnya.

Tgk Mahdi juga menyampaikan, masyarakat sudah mulai jenuh dengan keadaan saat ini, semua yang diuji kesabaranya pasti akan datang kebaikan padanya.

“Alhamdulillah sedikit demi sedikit warga sudah mulai beraktivitas kembali seperti hari-hari biasa dan kita sudah memastikannya saat hari raya idul fitri saat ini,” tandasnya.

Bgaimana antusiasnya warga Kabupaten Bireun Provinsi Aceh itu, terlihat gembira menyambut hari kemenangan bagi umat Islam di seluruh dunia, alangkah bahagianya mereka yang datang dari satu daerah demi bertemu sanak saudara yang sudah lama tidak pernah jumpa tapi pada hari raya ke lima idul fitri 1441 hijriyah.

“Moment seperti ini, mereka khusus untuk bertemu dan bersilaturahmi saling meminta maaf, dalam suasana lebaran walaupun kondisi daerahnya dianggap belum stabil dari virus Covid-19,” tutupnya. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/29/suasana-lebaran-idul-fitri-masih-terasa-di-kota-juang-bireun/feed/ 0 38589
Dapat Kiriman Dari Gresik, Pasien Covid-19 Di Sampang Kini Menjadi 23 https://regamedianews.com/2020/05/28/dapat-kiriman-dari-gresik-pasien-covid-19-di-sampang-kini-menjadi-23/ https://regamedianews.com/2020/05/28/dapat-kiriman-dari-gresik-pasien-covid-19-di-sampang-kini-menjadi-23/#respond Thu, 28 May 2020 15:51:03 +0000 https://regamedianews.com/?p=38581 Dapat Kiriman Dari Gresik, Pasien Covid-19 Di Sampang Kini Menjadi 23 Sampang, (regamedianews.com) – Baru saja umumkan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sampang sebanyak 22 orang. […]]]> Dapat Kiriman Dari Gresik, Pasien Covid-19 Di Sampang Kini Menjadi 23

Sampang, (regamedianews.com) – Baru saja umumkan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sampang sebanyak 22 orang. Kini, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 setempat kembali menerima informasi jika ada penambahan 1 pasien terconfirm positif dari Provinsi Jawa Timur.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang Djuwardi mengatakan, Satu pasien kiriman dari luar berinisial M (26) berdomisili di Sampang. Namun, di rawat di Rumah Sakit PKU Sekapuk Gresik, informasi itu baru saja diterima oleh pihaknya.

“Informasi tersebut baru saja kami terima, pasien berinisial M (26) perempuan asal Kecamatan Kedungdung,” ungkapnya. Kamis (28/05/2020)

Saat ini pihaknya akan melakukan pengecekan dan kordinasi dengan pihak Rumah Sakit di Gresik untuk langkah selanjutnya.

Dengan bertambahnya satu orang tersebut, di Kabupaten Sampang saat ini terconfirm ada sebanyak 23 orang yang positif Covid-19. (adi/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/28/dapat-kiriman-dari-gresik-pasien-covid-19-di-sampang-kini-menjadi-23/feed/ 0 38581
Warga Setiamanah Yang Diisolasi Mendapatkan Bantuan Dari Gugus Tugas Covid-19 https://regamedianews.com/2020/05/28/warga-setiamanah-yang-diisolasi-mendapatkan-bantuan-dari-gugus-tugas-covid-19/ https://regamedianews.com/2020/05/28/warga-setiamanah-yang-diisolasi-mendapatkan-bantuan-dari-gugus-tugas-covid-19/#respond Thu, 28 May 2020 14:11:41 +0000 https://regamedianews.com/?p=38574 Warga Setiamanah Yang Diisolasi Mendapatkan Bantuan Dari Gugus Tugas Covid-19 Cimahi, (regamedianews.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cimahi menyerahkan bantuan paket sembako kepada […]]]> Warga Setiamanah Yang Diisolasi Mendapatkan Bantuan Dari Gugus Tugas Covid-19

Cimahi, (regamedianews.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cimahi menyerahkan bantuan paket sembako kepada 27 Kepala Keluarga (KK) yang sedang melakukan isolasi mandiri diwilayah RT05, RW05, Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Kamis (28/05/20).

Isolasi itu dilakukan, karena salah seorang yang dinyatakan positif Covid-19 dari Pasar Antri Baru (PAB) bertempat tinggal di wilayah tersebut. Untuk mengantisipasi agar tidak menyebar, kontrakan dimana ia tinggal terpaksa harus mengisolasi mandiri.

Sularno Lurah Kelurahan Setiamanah mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri, pihaknya akan terus mengupayakan memenuhi kebutuhan mereka.

“Alhamdulilah, setelah berkoordinasi dengan RT/RW, Dinkes, Asisten, dan Binwil. Akhirnya bisa memberi bantuan sementara selama kebutuhan isolasi,” ucapnya.

Karena, katanya, jika mengandalkan dari swadaya masyarakat nantinya takut menjadi beban. Untuk itu, pihaknya akan mencari bantuan lain jika bantuan yang sekarang masih kurang.

“Bantuan yang diberikan hari ini, sebanyak 27 paket sembako, 22 paket untuk yang berada di lingkungan kosan, sisanya lima paket untuk yang diluar lingkungan kosan,” sebutnya.

Sementara, Ketua RT O5 RW 10 Saeful Anwar menyanpaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah Kota Cimahi, sudah memperhatikan warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri.

“Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, semoga batuannya bisa mencukupi sampai hasil test swabnya keluar,” ungkapnya.

Dilain pihak, Yanti (33) warga yang sedang menjalani isolasi mandiri mengungkapkan, bantuan yang didapatnya selama proses isolasi pasti akan sangat membantu dirinya dan tetangga kosannya dimana ia tinggal.

Diakuinya, selama masa pandemi dirinya jadi terpisah dengan sang suami, karena sejak diberlakukan PSBB suaminya tidak bisa pulang ke Cimahi. Jadi, katanya, bantuan ini sangat berarti bagi dirinya untuk saat ini.

“Terima kasih, atas bantuannya. Semoga bantuannya bisa cukup sampai masa isolasi, dan semoga saya bisa tetap sehat selama menjalani ini,” pungkasnya. (agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/28/warga-setiamanah-yang-diisolasi-mendapatkan-bantuan-dari-gugus-tugas-covid-19/feed/ 0 38574
Terus Bertambah, Positif Covid-19 Disampang Menjadi 22 Orang https://regamedianews.com/2020/05/28/terus-bertambah-positif-covid-19-disampang-menjadi-22-orang/ https://regamedianews.com/2020/05/28/terus-bertambah-positif-covid-19-disampang-menjadi-22-orang/#respond Thu, 28 May 2020 11:52:20 +0000 https://regamedianews.com/?p=38570 Terus Bertambah, Positif Covid-19 Disampang Menjadi 22 Orang Sampang, (regamedianews.com) – Pasien Covid-19 yang terconfirm positif di Kabupaten Sampang terus mengalami kenaikan, kini […]]]> Terus Bertambah, Positif Covid-19 Disampang Menjadi 22 Orang

Sampang, (regamedianews.com) – Pasien Covid-19 yang terconfirm positif di Kabupaten Sampang terus mengalami kenaikan, kini bertambah menjadi 22 orang.

Jubir Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Sampang Djuwardi menyampaikan, saat ini ada tambahan sebanyak 5 pasien baru yang terconfirm Positif sehingga menjadi 22 orang.

Adapun lima orang yang terconfirm positif terbaru diantaranya Pasien ke 18 inisial Q (19), merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT) kluster dari Rongtengah asal Kecamatan Sampang Kota.

Kemudian pasien ke 19 inisial A (57) merupakan suami dari PDP yang telah meninggal asal Kecamatan Sampang Kota.

Pasien ke 20 berinisial F (52) perempuan yang merupakan Kluster pegawai Rumah Sakit Sampang asal Kecamatan Sampang Kota.

Pasien ke 21 berinisial M (39) pria asal Kelurahan Polagan Kecamatan Sampang Kota kluster pasar dan terakhir pasien ke 22 inisial A (36) perempuan yang berprofesi sebagai pedagang kain di Pasar Srimangunan asal Kecamatan Sampang Kota.

Djuwardi berpesan kepada masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada mengingat grafik saat ini semakin mengalami kenaikan pasien yang positif.

Lebih lanjut, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap rajin mencuci tangan dan selalu memakai masker serta meminimalisir kerumunan.

“Kita himbau kesadaran masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan mematuhi anjuran pemerintah terlebih saat ini di masa-masa lebaran untuk tetap mengikuti Protokol Covid-19, agar bisa memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” tutupnya.

Hingga saat ini, ada sebanyak 482 Orang Dalam Pemantauan (ODP) kemudian 20 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 22 Pasien Terconfirm Positif Covid-19.(adi/har/fan)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/28/terus-bertambah-positif-covid-19-disampang-menjadi-22-orang/feed/ 0 38570
Warga Soroti Camat Kluet Tengah Jarang Ditempat dan Tidak Menetap https://regamedianews.com/2020/05/28/warga-soroti-camat-kluet-tengah-jarang-ditempat-dan-tidak-menetap/ https://regamedianews.com/2020/05/28/warga-soroti-camat-kluet-tengah-jarang-ditempat-dan-tidak-menetap/#respond Thu, 28 May 2020 05:04:50 +0000 https://regamedianews.com/?p=38556 Warga Soroti Camat Kluet Tengah Jarang Ditempat dan Tidak Menetap Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Sebagian warga Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, menyorot keberadaan camat setempat Darman […]]]> Warga Soroti Camat Kluet Tengah Jarang Ditempat dan Tidak Menetap

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Sebagian warga Kecamatan Kluet Tengah, Aceh Selatan, menyorot keberadaan camat setempat Darman yang jarang di tempat.

Menurut mereka, selama menjabat, Camat Kluet Tengah Darman belum pernah menetap di Menggamat ibukota Kecamatan Kluet Tengah atau setidaknya dalam wilayah administrasi kecamatan di pedalaman Aceh Selatan itu.

Sebaliknya, Darman hanya memilih tempat tinggal di Gampong Air Berudang kecamatan Tapaktuan yang berjarak lebih dari 50 Km dari Meunggamat.

“Padahal setahu kami rumah dinas secara sewa tersedia untuk Beliau di ibukota kecamatan,” kata beberapa warga yang enggan disebutkan identitasnya.

Akibat yang bersangkutan tidak ada di tempat, sedikitnya dapat mengganggu atau mengurangi pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Bagaimana mungkin bisa optimal, tiap hari pulang pergi melewati jalan pegunungan lagi, padahal lebih ideal camat tetap tinggal di tempat tugas,” kata salah seorang aktifis yang juga tokoh masyarakat Kluwat.

Camat Kluet Tengah Darman yang dikonfirmasi awak media membenarkan dirinya tidak tinggal di tempat tugas atau wilayah Kluet Tengah.

“Mengenai adanya sorotan, itu hal biasa lagi pun hanya satu orang,” katanya,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui jejaring telepon selulernya, Rabu (27/5/20).

Sebelumnya, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kluet Tengah Mukhlis yang dikonfirmasi wartawan mengakui adanya sorotan dari warga atas ketidak hadiran camat 1×24 jam di wilayah itu.

Bahkan dirinya sudah menyarankan agar camat tinggal saja di Meunggamat, agar tidak disorot masyarakat.

