Daerah  

Komando HAM DPD Sampang, Hidupkan Aspirasi Masyarakat

Caption: sejumlah pengurus Komando HAM DPD Kabupaten Sampang bersama Bakesbangpol Kabupaten Sampang.

Sampang || Rega Media News

Meski digelar secara sederhana, kegiatan silaturahmi antara pengurus Komando HAM Kabupaten Sampang bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) setempat berjalan lancar, Kamis (25/03/22).

Kegiatan yang dihadiri langsung Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga Bakesbangpol Sampang beserta stafnya tersebut, selain silaturahmi juga dalam rangka verifikasi administrasi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bakesbangpol serta jajarannya, karena sudah bersilaturahmi dalam rangka pembinaan,” ujar Lihon Ketua Komando HAM Sampang, di kantor sekretariatnya, Jl. Mutiara, Sampang.

Menurut Lihon, hal itu guna meningkatkan jalinan komunikasi, tugas dan fungsi kinerja, serta pemberdayaan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi dan pengelolaan keuangan di lembaganya.

“Kami berharap kedepannya, Komando HAM akan tetap bersinergi bersama pemerintah, khususnya Pemkab Sampang untuk mewujudkan Sampang Hebat Bermartabat,” terangnya

Sehingga, imbuh Lihon, Sampang Hebat Bermartabat tidak hanya selogan. Selain itu, berharap Bakesbangpol sebagai pembina bisa membimbing, hingga bisa maju dan berkembang kedepannya.

“Tak hanya itu, Komando HAM Sampang juga bisa menerima pengaduan dari masyarakat, pengaduan informasi tindak pidana KKN, serta menerima konsultasi hukum dan pendampingan litigasi dan non litigasi,” tandasnya.

Lihon menambahkan, saat ini pihaknya tengah mulai koordinasi dan membentuk pengurus di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang. Hal itu, agar lebih mudah menampung aspirasi masyarakat.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga Bakesbangpol Sampang Abd Rahem, dalam arahannya menyampaikan, agar Komando HAM selalu koordinasi dengan pihaknya.

“Kami apresiasi atas terbentuknya Komando HAM DPD Sampang, karena setiap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun Organisasi Masyarakat (Ormas) adalah mitra pemerintah,” tuturnya.

Oleh karena itu, tugas pokok dari lembaga ataupun ormas tersebut melakukan kontrol setiap program-program pemerintah. Akan tetapi, juga bersinergi dan mendukung program pemerintah.

“Karena tanpa LSM atau Ormas yang berperan aktif, tidak mungkin pembangunan dapat berjalan dengan baik, peran aktif itu tentu harus dipahami dalam bentuk dukungan,” ucapnya.