“Saran saya tidak sedikitpun bernuansa politis, tapi untuk kemajuan Kluet Tengah,” kata Mukhlis. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/28/warga-soroti-camat-kluet-tengah-jarang-ditempat-dan-tidak-menetap/feed/ 0 38556
Anggaran Peningkatan Jalan Desa Gunung Rancak Terdampak Rasionalisasi Penanganan Covid-19, Pekerjaan Terpaksa Ditunda https://regamedianews.com/2020/05/28/anggaran-peningkatan-jalan-desa-gunung-rancak-terdampak-rasionalisasi-penanganan-covid19-pekerjaan-terpaksa-ditunda/ https://regamedianews.com/2020/05/28/anggaran-peningkatan-jalan-desa-gunung-rancak-terdampak-rasionalisasi-penanganan-covid19-pekerjaan-terpaksa-ditunda/#respond Thu, 28 May 2020 04:08:48 +0000 https://regamedianews.com/?p=38551 Anggaran Peningkatan Jalan Desa Gunung Rancak Terdampak Rasionalisasi Penanganan Covid-19, Pekerjaan Terpaksa Ditunda Sampang, (regamedianews.com) – Imbas pandemi Covid-19 rupanya tidak hanya terhadap sektor wisata, perekonomian dan semacamnya, […]]]> Anggaran Peningkatan Jalan Desa Gunung Rancak Terdampak Rasionalisasi Penanganan Covid-19, Pekerjaan Terpaksa Ditunda

Sampang, (regamedianews.com) – Imbas pandemi Covid-19 rupanya tidak hanya terhadap sektor wisata, perekonomian dan semacamnya, namun juga terhadap pembangunan disemua sektor termasuk ke tingkat desa.

Salah satunya pembangunan fisik didesa yang bersumber dari Dana Desa, anggaran tersebut harus dipangkas demi diberikan kepada masyarakat miskin terdampak Corona berupa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Tak hanya itu, sebagian Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sampang dari Dana Alokasi Khusus (DAK) juga terpaksa dirasionalisasikan demi penanganan Covid-19 seperti yang terjadi saat ini.

Akibat dari rasionalisasi DAK tersebut berdampak pada pembangunan peningkatan jalan kabupaten diberbagai desa di kabupaten Sampang yang bersumber dari dana DAK seperti peningkatan jalan Kabupaten yang ada di Desa Gunung Rancak.

Jalan yang seharusnya saat ini sudah dilakukan perbaikan dari dana DAK Kabupaten Sampang tersebut harus ditunda karena pembiayaannya terkena rasionalisasi akibat wabah Covid-19.

Hal itu disampaikan Pj.Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sampang Ach Hafi dihadapan Bupati Sampang saat bertemu dengan tokoh masyarakat didesa Gunung Rancak, Rabu (27/5/20).

“Untuk perbaikan jalan di Desa Gunung Rancak kebetulan terkena rasionalisasi anggaran,” ujarnya.

Namun meski demikian, masyarakat dihimbau tidak usah khawatir karena sudah masuk anggaran prioritas dan hanya molor saja.

“Namun tidak usah khawatir, itu sudah masuk didalam anggaran kami,” ujarnya.

Untuk sekedar diketahui Pemerintah Kabupaten Sampang telah mengalihkan 100 persen DAK peningkatan jalan tahun 2020 untuk penanganan Covid-19, dengan rincian total 17 milliar DAK reguler dan 4 milliar dana DAK afirmasi. (fan/md)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/28/anggaran-peningkatan-jalan-desa-gunung-rancak-terdampak-rasionalisasi-penanganan-covid19-pekerjaan-terpaksa-ditunda/feed/ 0 38551
100 Pedagang Pasar Antri Baru Cimahi di Swab Test https://regamedianews.com/2020/05/28/100-pedagang-pasar-antri-baru-cimahi-di-swab-test/ https://regamedianews.com/2020/05/28/100-pedagang-pasar-antri-baru-cimahi-di-swab-test/#respond Thu, 28 May 2020 02:02:07 +0000 https://regamedianews.com/?p=38545 100 Pedagang Pasar Antri Baru Cimahi di Swab Test Cimahi, (regamedianews.com) – Setelah dua orang Pedagang Pasar Antri Baru (PAB) dinyatakan Positif terpapar Covid […]]]> 100 Pedagang Pasar Antri Baru Cimahi di Swab Test

Cimahi, (regamedianews.com) – Setelah dua orang Pedagang Pasar Antri Baru (PAB) dinyatakan Positif terpapar Covid 19. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi berinisiatif lakukan Swab Test terhadap 100 orang pedangan lainnya, di Pendopo DPRD Kota Cimahi, di Jalan Hj. Djulaeha Karmita, Rabu (27/05/20).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Chanifah Listyarini mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan paguyuban pedagang Pasar Antri memanggil para pedagang untuk menjalani swab test.

“Dari hasil swab test dipasar Antri ditemukan satu orang pedagang, wanita (60 tahun) warga Setiamanah yang berjualan kerudung serta aksesoris di Blok B Atas PAB. Sedangkan, Satu orang pedagang yang lain ditemukan bedasarkan hasil Swab Test Pikobar KBB, merupakan warga Tani Mulya, yang berjualan barang Kelontong di Blok C bawah PAB,” beber Rini, saat dihubungi.

Dinas Kesehatan Kota Cimahi rencananya akan melakukan Rapid Test kepada sekitar 650 pedagang Pasar Antri lainnya.

“Kami menunggu Paguyuban Pedagang untuk mengundang para pedagang lainnya, agar melaksanakan rapid test,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain dilakukan kepada 100 Pedagang Pasar Antri, pada hari yang sama dilakukan juga swab test di Puskesmas Padasuka, terhadap 30 orang kontak erat pedagang warga Setiamanah di lingkungan kediamannya.

“Setelah semua sampling swab test itu dikirim ke labkes Jabar, hasil swab test bisa secepatnya keluar. Kami akan terus melakukan tracking apakah hanya 2 pedagang itu yang kena atau ada kasus lain,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan investigasi terhadap sumber penularan Covid-19 pada kedua pedagang tersebut. Ia berharap penularan Covid 19 di Pasar Antri tidak melebar. (agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/28/100-pedagang-pasar-antri-baru-cimahi-di-swab-test/feed/ 0 38545
Dimasa PSBB, Kota Cimahi Alami Lonjakan Dua Digit Dari tahun 2019 https://regamedianews.com/2020/05/28/dimasa-psbb-kota-cimahi-alami-lonjakan-dua-digit-dari-tahun-2019/ https://regamedianews.com/2020/05/28/dimasa-psbb-kota-cimahi-alami-lonjakan-dua-digit-dari-tahun-2019/#respond Thu, 28 May 2020 01:51:09 +0000 https://regamedianews.com/?p=38540 Dimasa PSBB, Kota Cimahi Alami Lonjakan Dua Digit Dari tahun 2019 Cimahi, (regamedianews.com) – Sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyimpulkan, indeks kwalitas udara di […]]]> Dimasa PSBB, Kota Cimahi Alami Lonjakan Dua Digit Dari tahun 2019

Cimahi, (regamedianews.com) – Sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyimpulkan, indeks kwalitas udara di Kota Cimahi mengalami perbaikan dua digit dari tahun 2019.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi Mochamad Ronny, peningkatan itu diprediksi akibat barkurangnya aktifitas diluar, masyarakat Kota Cimahi cenderung melakukannya dirumah.

“Sejak PSBB diberlakukan, masyarakat sekarang banyak beraktifitas dirumah dengan menggunakan teknologi digital,” ujar Ronny. Rabu (28/05/20).

Ia menyebutkan, Indikator Kerja Utama (IKU) NO2 dan SO2 pada tahun 2019 sebesar 67,82. Sedangkan, tahun 2020 sebesar 69,75. Ini menunjukan ada kenaikan, walau tidak begitu signifikan.

“Kalau sampah, indikatornya masih sama dengan sebelum diberlakukannya PSBB, sekitar 40-50 rit penarikan untuk setiap harinya,” sebutnya.

Menurutnya, indikasi ini ada perbaikan terhadap lingkungan walau tidak begitu besar. Ia melihat, dibalik kejadian pandemi yang terjadi sekarang banyak memberikan pelajaran kepada masyarakat.

Seperti, sering memperhatikan kebersihan untuk diri dan lingkungnannya. Menggunakan fasilitas teknologi dengan maksimal. Karena dimasa PSBB, katanya, kegiatan pekerjaan bisa mengandalkan kemajuan teknologi dirumah.

“Benar, masa PSBB ini banyak yang mengalami kesulitan, terutama ruang gerak untuk beraktifitas. Tapi, dengan penggunaan teknologi yang baik dan maksimal, masyarakat bisa lebih mengefesiensinkan waktu dan tenaganya. Memang semua ada min dan plusnya.” Katanya.

Ia berharap, setelah pandemi ini berlalu. Kebiasaan baik yang sering dilakukan pada masa sekarang, bisa terus dilakukan pada kemudian hari. Dan masyarakat bisa mengambil hikmahnya. (dias/agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/28/dimasa-psbb-kota-cimahi-alami-lonjakan-dua-digit-dari-tahun-2019/feed/ 0 38540
Dinilai Abaikan Protokol Covid-19, Pengunjung Nekat Padati Wisata Hutan Kera Nepa https://regamedianews.com/2020/05/27/dinilai-abaikan-protokol-covid-19-pengunjung-nekat-padati-wisata-hutan-kera-nepa/ https://regamedianews.com/2020/05/27/dinilai-abaikan-protokol-covid-19-pengunjung-nekat-padati-wisata-hutan-kera-nepa/#respond Wed, 27 May 2020 11:22:52 +0000 https://regamedianews.com/?p=38531 Dinilai Abaikan Protokol Covid-19, Pengunjung Nekat Padati Wisata Hutan Kera Nepa Sampang, (regamedianews.com) – Ditengah mewabahnya Covid-19, tempat destinasi wisata Hutan Kera Nepa, di Desa Batioh, […]]]> Dinilai Abaikan Protokol Covid-19, Pengunjung Nekat Padati Wisata Hutan Kera Nepa

Sampang, (regamedianews.com) – Ditengah mewabahnya Covid-19, tempat destinasi wisata Hutan Kera Nepa, di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur tetap ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Muhni, salah satu warga asal Kecamatan Banyuates sangat menyayangkan atas di bukanya destinasi wisata Hutan Kera Nepa itu ditengah mewabahnya Covid-19.

Selain itu, Muhni menuding pihak pengelola destinasi wisata tersebut mengabaikan himbauan Pemerintah Kabupaten Sampang. Karena, H+3 lebaran Idul Fitri 1441 H/2020 M destinasi wisata masih buka dan ramai didatangi pengunjung atau wisatawan luar daerah yakni,  Bangkalan dan Sumenep.

“Jika destinasi wisata Hutan Kera Nepa itu masih buka sangat tidak etis dipandang. Karena di satu sisi Pemerintah melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di Perbatasan Sampang dan Bangkalan. Sedangkan di sisi lain, ada pihak yang mengabaikan penyebaran Covid-19 dengan membuka destinasi wisata,” katanya. Rabu (27/05/2020).

Muhni menambahkan, saat ini destinasi wisata tersebut sudah ditutup oleh pihak Polsek Banyuates.

“Sebelumnya dibuka, tapi tadi pasca kami melakukan koordinasi dengan Forkopimcam destinasi itu ditutup pada sekitar pukul 14.00 Wib,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Batioh, Moh Zu’ud mengatakan, pihaknya tidak pernah membuka tempat wisata tersebut untuk wisatawan. Bahkan, himbauan penutupan itu dikeluarkan sejak awal bulan April lalu.

“Pemerintah Desa tidak pernah membuka wisata. Dan Hutan Kera Nepa itu masuk ke PADes. Tapi, hanya area parkir saja dan itu masuk ke Disporabudpar. Karena, yang di setorkan ke Disporabudpar Sampang itu dana pribadi senilai Rp 3,6 juta rupiah pertahun.

Selain itu, Zu’ud mengatakan, Untuk tarif Parkir 1 Unit kendaraan Roda 2 Rp 3000 dan Mobil Rp 5000.

Meski begitu, asyarakat tidak pernah nyetor hasilnya. Cuma satu kali nyetor sejak wisata itu dibuka. Sedangkan, tiap tahun kami rutin bayar ke Disporabudpar dengan dana pribadi senilai Rp. 3,6 juta,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang Ibni Abdi Rahman mengatakan, pada saat melakukan inspeksi mendadak ke beberapa tempat Wisata termasuk di Wisata Hutan Kera Nepa semuanya tutup.

“Kebetulan saya sendiri pada hari lebaran itu berada di Wisata Hutan Kera Nepa. Tapi, tidak ada pengunjung yang datang dan tempatnya juga masih tutup,” kata Mamang.

Lebih jauh pria yang akrab di sapa Mamang itu mengatakan, pada sore hari lebaran dan hari ketiga pasca lebaran Wisata Hutan Kera Nepa tersebut masih buka dan tetap melayani para wisatawan lokal.

‘Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Batioh dan Camat Banyuates agar tempat wisata itu segera ditutup dan tidak melayani pengunjung. kami hari ini juga sudah mengirimkan Surat Himbauan melalui Camat masing-masnig untuk dikirim kepada pihak pengelola tempat wisata yang ada di Kabupaten Sampang,” pungkasnya. (adi/fan)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/27/dinilai-abaikan-protokol-covid-19-pengunjung-nekat-padati-wisata-hutan-kera-nepa/feed/ 0 38531
Tim Gabungan TNI Polri Kembali Gagalkan Penyelundupan Cap Tikus Diperbatasan Atinggola https://regamedianews.com/2020/05/27/tim-gabungan-tni-polri-kembali-gagalkan-penyeludupan-captikus-di-perbatasan-atinggola/ https://regamedianews.com/2020/05/27/tim-gabungan-tni-polri-kembali-gagalkan-penyeludupan-captikus-di-perbatasan-atinggola/#respond Wed, 27 May 2020 11:06:36 +0000 https://regamedianews.com/?p=38528 Tim Gabungan TNI Polri Kembali Gagalkan Penyelundupan Cap Tikus Diperbatasan Atinggola Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Tim Gabungan TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP yang […]]]> Tim Gabungan TNI Polri Kembali Gagalkan Penyelundupan Cap Tikus Diperbatasan Atinggola

Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Tim Gabungan TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP yang bertugas di Pos Perbatasan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara dengan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan minuman keras (miras) jenis Cap Tikus.

Upaya penyelundupan Cap Tikus itu pertama kali terbongkar saat personel gabungan sedang melaksanakan pengamanan perbatasan dengan memeriksa seluruh kendaraan yang melintas di Pos Check Point Atinggola pada Pukul 15.00 Wita, Rabu (27/5/20)

Pada saat dilakukan pemeriksaan oleh tim gabungan TNI Polri, 1 Unit kendaraan merk Hino jenis truk dengan Nomor Polisi DD 8601 LQ yang ingin melintas di perbatasan atinggola, ditemukan minuman keras jenis cap tikus sebanyak 7.500 liter.

Setelah dilakukan pendalaman ternyata minuman keras tersebut dari wilayah Sulawesi Utara dan rencananya akan di selundupkan ke wilayah Gorontalo

Sementara barang bukti 1 Unit Mobil merk Hino jenis trek dgn Nopol DD 8601 LQ dan sopirnya telah di amankan oleh petugas Pos Gugus tugas perbatasan Atinggola, dan selanjutnya akan diserahkan ke Sat Narkoba Polda Gorontalo

Brigpol Rinto Sunge mengatakan, pada saat mereka melakukan pengamanan perbatasan dan memeriksa setiap kendaraan yang hendak melewati perbatasan dan kami menemukan Cap Tikus di salah satu mobil truk.

“Pada saat kami memeriksa salah satu Truk yang melintas kami menemukan minuman keras sebanyak 7.500 Liter miras jenis cap tikus yang hendak diselundupkan ke Provinsi Gorontalo,” ungkapnya. (SN)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/27/tim-gabungan-tni-polri-kembali-gagalkan-penyeludupan-captikus-di-perbatasan-atinggola/feed/ 0 38528
Hujan Disertai Angin Robohkan Tenda Posko Covid-19 Sampang https://regamedianews.com/2020/05/27/hujan-disertai-angin-robohkan-tenda-posko-covid-19-sampang/ https://regamedianews.com/2020/05/27/hujan-disertai-angin-robohkan-tenda-posko-covid-19-sampang/#respond Wed, 27 May 2020 10:41:19 +0000 https://regamedianews.com/?p=38521 Hujan Disertai Angin Robohkan Tenda Posko Covid-19 Sampang Sampang, (regamedianews.com) – Hujan disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kecamatan Torjun dan Jrengik […]]]> Hujan Disertai Angin Robohkan Tenda Posko Covid-19 Sampang

Sampang, (regamedianews.com) – Hujan disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kecamatan Torjun dan Jrengik robohkan dua tenda Posko Penanganan dan Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang bertempat di jembatan timbang Torjun, Sampang, Madura.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sampang, Yulis Juwaidi mengatakan, akibat hujan yang disertai angin kencang di area Torjun dan Jrengik hingga tenda dari BPBD dan Diskumnaker yang terbuat dari Besi dan Kain parasit roboh dan kainnya robek.

“Kejadiannya sekira pukul 01.00 Wib. Rabu (27/05/2020) dua tenda roboh dan sudah di angkut oleh BPBD unuk dilakukan perbaikan.

Yulis menambahkan meski adanya kejadian itu Posko Covid-19 di Timbangan Sampang tetap buka dan siaga

“Alhamdulillah, beruntung dalam kejadian ini tidak sampai memakan korban dan juga barang-barang yang ada di Posko itu masih utuh tanpa kerusakan sama sekali,” pungkasnya.

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/27/hujan-disertai-angin-robohkan-tenda-posko-covid-19-sampang/feed/ 0 38521
Kisah Haru Buk Mursi’a Nenek Miskin Saat Dikunjungi Bupati Sampang https://regamedianews.com/2020/05/27/kisah-haru-buk-mursia-nenek-miskin-saat-dikunjungi-bupati-sampang/ https://regamedianews.com/2020/05/27/kisah-haru-buk-mursia-nenek-miskin-saat-dikunjungi-bupati-sampang/#respond Wed, 27 May 2020 10:19:28 +0000 https://regamedianews.com/?p=38516 Kisah Haru Buk Mursi’a Nenek Miskin Saat Dikunjungi Bupati Sampang Sampang, (regamedianews.com) – B.Kenik atau yang akrab disapa B.Marsi’a (95) tak dapat membendung air matanya […]]]> Kisah Haru Buk Mursi’a Nenek Miskin Saat Dikunjungi Bupati Sampang

Sampang, (regamedianews.com) – B.Kenik atau yang akrab disapa B.Marsi’a (95) tak dapat membendung air matanya saat sirine iringan mobil orang nomor satu di Kabupaten Sampang itu terdengar mendekati rumahnya, Rabu (27/5/20).

Wanita tua yang hanya tinggal seorang diri itu gemetar tak mampu menahan rasa haru saat H.Slamet Junaidi Bupati Sampang bertandang kerumahnya yang hanya berukuran sekitar 3×4 itu.

Wanita yang tinggal di Dusun Kasangkah Barat itu tak lagi bisa berusaha sendiri, hidupnya hanya berbekal belas kasihan dari keluarga dan warga sekitar.

Kadang untuk memasak dirinya tak jarang harus menyalakan api dari kayu didepan tempatnya tinggal, karena dirumahnya tak memiliki dapur dan hanya cukup untuk satu tempat tidur saja.

Saat Bupati tiba, B.Marsi’a hanya mampu mengeluarkan beberapa patah kata karena tidak percaya dengan apa yang dilihatnya, bahwa seorang Bupati akan turun langsung karena kepedulian yang cukup tinggi untuk menyambangi warga sekelas dirinya.

“Sampean pak, mator sakalangkong pak lengginah, mandher Allah nekkanah hajetteh panjenengan (sampean pak, terima kasih atas kunjungannya, semoga Allah kabulkan semua hajat bapak),” ujarnya dengan logat Maduranya yang kental.

Melihat B.Kenik Bupati Sampang langsung bersalaman dan mencium tangan wanita yang mulai renta itu dengan penuh rasa iba.

Suami Hj.Mimin Slamet Junaidi itupun langsung memanggil Kepala Dinas Sosial untuk mendata dan mengambil foto copy administrasi kependudukan untuk selanjutnya ditindak lanjuti sebegai penerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sampang.

“Pak Amir silahkan diambil Foto Copy KK atau KTP beliau,” ujarnya.

Tak hanya itu, didampingi Kepala Desa dan Forkopimcam Robatal Bupati Sampang menyerahkan bantuan sembako dan berbagi uang tunai kepada B.Kenik dan beberapa warga miskin sekitar.

Sebelum berkunjung kerumah B.Kenik, rombongan Bupati telah ditunggu oleh Kepala Desa dan para tokoh masyarakat sekitar dikediaman Sekretaris Desa setempat.

Para tokoh tersebut tak sabar ingin bertemu dengan Bupati fenomenal yang diketahui tak kenal lelah tersebut.

Saat berjumpa dengan tokoh desa setempat Bupati Sampang menuturkan, dirinya sengaja turun langsung adalah untuk mengetahui secara langsung fakta dilapangan, terutama keadaan masyarakat yang tidak mampu dan kondisi jalan.

“Saya turun langsung hanya ingin mengetahui kondisi dibawah, makanya kita bawa Kepala Dinas Sosial, Dispendukcapil, PUPR, dan beberapa dinas lain,” tuturnya.

Untuk sekedar diketahui setelah dari Gunung Rancak, politisi Partai Nasdem itupun melanjutkan kunjungannya ke dua desa di Kecamatan Sokobanah. (fan/mud)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/27/kisah-haru-buk-mursia-nenek-miskin-saat-dikunjungi-bupati-sampang/feed/ 0 38516
Nahas, Ibu Dan Anak Di Tambelangan Tewas Diduga Terseret Arus Air Sungai https://regamedianews.com/2020/05/27/nahas-ibu-dan-anak-di-tambelangan-tewas-diduga-terseret-arus-air-sungai/ https://regamedianews.com/2020/05/27/nahas-ibu-dan-anak-di-tambelangan-tewas-diduga-terseret-arus-air-sungai/#respond Wed, 27 May 2020 04:26:39 +0000 https://regamedianews.com/?p=38512 Nahas, Ibu Dan Anak Di Tambelangan Tewas Diduga Terseret Arus Air Sungai Sampang, (regamedianews.com) – Dua orang Ibu dan Anak diduga tewas terseret derasnya air Sungai di […]]]> Nahas, Ibu Dan Anak Di Tambelangan Tewas Diduga Terseret Arus Air Sungai

Sampang, (regamedianews.com) – Dua orang Ibu dan Anak diduga tewas terseret derasnya air Sungai di Dusun Dajaan, Desa Tambelangan, Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang, Madura.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tambelangan Iptu Warnoto membenarkan, Ibu Martiyah (40) bersama putrinya. Kejadiannya, sekira pukul 04.00 Wib. Tapi, ditemukan sekira pukul 09.00 Wib. Selasa (26/05/2020) malam.

“Saat ini, Ibunya baru ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Sementara, untuk putrinya yang berumur 7 tahun masih dalam tahap pencarian, kejadiannya sekitar jam 04.00 WIB,  tapi ditemukan tadi malam sekira jam 09.00 Wib,” kata Warnoto. Rabu (27/05/2020).

Sayangnya Warnoto enggan menjelaskan secara detail kronologis kejadian tersebut sebelum ada perintah dari Polres Sampang

“Maaf mas, saya tidak bisa menceritakan secara detail sebelum ada perintah dari Polres. coba koordinasi langsung dengan Humas Polres Sampang,” pungkasnya.

Sementara, Kasubag Humas Polres Sampang Aipda Yoyok saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya enggan menjawab, meskipun tersambung dan terdengar nada dering. (adi/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/27/nahas-ibu-dan-anak-di-tambelangan-tewas-diduga-terseret-arus-air-sungai/feed/ 0 38512
Forkopimcam Robatal Lakukan Koordinasi Terkait Kampung Tangguh Covid-19 https://regamedianews.com/2020/05/26/forkopimcam-robatal-lakukan-koordinasi-terkait-kampung-tangguh-covid-19/ https://regamedianews.com/2020/05/26/forkopimcam-robatal-lakukan-koordinasi-terkait-kampung-tangguh-covid-19/#respond Tue, 26 May 2020 10:00:42 +0000 https://regamedianews.com/?p=38503 Forkopimcam Robatal Lakukan Koordinasi Terkait Kampung Tangguh Covid-19 Sampang, (regamedianews.com) – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Robatal terdiri dari Camat, Kapolsek dan Koramil […]]]> Forkopimcam Robatal Lakukan Koordinasi Terkait Kampung Tangguh Covid-19

Sampang, (regamedianews.com) – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Robatal terdiri dari Camat, Kapolsek dan Koramil Robatal hadir dalam rapat koordinasi Dusun Tangguh Covid-19 didesa Gunung Rancak, Selasa (26/5/20).

Camat Robatal H.Kiatno mengatakan, di kecamatan Robatal ada 3 dusun yang terbagi di 3 desa sebagai dusun tangguh yakni Dusun Malenggur Desa Gunung Rancak, dusun Ban Rokem desa Sawah Tengah dan Dusun Lepelle Desa Lepelle.

“Ada 3 dusun tangguh di Kecamatan Robatal yakni dusun Malenggur Gunung Rancak, dusun Ban Rokem Sawah Tengah, dan dusun Lepelle desa Lepelle,” ujarnya.

Kiyatno berharap ketiga dusun tersebut harus siap dalam upaya menjadi dusun tangguh Covid-19 terutama dalam menjadi benteng pandemi.

“Dusun tangguh merupakan level terbawah setelah terbentuknya relawan ditingkat desa,” tutupnya.

Tak hanya itu, sebagai dusun tangguh Covid-19 disitu nantinya akan mengambil peranan penting ditingkat bawah terutama jika terjadi Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) baik dari fasilitas maupun pendataan. (fan/Mud)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/26/forkopimcam-robatal-lakukan-koordinasi-terkait-kampung-tangguh-covid-19/feed/ 0 38503
Empat Pasien Positif Covid-19 di Sampang Sembuh https://regamedianews.com/2020/05/26/empat-pasien-positif-covid-19-di-sampang-sembuh/ https://regamedianews.com/2020/05/26/empat-pasien-positif-covid-19-di-sampang-sembuh/#respond Tue, 26 May 2020 07:54:36 +0000 https://regamedianews.com/?p=38500 Empat Pasien Positif Covid-19 di Sampang Sembuh Sampang, (regamedianews.com) – Sebanyak empat pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sampang, Madura, […]]]> Empat Pasien Positif Covid-19 di Sampang Sembuh

Sampang, (regamedianews.com) – Sebanyak empat pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur sembuh setelah dilakukan Swab dua kali hasilnya negatif.

Saat jumpa pers, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Sampang, Djuwardi menyampaikan, perkembangan penyebaran Covid-19 di Sampang walaupun lambat. Namun, ada kecenderungan naik.

“Hingga kini, dari data yang ada, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 404, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 17 orang dan yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 16 orang,” ungkapnya. Selasa (26/05/2020).

Lebih jauh Djuwardi mengatakan, perkembangan PDP khususnya yakni 14 orang, ada 3 orang sudah selasai di awasi dan 2 orang meninggal dunia.

“Sedangkan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sampang dari 16 orang itu, sebanyak 4 orang dinyatakan sembuh. Yakni, inisial (S), (S), inisial (B) Kecamatan Camplong dan inisial (A) asal Kecamatan Sampang. Dan 12 orang lainnya sedang dirawat di Balai Latihan Kerja (BLK) dan Isolasi Mandiri,” katanya.

Djuwardi menambahkan, dari empat orang yang sembuh dari Covid-19, tiga orang dari klaster Santos dan satu orang dari klaster Pasar.

“Paling banyak orang yang terjangkit Covid-19 di Sampang 60% dari klaster Pasar dan yang paling banyak Pasar Srimangunan,” pungkasnya.

Sekedar diketahui hadir dalam Jumpa Pers yang dilaksanakan di halaman Pemkab Sampang itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Sampang Djuwardi, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi, Kepala BPBD Sampang Anang Djunaidi dan Direktur RSUD dr Mohammad Zyn Titin Hamidah. (adi/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/26/empat-pasien-positif-covid-19-di-sampang-sembuh/feed/ 0 38500
4 Orang Reaktif Rapid Test, Kades Dambalo Imbau Masyarakatnya Tidak Panik https://regamedianews.com/2020/05/26/4-orang-reaktif-rapid-test-kades-dambalo-imbau-masyarakatnya-tidak-panik/ https://regamedianews.com/2020/05/26/4-orang-reaktif-rapid-test-kades-dambalo-imbau-masyarakatnya-tidak-panik/#respond Tue, 26 May 2020 07:31:45 +0000 https://regamedianews.com/?p=38496 4 Orang Reaktif Rapid Test, Kades Dambalo Imbau Masyarakatnya Tidak Panik Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Kepala Desa (Kades) Dambalo Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara Haris B. […]]]> 4 Orang Reaktif Rapid Test, Kades Dambalo Imbau Masyarakatnya Tidak Panik

Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Kepala Desa (Kades) Dambalo Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara Haris B. Tuina menghimbau kepada masyarakatnya agar tidak panik.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Desa Dambalo agar kiranya jangan panik, karena hasil Reaktif Rapid Test itu belum PASTI Positif Corona,” jelas Haris, Selasa (26/5/2020).

Tetapi walau begitu, kata haris, siapa saja yang telah berkontak dengan 4 orang yang reaktif rapid test tersebut agar kiranya melakukan karantina mandiri untuk mengantisipasi hal hal yang kita tidak inginkan, selama menunggu hasil swab test.

“Apapun hasil Swab testnya saya berharap untuk keiklasan dan kejujuran dari siapa saja yang sudah sempat berkontak dengan mereka berempat ini,” tegas Haris.

Ia pun menambahkan, mengenai rumah rumah yang sudah di datangi akan di semprot dengan disinfektan.

“Saya juga sudah sampaikan kepada Tim Gugus Covid untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada seputaran rumah mereka, dan rumah rumah yang sempat mereka datangi,” jelasnya.

Haris juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Desa Dambalo untuk sama-sama mendoakan semoga hasil Swab Test mereke berempat ini negatif. (SN)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/26/4-orang-reaktif-rapid-test-kades-dambalo-imbau-masyarakatnya-tidak-panik/feed/ 0 38496
Meski Ada Instruksi Kemendes dan Gubernur Jatim, 35 Desa Di Sampang Belum Salurkan BLT DD https://regamedianews.com/2020/05/26/meski-ada-instruksi-kemendes-dan-gubernur-jatim-35-desa-di-sampang-belum-salurkan-blt-dd/ https://regamedianews.com/2020/05/26/meski-ada-instruksi-kemendes-dan-gubernur-jatim-35-desa-di-sampang-belum-salurkan-blt-dd/#respond Tue, 26 May 2020 06:02:25 +0000 https://regamedianews.com/?p=38483 Meski Ada Instruksi Kemendes dan Gubernur Jatim, 35 Desa Di Sampang Belum Salurkan BLT DD Sampang, (regamedianews.com) – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia telah mengeluarkan instruksi […]]]> Meski Ada Instruksi Kemendes dan Gubernur Jatim, 35 Desa Di Sampang Belum Salurkan BLT DD

Sampang, (regamedianews.com) – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia telah mengeluarkan instruksi kepada Kepala Desa No.1 tahun 2020 tentang percepatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2020.

Dalam instruksi yang tertanggal 15 Mei 2020 itu jelas dipoin pertama disebutkan, bahwa Kepala Desa diinstruksikan untuk menyalurkan sebelum tanggal 24 Mei 2020 atau sebelum hari raya idul Fitri 1441 Hijriyah.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk memaksimalkan pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) agar selesai sebelum lebaran 2020.

“Harapan kami sebelum Lebaran harus rampung, sama seperti pesan Presiden Joko Widodo,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (12/5) lalu.

Namun, fakta yang terjadi dilapangan masih banyak Kepala Desa yang terkesan dinilai mengabaikan instruksi tersebut, karena hingga saat ini masih banyak Kades yang belum merealisasikan BLT DD kepada masyarakat penerima, seperti yang terjadi di Kabupaten Sampang, Madura.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Malik Amrullah, hingga Selasa (26/5/20) masih ada sekitar 35 desa di Kabupaten Sampang yang belum mencairkan dana BLT DD kepada penerima.

“Yang belum (membagikan BLT DD. red) ada 35 desa,” jelasnya, melalui pesan WhatsApp, Selasa (26/2/20).

Malik tidak menjelaskan secara rinci terkait alasan ke 35 desa tersebut hingga saat ini belum membagikan BLT DD kepada masyarakat.

Saat tim media ini mencoba bertanya secara detail tentang desa mana saja yang belum merealisasikan dana BLT DD tersebut, Malik berdalih dirinya tidak hafal.

“Tak hafal,” jawabnya singkat.

Untuk sekedar diketahui BLT yang bersumber dari Dana Desa tersebut berjumlah 1,8 juta untuk 3 bulan pertama, dengan rincian 600 ribu perbulan. (adi/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/26/meski-ada-instruksi-kemendes-dan-gubernur-jatim-35-desa-di-sampang-belum-salurkan-blt-dd/feed/ 0 38483
Meski Masa Pandemi Covid-19, Warga Tetap Silaturahmi dan Kunjungi Objek Wisata https://regamedianews.com/2020/05/25/meski-masa-pandemi-covid-19-warga-tetap-silaturahmi-dan-kunjungi-objek-wisata/ https://regamedianews.com/2020/05/25/meski-masa-pandemi-covid-19-warga-tetap-silaturahmi-dan-kunjungi-objek-wisata/#respond Mon, 25 May 2020 16:21:02 +0000 https://regamedianews.com/?p=38478 Meski Masa Pandemi Covid-19, Warga Tetap Silaturahmi dan Kunjungi Objek Wisata Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Tak heran di hari kedua Hari Raya Idul Fitri 1441 H, […]]]> Meski Masa Pandemi Covid-19, Warga Tetap Silaturahmi dan Kunjungi Objek Wisata

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Tak heran di hari kedua Hari Raya Idul Fitri 1441 H, sejumlah objek wisata di Aceh Selatan dipadati warga (turis lokal), meski masih dalam masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hampir semua objek wisata yang berlokasi di wilayah Kabupaten Aceh Selatan dikunjungi oleh turis lokal yang sengaja mendatangi objek wisata pemandian, sembari istirahat dan menikmati suasana dengan keluarga mereka.

“Selama pandemi Covid-19 yang melanda dunia hingga saat ini, warga dilanda cemas dan takut berkumpul dan berkunjung ketempat saudara apalagi ketempat objek wisata,” ujar Fitri warga Meulaboh Aceh Barat.

Mereka melepaskan kerinduan bersama keluarga berkunjung dan bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh, dikarenakan sejak pemerintah menyatakan dunia dilanda pandemi global dengan status darurat Covid-19.

“Covid-19 menghantui bumi di seluruh dunia dan tidak memandang negara mana, suku dan ras juga agama, akibat itulah pemerintah mengumumkan Indonesia termasuk negara darurat Covid-19,” ungkap Fitri.

Menurutnya, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di seluruh wilayah Indonesia diwajibkan mengikuti instruksi pemerintah, guna menghindari penyebaran yang meluas dipelosok nusantara tanpa kecuali di Aceh Selatan.

“Hampir enam bulan lamanya masyarakat diseluruh Indonesia seperti tidur dalam bayangan yang terkesan takut satu sama lainya, disebabkan penyebaranya tidak memandang usia dan jenis. Apalagi kita tidak merasakan cara bekerjanya Covid-19 tersebut,” tandasnya.

Hampir enam bulan lamanya warga mengaku pasrah dan tidak pernah lagi silaturahmi satu sama lain, apalagi dengan pihak keluarga yang jauh hanya menunggu waktu yang tepat untuk saling berkunjung dan bersilaturahmi seperti dahulu.

“Inilah saatnya mereka melampiaskan kegembiraan bersama keluarga, ada yang mudik berlebaran di kampung halaman, saatnya melepaskan rindu yang terpendam selama Covid-19, mudah-mudahan pandemi global ini cepat berakhir pergi jauh dari bumi ibu pertiwi yang kita dambakan ini,” pungkasnya. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/meski-masa-pandemi-covid-19-warga-tetap-silaturahmi-dan-kunjungi-objek-wisata/feed/ 0 38478
Mudik Dari Manado Warga Gorut Reaktif Rapid Test https://regamedianews.com/2020/05/25/mudik-dari-manado-warga-gorut-reaktif-rapid-test/ https://regamedianews.com/2020/05/25/mudik-dari-manado-warga-gorut-reaktif-rapid-test/#respond Mon, 25 May 2020 16:05:26 +0000 https://regamedianews.com/?p=38475 Mudik Dari Manado Warga Gorut Reaktif Rapid Test Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Petugas Medis Puskesmas Dambalo telah melakukan pemeriksaan Rapid Test kepada empat […]]]> Mudik Dari Manado Warga Gorut Reaktif Rapid Test

Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Petugas Medis Puskesmas Dambalo telah melakukan pemeriksaan Rapid Test kepada empat (4) warga Desa Dambalo, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dan hasilnya Reaktif. Senin (25/5/2020).

Kepala Desa Dambalo Haris B. Tuina menjelaskan, karena mendengar ada warganya yang baru tiba dari manado, dirinya langsung bergegas cepat, meminta kepada pihak Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan terhadap warganya tersebut.

“Tadi sudah dilakukan pemeriksaan Rapid Test terhadap empat orang, ternyata hasilnya Reaktif, dan untuk anak anaknya yang belum sempat di Rapid Test nanti besok akan dilakukan pemeriksaan di Puskesmas,” jelas Haris.

Kemudian kata Haris, ia sudah sampaikan kepada Tim Gugus Covid Desa Dambalo untuk memantau mereka. “Sudah saya ingatkan ke meraka, agar kiranya mengkarantina mandiri dirumah, sambil menunggu hasil swab test selanjutnya,” ungkap Haris.

Adapun Rincian ke-4 pasien tersebut yaitu, SDL seorang laki-laki (48 th), MA seorang perempuan Istri dari SDL, YS seorang perempuan dalam keadaan hamil anak tirinya SDL, NM (71 th) seorang perempuan lansia orang tuanya MA. Ke empat empatnya tinggal serumah.

Riwayat perjalan SDL dari Manado (Sulut), setelah dari Manado langsung pergi ke Paguyaman Desa Wono Sari dirumah orang tuanya selama kurang lebih lima hari, setelah itu kembali ke Desa Dambalo hari sabtu tanggal 23 Mei 2020 siang hari.

Dan untuk MA,YS dan NM hanya berada di rumah tidak ada riwayat perjalanan dari sulut.

Hanya sekedar informasi, bahwa Istri dari SDL pada saat sholat Idul Fitri dirinya ikut melaksanakan sholat berjamaah di Masjid Dusun Tengah. (SN)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/mudik-dari-manado-warga-gorut-reaktif-rapid-test/feed/ 0 38475
Masih Terlalu Dini Pasar Antri Baru Cimahi Disebut Klaster https://regamedianews.com/2020/05/25/masih-terlalu-dini-pasar-antri-baru-cimahi-disebut-klaster/ https://regamedianews.com/2020/05/25/masih-terlalu-dini-pasar-antri-baru-cimahi-disebut-klaster/#respond Mon, 25 May 2020 15:49:19 +0000 https://regamedianews.com/?p=38471 Masih Terlalu Dini Pasar Antri Baru Cimahi Disebut Klaster Cimahi, (regamedianews.com) – Kasus positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kota Cimahi terus mengalami peningkatan. Terbukti, dari empat […]]]> Masih Terlalu Dini Pasar Antri Baru Cimahi Disebut Klaster

Cimahi, (regamedianews.com) – Kasus positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kota Cimahi terus mengalami peningkatan. Terbukti, dari empat orang terkonfirmasi positif hasil test swab, dua orang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut merupakan pedagang di Pasar Antri, Kota Cimahi. 

Satu orang merupakan wanita berusia 60 tahun warga Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, dan satu orang lagi seorang laki-laki warga Desa Tani Mulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat (Jabar) Berli Hamdani menilai terlalu dini untuk menyebut penularan Covid-19 di Pasar Antri sebagai klaster baru.

Pasalnya, pasar merupakan area terbuka dan siapapun dapat diduga sebagai sumber penularan. Terus, jumlah yang terpapar juga baru sedikit.

“Terlalu awal kalau divonis klaster Pasar Cimahi,” ucapnya, Senin (25/05/20).

Sementara, Pengelola Pasar Antri Johny Hanjelin menyatakan siap mengikuti aturan untuk menutup sementara Pasar Antri lantaran ada dua pedagangnya yang positif Covid-19.

“Yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 itu pedagang kelontong dan pedagang kerudung. Mereka ikut swab test di pasar hari Jumat minggu lalu. Kita ikut aturan pasar ini ditutup sementara,” kata Johny.

Terkait penutupan pasar selama 2 minggu ke depan, diakuinya bakal berdampak besar. Apalagi terdapat 800 orang lebih pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

“Pasti kita akan kesusahan, masalahnya menyankut orang banyak. Kami belum ada komunikasi dengan pedagang, karena baru hari ini ditutup. Dan kebetulan lebaran biasanya pedagang libur 2 hari, setelah itu mulai buka. Nanti kita komunikasikan ke pedagang pas buka hari Selasa,” ujarnya. (Dias)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/masih-terlalu-dini-pasar-antri-baru-cimahi-disebut-klaster/feed/ 0 38471
Berawal Dari Miras, Seorang Pria Di Bolmut Jadi Korban Pembacokan https://regamedianews.com/2020/05/25/berawal-dari-miras-bapak-46-tahun-jadi-korban-pembacokan/ https://regamedianews.com/2020/05/25/berawal-dari-miras-bapak-46-tahun-jadi-korban-pembacokan/#respond Mon, 25 May 2020 07:05:40 +0000 https://regamedianews.com/?p=38458 Berawal Dari Miras, Seorang Pria Di Bolmut Jadi Korban Pembacokan Bolmut, (regamedianews.com) – Penganiyayaan pembacokan kembali terjadi di Desa Tombulang Pantai, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang […]]]> Berawal Dari Miras, Seorang Pria Di Bolmut Jadi Korban Pembacokan

Bolmut, (regamedianews.com) – Penganiyayaan pembacokan kembali terjadi di Desa Tombulang Pantai, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Di hari yang penuh dengan perdamaian ini, bisa berkumpul bersama keluarga untuk saling bermaf maafan. Namun nasib malang yang menimpa bapak LL (46 th), justru menjadi korban pembacokan.

Dalam kejadian tersebut, korban mengalami luka sobek dibagian punggung belakang, korban saat ini sementara perawatan dirumahnya. Sementara Pelaku RO (30 th) saat ini sudah di amankan di polsek pinogaluman. Minggu (24/5/2020)

Kepala desa Tombulang Pantai Heti Blongkod menjelaskan, peristiwa itu berawal dari minuman keras, sambil membahas dana BLT.

“Awalnya korban ini, minum minuman keras bersama teman-temannya dan membahas mengenai dana BLT, entah bagaimana ceritanya, pelaku ini pulang kerumahnya kemudian dia balik lagi ketempat kejadian itu sudah membawah barang tajam dan langsung membacok korban,” ujar Kades.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Pinogaluman, Aipda Budi Satrio, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya membenarkan kejadian tersebut.

“Kejadian tersebut berawal sekitar pukul 17.00 WITA, dan saat ini pelaku sudah kami amankan di polsek untuk menghindari amukan masa atau pihak keluarga korban, jadi untuk penanganan lebih lanjut akan di itrogasi karena korban saat ini masih dalam keadan mabuk jadi sehingga sulit untuk mendapatkan keterangan yang jelas dari korban,” jelas Budi Satrio.

Ia pun menambahkan, kronologis kejadianya itu belum jelas, karena kemarin itu saat kami ke TKP bersama kadus dan sangadi bahwa saksi-saksi tersebut mengatakan mereka tidak melihat kejadian tersebut mereka berada di dalam rumah saat kejadian.

“Maka dari itu, menjadi kesulitan kami di kampung ini, padahal waktu di TKP itu banyak mereka disitu namun seakan akan masyarakat tidak mau memberikan keterangan lebih, sedangkan barang bukti parang pun kami tidak temukan seola mereka sembunyikan,” tandasnya. (SM)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/berawal-dari-miras-bapak-46-tahun-jadi-korban-pembacokan/feed/ 0 38458
Pasar Antri Baru Disegel, Setelah Hasil Test Swab Para Pedagangnya Terkonfirmasi Positif Covid-19 https://regamedianews.com/2020/05/25/pasar-antri-baru-disegel-setelah-hasil-test-swab-para-pedagangnya-terkonfirmasi-positif-covid-19/ https://regamedianews.com/2020/05/25/pasar-antri-baru-disegel-setelah-hasil-test-swab-para-pedagangnya-terkonfirmasi-positif-covid-19/#respond Mon, 25 May 2020 06:15:28 +0000 https://regamedianews.com/?p=38453 Pasar Antri Baru Disegel, Setelah Hasil Test Swab Para Pedagangnya Terkonfirmasi Positif Covid-19 Cimahi, (regamedianews.com) – Pemerintah Kota Cimahi sekarang sudah menyegel area Pasar Antri Baru (PAB) jalan […]]]> Pasar Antri Baru Disegel, Setelah Hasil Test Swab Para Pedagangnya Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cimahi, (regamedianews.com) – Pemerintah Kota Cimahi sekarang sudah menyegel area Pasar Antri Baru (PAB) jalan Sriwijaya Kota Cimahi, setelah hasil test swab menyatakan positif Covid-19 terhadap para pedagang PAB.

Penyegelan pasar dilakukan, setelah Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP dan Pemadam (Damkar) Kota Cimahi mendapatkan arahan Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19, Ajay M Priatna.

Kepala Dishub Kota Cimahi Yanuar Taufik mengatakan, setelah mendengar kabar hasil swab test terhadap pedagang yang menunjukkan ada kasus positif Covis-19, pihaknya langsung mendatangi lokasi.

“Mendapat arahan Ketua Gugus Kota Cimahi, kami langsung menuju pasar untuk segera melakukan penutupan akses ke dalam pasar dan terminal. Selain itu, Damkar bersama BPBD, melakukan penyemprotan disinfektan,” katanya saat dihubungi via telepon selulernya, Senin (25/05/20).

Dikatakannya, penutupan akses pintu masuk ke area PAB ditandai dengan Satpol PP line dan pembatas jalan. Penutupannya sampai 14 hari kedepan sesuai aturan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Sekarang, pedagang tidak boleh masuk area pasar sampai 14 hari kedepan. Tidak hanya itu, spanduk-spanduk sosialisasi juga sudah dipasang,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, saat penutupan dilaksanakan turut disaksikan pihak pengelola dan koordinasi pedagang Pasar Antri Baru. (agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/pasar-antri-baru-disegel-setelah-hasil-test-swab-para-pedagangnya-terkonfirmasi-positif-covid-19/feed/ 0 38453
Hari Kedua Lebaran, Warga Aceh Selatan Tetap Saling Bersilaturahmi https://regamedianews.com/2020/05/25/hari-kedua-lebaran-warga-aceh-selatan-tetap-saling-bersilaturahmi/ https://regamedianews.com/2020/05/25/hari-kedua-lebaran-warga-aceh-selatan-tetap-saling-bersilaturahmi/#respond Mon, 25 May 2020 05:40:21 +0000 https://regamedianews.com/?p=38447 Hari Kedua Lebaran, Warga Aceh Selatan Tetap Saling Bersilaturahmi Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, di Aceh Selatan suasananya berdenyut […]]]> Hari Kedua Lebaran, Warga Aceh Selatan Tetap Saling Bersilaturahmi

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, di Aceh Selatan suasananya berdenyut lagi habis gelap terbitlah terang. Dulunya suasana di Aceh Selatan sangat sepi akibat pandemi virus corona yang melanda dunia tentu imbas dari itu.

Hal ini dikatakan Akbar warga Nagan Raya. Ia juga mengatakan, salah satu Kabupaten induk dari Pemkot Subulusalam, Aceh Singkil dan Abdya kembali normal bagaikan pungguk merindukan bulan.

“Hampir tiga bulan masa pandemi virus covid-19 ini, Kabupaten Aceh Selatan bagaikan Kota mati dan suasana sepi tak berdenyut, perekonomian tidak berjalan seperti hari-hari biasa,” tutur Akbar, Senin (25/5/20).

Namun, kata Akbar, penduduknya tetap sabar menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya.

“Alhamdulillah, sedikit demi sedikit badai itu tentu berlalu. hari ini senin (25/05/2020) tepatnya hari raya kedua, mudah-mudahan yang bermukim di Nagan Raya dan memutuskan mudik dengan keluarga besarnya dengan niat merayakan hari raya 1 syahwal Idul Fitri 1441 H, tetap dengan optimis pulang kampung ke Samadua,” cetusnya.

Akbar juga menambahkan, walaupun di Provinsi Aceh virus Covid 19 tidak separah tempat lain, namun harapanya warga yang bermukim di Aceh Selatan hendaknya mengikuti protap kesehatan. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/hari-kedua-lebaran-warga-aceh-selatan-tetap-saling-bersilaturahmi/feed/ 0 38447
Melalui LMC, La Nyalla Salurkan Bantuan Sembako Kepada Nelayan Sumenep https://regamedianews.com/2020/05/25/melalui-lmc-la-nyalla-salurkan-bantuan-sembako-kepada-nelayan-sumenep/ https://regamedianews.com/2020/05/25/melalui-lmc-la-nyalla-salurkan-bantuan-sembako-kepada-nelayan-sumenep/#respond Mon, 25 May 2020 03:03:57 +0000 https://regamedianews.com/?p=38442 Melalui LMC, La Nyalla Salurkan Bantuan Sembako Kepada Nelayan Sumenep Sumenep, (regamedianews.com) – Yayasan La Nyalla Madura Center (LMC) berbagi 400 paket sembako bagi nelayan […]]]> Melalui LMC, La Nyalla Salurkan Bantuan Sembako Kepada Nelayan Sumenep

Sumenep, (regamedianews.com) – Yayasan La Nyalla Madura Center (LMC) berbagi 400 paket sembako bagi nelayan dan janda tidak mampu di wilayah Sumenep.

Moh Hasan SH.MH Ketua Umum LMC mengatakan, sembako tersebut dibagi terhadap dua lokasi, yakni di Desa Kapedi Kecamatan Bluto, langsung secara simbolis kepada Kepala Desa Kapedi dan di wilayah Kalianget diberikan melalui tokoh setempat H.Sajali.

“Alhamdulillah telah kita salurkan bantuan dari pak Nyalla di dua lokasi yakni Kapedi dan Kalianget,” tuturnya, Minggu (24/5/20).

Hasan menambahkan, bantuan tersebut tidak hanya kepada para nelayan, tapi juga kepada ibu lansia yang tidak mampu.

“Kita juga bagikan bantuan tersebut kepada para ibu lansia yang tidak mampu,” imbuhnya.

Ditempat terpisah Sekretaris LMC Mohammad Fauzan,M.Si menambahkan, bantuan sembako tersebut merupakan wujud kepedulian sosial La Nyalla terhadap masyarakat Madura.

“Bantuan sembako ini sebagai wujud kepedulian sosial dan rasa terima kasih pak Nyalla terhadap masyarakat Madura, melalui LMC,” ujarnya.

Meskipun menurut Fauzan kali ini masih menyentuh ujung timur pulau Madura, namun seiring waktu di seluruh pulau Madura nantinya akan diakomodir melalui La Nyalla Madura Center (LMC), sesuai dengan tujuan mulya terbentuknya LMC yang mengcover dibidang Pendidikan, Sosial, Ekonomi dan Budaya untuk kepentingan masyarakat Madura.

“Sekarang mulai dari Sumenep, insha Allah nanti seluruh Madura akan terakomodir melalui LMC ini,” tutupnya.

Sementara penerima sembako yang merupakan janda lanjut usia dan tidak mampu merasa sangat bersukur atas bantuan tersebut.

Dengan logat Maduranya yang kental, wanita tersebut mengutarakan kegembiraannya dan berterima kasih kepada La Nyalla.

“Kalangkong pak Nyalla, bento’ennah depak, mander sajennah sukses sampean (terima kasih pak Nyalla, bantuannya sampai, semoga semakin sukses),” tutupnya. (red)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/melalui-lmc-la-nyalla-salurkan-bantuan-sembako-kepada-nelayan-sumenep/feed/ 0 38442
Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Rabesan Kedungdung Sampang Akhirnya Ditemukan https://regamedianews.com/2020/05/25/bocah-tewas-tenggelam-di-sungai-rabesan-kedungdung-sampang-akhirnya-ditemukan/ https://regamedianews.com/2020/05/25/bocah-tewas-tenggelam-di-sungai-rabesan-kedungdung-sampang-akhirnya-ditemukan/#respond Sun, 24 May 2020 18:07:18 +0000 https://regamedianews.com/?p=38438 Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Rabesan Kedungdung Sampang Akhirnya Ditemukan Sampang, (regamedianews.com) – Setelah hampir dua hari tim Basarnas, tim reaksi cepat BPBD Sampang dan […]]]> Bocah Tewas Tenggelam di Sungai Rabesan Kedungdung Sampang Akhirnya Ditemukan

Sampang, (regamedianews.com) – Setelah hampir dua hari tim Basarnas, tim reaksi cepat BPBD Sampang dan warga melakukan pencarian jasad bocah tenggelam di sungai Desa Rabesan, Kedungdung, Sampang, Madura, akhirnya ditemukan.

“Jasad bocah korban tenggelam di sungai Rabesan Kedungdung akhirnya ditemukan sekitar pukul 16.30 Wib, Sabtu (23/5/20), satu kilo dari lokasi korban yang mandi. Kami temukan didalam dasar sungai, jasadnya tidak mengapung,” ujar Imam, Kasi Kedaruratan BPBD Sampang.

Imam juga mengungkapkan, saat melakukan pencarian terhadap jasad Fauzan (10 th) bocah tenggelam tersebut, pihaknya melibatkan tim Basarnas Provinsi Jawa Timur, tim Reaksi Cepat BPBD dan dibantu warga desa setempat.

“Kami melakukan penyisiran dengan berjalan kaki didasar sungai, sebelumnya sudah dilakukan pencarian sejak Jum’at (22/5) siang, namun yang ditemukan hanya jasad korban Hani (4 th) adik dari korban tenggelam yang baru ditemukan,” terangnya.

Sekedar diketahui, kejadian tenggelamnya dua bocah kakak beradik ini terjadi pada Jum’at (22/5) siang sekitar pukul 11.00 Wib ketika hendak mandi di sungai. Namun, kedua bocah tersebut tak kunjung kembali dan warga hanya menemukan pakaian korban yang tergeletak dipinggir sungai. (adi/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/25/bocah-tewas-tenggelam-di-sungai-rabesan-kedungdung-sampang-akhirnya-ditemukan/feed/ 0 38438
Ada Tambahan Positif Covid-19 Asal Socah, Total di Bangkalan 30 Orang https://regamedianews.com/2020/05/24/ada-tambahan-positif-covid-19-asal-socah-total-di-bangkalan-30-orang/ https://regamedianews.com/2020/05/24/ada-tambahan-positif-covid-19-asal-socah-total-di-bangkalan-30-orang/#respond Sun, 24 May 2020 14:58:22 +0000 https://regamedianews.com/?p=38428 Ada Tambahan Positif Covid-19 Asal Socah, Total di Bangkalan 30 Orang Bangkalan, (regamedianews.com) – Jumlah pasien positif Corona di Kabupaten Bangkalan terus bertambah menjadi 30 kasus […]]]> Ada Tambahan Positif Covid-19 Asal Socah, Total di Bangkalan 30 Orang

Bangkalan, (regamedianews.com) – Jumlah pasien positif Corona di Kabupaten Bangkalan terus bertambah menjadi 30 kasus setelah terdapat satu tambahan pasien covid-19 asal Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Bangkalan.

Humas Gugus Tugas Covid-19 Bangkalan, Agus Zein menyampaikan, pasien positif covid-19 berinisial N (26) warga asal Jaddih Utara, Kecamatan Socah.

“Sejak tanggal (18/4) pasien N mengeluh sakit batuk, panas dan sesak nafas kemudian periksa ke Bidan,” ujarnya. Sabtu (23/5/20).

Pada tanggal (28/4) kemarin, Lanjut Agus, karena masih merasa sakit kemudian pasien pergi ke dokter dengan keluhan yang sama yaitu batuk, pilek dan sesak nafas.

“Kemudian oleh dokter pasien disarankan rapid test ke RSUD Syamrabu. Karena hasilnya reaktif maka langsung dilakukan pemeriksaan Swab/PCR,” tuturnya.

Agus menambahkan, pada tanggal (3/5) keluar hasil swab PCR 1 Negatif. Dan tanggal (17/5) keluar hasil swab PCR ke 2 Negatif.

“Akan tetapi pasien karena masih mengeluh sakit, tanggal (8/5) diambil swab ke 3. Sebelum hasil swab/PCR keluar pada tanggal (15/5) pasien N keluar dari rumah sakit dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Dan hari ini (23/5) hasil Swab/PCR ke 3 keluar Positif,” pungkasnya. (sfn/sms)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/ada-tambahan-positif-covid-19-asal-socah-total-di-bangkalan-30-orang/feed/ 0 38428
Takbir Berkumandang di Masjid Aceh Selatan, Sholat Idul Fitri Ditengah Pandemi Covid-19 https://regamedianews.com/2020/05/24/takbir-berkumandang-di-masjid-aceh-selatan-sholat-idul-fitri-ditengah-pandemi-covid-19/ https://regamedianews.com/2020/05/24/takbir-berkumandang-di-masjid-aceh-selatan-sholat-idul-fitri-ditengah-pandemi-covid-19/#respond Sun, 24 May 2020 14:47:17 +0000 https://regamedianews.com/?p=38424 Takbir Berkumandang di Masjid Aceh Selatan, Sholat Idul Fitri Ditengah Pandemi Covid-19 Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Seluruh masjid di Aceh Selatan melaksanakan Sholat Hari Raya Idul Fitri […]]]> Takbir Berkumandang di Masjid Aceh Selatan, Sholat Idul Fitri Ditengah Pandemi Covid-19

Aceh Selatan, (regamedianews.com) – Seluruh masjid di Aceh Selatan melaksanakan Sholat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minggu (24/05/2020). Ribuan Ummat Islam berbondong-bondong mendatangi masjid di daerahnya masing masing.

Pelaksanaan Sunat Shalat Ied Idul Fitri 1441 Hijriyah yang dipusatkan di Masjid Agung Istiqomah Kota Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan dan dalam pelaksanaan sholat id Idul Fitri 1441 H, terlihat hadir unsur Forkopimda, dan ratusan umat muslim/muslimah yang datang dari luar Kota Tapaktuan.

Ratusan umat Islam sekira pukul 07:00 sudah berduyun-duyun ke Masjid Agung Istiqomah Kota Tapaktuan itu, untuk melakukan shalat Ied bersama para ulama dan sejumlah pejabat Kabupaten Aceh Selatan dan unsur Forkopimda. 

Selain di Kota Tapaktuan Sholat Ied Idul Fitri 1441 H/2020 M, juga terdengar kumandang Takbir, Tahmid di di seluruh Masjid yang ada di pelosok Kabupaten Aceh Selatan.

“Kalimat takbir dan tahmid dikumandangkan yang menandakan 1 Syawal sudah tiba sebagai hari kemenangan bagi umat Islam mudah-mudahan mampu menyinari qalbu dan pikiran kita,” kata Kabag Humas Setdakab Aceh Selatan, Ramli Tanjung saat dikonfirmasi regamedianews.com, Minggu (24/05).

Menyambut hari kemenangan (Idul Fitri) umat Islam bangkit menggemakan takbir dan tahmid sekaligus dipanggil sholat id berjamaah baik di masjid-masjid maupun di tanah lapang.

“Semuanya membentuk shaf yang teratur rapi sebagai simbol persatuan dan kesatuan ummat untuk menyongsong masa depannya lebih baik lagi,” ujarnya.

“Kalimat takbir dan tahmid dikumandang diharapkan mampu menyinari qalbu dan pikiran kita sehingga bagaimanapu sulitnya kehidupan dihadapi namun makna kalimat itu dapat memberi spirit untuk melakukan yang terbaik,” katanya.

Sementara Sekda Aceh Selatan, H.Nasjuddin mengajak warganya tingkatkan empati terhadap sesama di tengah pandemi Covid-19 ini, walaupun di daerah kita ini masih dianggap zona hijau tetapi hendaknya seluruh elemen masyarakat Aceh Selatan perlu mewaspadai virus corona yang mematikan tersebut dan katanya tetap ikuti protap kesehatan demi keselamatan bersama agar terhindar dari virus covid 19 itu.

Menyinggung tentang suasana yang sedang melanda dunia sekarang ini, Sekda Aceh Selatan H.Nasjuddin mengajak masyarakat meningkatkan empati terhadap sesama di tengah pandemic Covid–19. 

“Pandemi Covid-19 merupakan cobaan dan ujian untuk menuju golongan yang dipuji, apabila kita mampu meningkatkan kepedulian dan empati terhadap mereka yang terdampak Covid-19,” katanya. (Asmar Endi)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/takbir-berkumandang-di-masjid-aceh-selatan-sholat-idul-fitri-ditengah-pandemi-covid-19/feed/ 0 38424
Nasib Nahas, Saat Rayakan Lebaran Warga Desa Bulango Raya Dibacok https://regamedianews.com/2020/05/24/nasih-nahas-saat-rayakan-lebaran-warga-desa-bulango-raya-dibacok-otk/ https://regamedianews.com/2020/05/24/nasih-nahas-saat-rayakan-lebaran-warga-desa-bulango-raya-dibacok-otk/#respond Sun, 24 May 2020 13:22:06 +0000 https://regamedianews.com/?p=38410 Nasib Nahas, Saat Rayakan Lebaran Warga Desa Bulango Raya Dibacok Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Di hari Raya Idul Fitri waktunya kita saling bermaaf-maafan, namun kejadian […]]]> Nasib Nahas, Saat Rayakan Lebaran Warga Desa Bulango Raya Dibacok

Gorontalo Utara, (regamedianews.com) – Di hari Raya Idul Fitri waktunya kita saling bermaaf-maafan, namun kejadian nahas di alami oleh (ii) warga Desa Bulango Raya, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Dalam kejadian nahas tersebut, Pemuda berinisial ii (30 th), mengalami luka potong/bacok di bagian hidung dan belakang, korban saat ini langsung dilarikan warga sekitar ke Rumah Sakit (RS) terdekat. Minggu (24/5/2020).

Kepala Desa Bulango Raya Kisman Ahmad Noe menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekirar 15.30 Wita. Pelakunya diketahui berinisial (E) tinggal di Desa Dambalo.

“Kronologis kejadiannya belum diketahui. Tapi korban sudah di larikan di Rumah Sakit terdekat,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Gorontalo Utara, AKP Syang Kalibato saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Benar kejadian tersebut, saat ini saya berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP), untuk kronologis kejadian belum diketahui, masih sementara proses penyelidikan, namun untuk barang bukti sudah ada ditangan kita,” jelas Syang Kalibato. (SN)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/nasih-nahas-saat-rayakan-lebaran-warga-desa-bulango-raya-dibacok-otk/feed/ 0 38410
Owner Travel Madura; Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir & Batin https://regamedianews.com/2020/05/24/owner-travel-madura-selamat-hari-raya-idul-fitri-mohon-maaf-lahir-dan-batin/ https://regamedianews.com/2020/05/24/owner-travel-madura-selamat-hari-raya-idul-fitri-mohon-maaf-lahir-dan-batin/#respond Sun, 24 May 2020 10:25:52 +0000 https://regamedianews.com/?p=38406 Owner Travel Madura; Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir & Batin Sampang, (regamedianews.com) – Idul Fitri merupakan perayaan hari kemenangan yang dirayakan melalui jalinan silaturahmi dan […]]]> Owner Travel Madura; Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir & Batin

Sampang, (regamedianews.com) – Idul Fitri merupakan perayaan hari kemenangan yang dirayakan melalui jalinan silaturahmi dan seiring perkembangan zaman dengan ucapan saling maaf-maafan.

Seperti yang dilakukan owner PT.Madura Wisata Raya (Travel Madura) Mohammad Fauzan, biro perjalanan wisata yang melayani tour domestik dan internasional itu mengungkapkan mohon maaf lahir dan batin kepada para nitizen.

“Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin ya,” ujarnya, Minggu (24/5/20).

Menurut Fauzan, manusia tidak ada yang sempurna karena pada hakikatnya adalah memiliki sifat keliru dan pelupa, oleh sebab itu mustahil jika tidak punya kekeliruan, apalagi setiap hari pasti selalu berinteraksi.

“Lupa dan keliru adalah sifat manusia, apalagi kita sering berinteraksi dengan yang lain, jadi pasti ada salah entah disengaja atau tidak,” tutupnya.(mud/dhr)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/owner-travel-madura-selamat-hari-raya-idul-fitri-mohon-maaf-lahir-dan-batin/feed/ 0 38406
Ter-Ater, Tradisi Madura Yang Tetap Lestari Tak Tergerus Perkembangan Zaman https://regamedianews.com/2020/05/24/ter-ater-tradisi-madura-yang-tetap-lestari-tak-tergerus-perkembangan-zaman/ https://regamedianews.com/2020/05/24/ter-ater-tradisi-madura-yang-tetap-lestari-tak-tergerus-perkembangan-zaman/#respond Sun, 24 May 2020 10:04:56 +0000 https://regamedianews.com/?p=38403 Ter-Ater, Tradisi Madura Yang Tetap Lestari Tak Tergerus Perkembangan Zaman Bangkalan, (regamedianews.com) – Idul Fitri tahun ini memang banyak dirasakan berbeda disetiap daerah terutama ditengah […]]]> Ter-Ater, Tradisi Madura Yang Tetap Lestari Tak Tergerus Perkembangan Zaman

Bangkalan, (regamedianews.com) – Idul Fitri tahun ini memang banyak dirasakan berbeda disetiap daerah terutama ditengah Pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak sanak famili tidak bisa berkumpul karena pemerintah memberlakukan larangan mudik.

Namun meski demikian, masih ada warga yang nekat mudik demi melepas rindu setelah bertahun tahun mengadu nasib keluar kota dengan melakukan berbagai cara untuk mengelabui petugas yang berada dititik check point.

Bagi sebagian masyarakat mudik adalah cara melepas rindu yang hanya dilakukan sekali dalam setahun yakni hanya di suasana idul fitri, tradisi silaturahmi yang telah terpupuk selama turun temurun itulah yang sering membuat tekad bulat untuk dilakukan meski ditengah ujian pandemi yang tak kunjung usai.

Ada tradisi didalam lebaran yang tak pernah usang seiring zaman, terutama didaerah Madura yang Sampai saat ini masih terus bertahan yakni ‘ter-ater’ (Madura red).

Ter-ater atau dalam bahasa Indonesia mengantar adalah tradisi saling mengantar masakan ke setiap tetangga, masakan tersebut diantar keseluruh tetangga setiap apa yang dimasak saat Idul Fitri.

Hal tersebut seperti yang terlihat didesa Lomaer Kecamatan Blega Bangkalan, tradisi tersebut masih menjadi ciri khas kental mewarnai lebaran.

Seperti yang dituturkan warga Marmi (50), menurut ibu tersebut tradisi tersebut merupakan warisan leluhur yang terus dilakukan.

“Sudah dari dulu, warisan leluhur yang terus kita lakukan,” ujarnya.

Marmi menambahkan, bahwa dalam tradisi ter-ater itu ada banyak manfaat yang bisa dipetik, diantaranya menambah keakraban dengan para tetaangga, sehingga terwujud jalinan silaturahmi yang kuat.

“Ada hal yang tersirat didalamnya, yakni melahirkan silaturahmi yang kuat antar warga,” imbuhnya.

Meski disebagian wilayah hal tersebut sudah mulai tergerus, namun disebagian daerah di Madura masih tetap lestari.(red)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/ter-ater-tradisi-madura-yang-tetap-lestari-tak-tergerus-perkembangan-zaman/feed/ 0 38403
Sabar Atasi Polemik Pandemi Covid-19, RT/RW Cibabat Dapat Apresiasi DPRD Cimahi https://regamedianews.com/2020/05/24/sabar-atasi-polemik-pandemi-covid-19-rt-rw-cibabat-dapat-apresiasi-dprd-cimahi/ https://regamedianews.com/2020/05/24/sabar-atasi-polemik-pandemi-covid-19-rt-rw-cibabat-dapat-apresiasi-dprd-cimahi/#respond Sun, 24 May 2020 00:23:48 +0000 https://regamedianews.com/?p=38398 Sabar Atasi Polemik Pandemi Covid-19, RT/RW Cibabat Dapat Apresiasi DPRD Cimahi Cimahi, (regamedianews.com) – Sejak mulai merebaknya wabah asal Wuhan China melanda bangsa Ini, seluruh unsur […]]]> Sabar Atasi Polemik Pandemi Covid-19, RT/RW Cibabat Dapat Apresiasi DPRD Cimahi

Cimahi, (regamedianews.com) – Sejak mulai merebaknya wabah asal Wuhan China melanda bangsa Ini, seluruh unsur pemerintahan pusat sampai daerah masih terus berjibaku mencegah penyebarannya.

Walau harus melewatkan waktu dengan keluarga dalam menyambut hari besar Idul Fitri 1441 H, Forum RW serta perangkat kelurahan Cibabat tetap melaksanakan tugasnya untuk masyarakat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Asep Rukmansyah menilai, kinerja RT, RW selama ini sungguh sangat luar biasa. Sebagai aparatur yang selalu menghadapi masyarakat secara langsung, harus diapresiasi.

“Saya salut atas kinerja mereka, sebagai tenaga sukarelawan yang bekerja untuk pemerintah, mereka tak kenal lelah menghadapi polemik pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya, usai pertemuan Forum RW Kelurahan Cibabat, pada Sabtu malam (23/05/20).

Meski harus mendapatkan cacian, dari masyarakat yang terdampak akibat tidak mendapatkan bantuan, mereka tetap bertahan.

“Saya merasa terharu, apa yang sudah mereka lakukan. Saya tahu mereka bekerja sudah pada porsinya. Adapun kalau ada bantuan yang salah sasaran, bukan salah RT, RW,” tegasnya.

Ia berharap, pertemuan forum RW dipenghujung bulan Ramadhan tahun ini, bisa menjadi hikmah tersendiri bagi perangkat baik RT dan RW yang ada dilingkungan Kelurahan Cibabat khususnya, umumnya yang ada di Kota Cimahi.

Pertemuan silahturahmi tersebut, juga turut dihadiri Lurah, Sekretaris Lurah, dan Kasie Kelurahan Cibabat. (agil)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/sabar-atasi-polemik-pandemi-covid-19-rt-rw-cibabat-dapat-apresiasi-dprd-cimahi/feed/ 0 38398
Pedagang Pasar Di Bangkalan Positif Corona https://regamedianews.com/2020/05/24/pedagang-pasar-di-bangkalan-positif-corona/ https://regamedianews.com/2020/05/24/pedagang-pasar-di-bangkalan-positif-corona/#respond Sat, 23 May 2020 23:57:33 +0000 https://regamedianews.com/?p=38395 Pedagang Pasar Di Bangkalan Positif Corona Bangkalan, (regamedianews.com) – Jumlah pasien positif corona di Kabupaten Bangkalan terus mengalami kenaikan. Update terbaru […]]]> Pedagang Pasar Di Bangkalan Positif Corona

Bangkalan, (regamedianews.com) – Jumlah pasien positif corona di Kabupaten Bangkalan terus mengalami kenaikan. Update terbaru peta sebaran Covid-19 per tanggal 29 Mei 2020 Kabupaten Bangkalan jumlah kasus positif corona di Bangkalan menjadi 29 orang.

Kasus positif corona terbaru claster pasar inisial Ny. NBR (54) warga Socah yang berstatus sebagai pedagang pasar yang sering kulaan ke Pasar Keputran Surabaya.

Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan Agus Zein menyampaikan, pasien inisial NBR merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang berasal dari Socah.

“Ny. NBR (54) seorang pedagang pasar yang sering kulaan ke Pasar Keputran Surabaya,” kata Agus Zein, Sabtu, (23/5/20).

Dijelaskan Agus, Pada tanggal (10/5) pasien masuk RS Syamrabu Bangkalan dengan hasil rapid tes reaktif. Kemudian tanggal (22/5) hasil laboratorium menyatakan Ny. NBR positif covid-19.

“Sebelumnya tanggal (12/5) petugas sudah mendatangi rumah Ny. NBR untuk melakukan rapid tes dan isolasi mandiri 14 hari terhadap keluarganya. Pada tanggal (13/5) tiga orang keluarga juga melakukan rapid tes di PKM Jaddih dengan hasil non reaktif,” pungkasnya. (sfn/sms)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/pedagang-pasar-di-bangkalan-positif-corona/feed/ 0 38395
Menelusuri Nasib Pekerja/Buruh (Catatan Anak Pesisir) https://regamedianews.com/2020/05/24/menelusuri-nasib-pekerja-buruh-catatan-anak-pesisir/ https://regamedianews.com/2020/05/24/menelusuri-nasib-pekerja-buruh-catatan-anak-pesisir/#respond Sat, 23 May 2020 18:01:21 +0000 https://regamedianews.com/?p=38389 Menelusuri Nasib Pekerja/Buruh (Catatan Anak Pesisir) Oleh: Tutun Suaib, SH (Ketua YLBHI Gorontalo Cabang Gorut) Gorontalo Ditengah virus Corona (Covid-19), sangat […]]]> Menelusuri Nasib Pekerja/Buruh (Catatan Anak Pesisir)

Oleh: Tutun Suaib, SH (Ketua YLBHI Gorontalo Cabang Gorut)
Gorontalo

Ditengah virus Corona (Covid-19), sangat terasa dan berakibat kelumpuhan terhadap perekonomian masyarakat, serta memicu konflik sampai memuncak khusus ketenagakerjaan.

PHK di PLTU sangat banyak, peran pemerintah sebagai pengambil kebijakan harus bertanggung jawab atas nasib rakyat ditengah virus Corona yang seakan-akan diam seribu bahasa, terutama terhadap korban PHK di PLTU yang terdampak virus Corona.

Sungguh miris, pekerja/buruh menjadi korban PHK PLTU, padahal mereka telah menunaikan kewajiban sebagai pekerja/buruh demi mendapatkan sesuap nasi. Tapi bukan untuk kepentingan diri sendiri melainkan untuk menghidupi anak, istri bahkan keluarga.

Mengapa para pemenangku kepentingan susah memahaminya? Kenapa hanya diam? Bukanya pekerja/buruh memiliki hati nurani? Banyak kasus terkait pekerja/buruh dijadikan pesuruh atau budak. Seharusnya mereka disetarakan sebagai karyawan tetap, karena mereka manusia bukan hewan. Bahkan gaji tak pantas diterima, kadang anggota tubuh ataupun nyawa melayang demi mendapatkan pundi-pundi rupiah dan sesuap nasi.

Wahai para pemangku kepentingan, perjuangkan hak mereka, karena mereka telah menuntaskan kewajiban sebagai pekerja/buruh. Oleh karenanya berbagai persoalan dihadapkan kepada pekerja/buruh selain gaji tak masuk akal, mereka sering mengalami diskriminasi, tidak memiliki jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek), tidak memiliki pasangon, sistem yang diterapkan sistem Outsourcing, PHK sering terjadi tanpa alasan jelas, bahkan tidak memiliki libur, baik libur setiap minggu, libur nasional, maupun libur hari-hari besar.

Betapa mirisnya yang dihadapi dan dirasakan pekerja/buruh PLTU. Padahal Indonesia Negeri kaya, baik kaya Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), tapi masih ada sisa-sisa kolonialisme yang suka menerapkan sistem perbudakan.

Apakah mereka senang melihat para pekerja/buruh mati kelaparan? Mengapa hal ini terjadi? Bukannya Indonesia menyatakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945? (*)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/24/menelusuri-nasib-pekerja-buruh-catatan-anak-pesisir/feed/ 0 38389
Perguruan Pencak Silat Surban Putih Santuni Anak Yatim https://regamedianews.com/2020/05/23/perguruan-pencak-silat-surban-putih-santuni-anak-yatim/ https://regamedianews.com/2020/05/23/perguruan-pencak-silat-surban-putih-santuni-anak-yatim/#respond Sat, 23 May 2020 10:58:45 +0000 https://regamedianews.com/?p=38384 Perguruan Pencak Silat Surban Putih Santuni Anak Yatim Sampang, (regamedianews.com) – Tidak lepas dari physical distancing pembagian sembako terhadap beberapa anak yatim tetap […]]]> Perguruan Pencak Silat Surban Putih Santuni Anak Yatim

Sampang, (regamedianews.com) – Tidak lepas dari physical distancing pembagian sembako terhadap beberapa anak yatim tetap dilakukan oleh Perguruan Pencak Silat Surban Putih dimas pandemi Covid-19, Sabtu (23/5/20).

Kegiatan pembagian sembako tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya, dipertengahan maupun akhir ramadhan di padepokan pencak silat Surban Putih, Jl. Selong Permai, Kecamatan/Kabupaten Sampang.

Ketua Umum Pencak Silat Surban Putih Ahmad Juma’adi menyampaikan, kegiatan berbagi sembako ini rutin dilakukan setiap tahunnya saat bulan ramadhan, dengan tujuan sebagai wujud rasa syukur keluarga besar pencak silat Surban Putih.

“Namun ada yang berbeda dalam berbagi sembako kepada anak yatim kali ini, acaranya dikemas secara physical distancing karena untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar pri yang akrab disapa Cak Jum.

Selain wujud rasa syukur, lanjut Cak Jum, bertujuan untuk memberikan pelajaran kepada murid Surban Putih tentang ilmu ikhlas dalam berbagi. Karena, dalam berbagi tidak harus menunggu punya rezeki yang lebih.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan berbagi sembako ini dapat bermanfaat. Mengingat saat ini perekonomian masyarakat banyak terpuruk dampak pandemi Covid-19 dan semoga dengan adanya kegiatan berbagi seperti ini dapat meraih keberkahan selama bulan ramadhan,” pungkasnya. (dhr/har)

]]>
https://regamedianews.com/2020/05/23/perguruan-pencak-silat-surban-putih-santuni-anak-yatim/feed/ 0 38384