Daerah  

Jurnalis Berperan Dalam Proses Perubahan Sosial

Caption: saat berlangsungnya Pelatihan Jurnalistik Pengelola Website Pemerintah, (dok. regamedianews).

Aceh Selatan,- Jurnalistik memiliki peran penting dalam proses perubahan sosial yang berlangsung ditengah masyarakat. Maka, pelatihan jurnalistik sangat diperlukan.

Hal itu disampaikan Halimuddin Asisten III Setdakab Aceh Selatan, saat membuka Pelatihan Jurnalistik Pengelola Website Pemerintah yang digelar Diskominfosan, di aula Dian Rana Hotel, Selasa (13/06/2023).

Menurutnya, menuntut ilmu jurnalistik, dapat berperan sebagai penyampai informasi yang konstruktif dan berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas.

“Jadi, tidak hanya melalui media mainstream, layaknya media cetak dan televisi. Namun, juga melalui website sebagai media baru,” ujar Halimuddin.

Ia menjelaskan, kegiatan jurnalistik melalui media apapun, diatur dalam kode etik jurnalistik, agar dalam penerapannya dapat berjalan secara profesional dan akurat.

“Kecepatan, ketepatan, serta berimbang dalam penyampaian informasi sangatlah penting, agar hal-hal yang disampaikan keranah publik tidak menjadi informasi hoax,” imbuhnya.

Dengan demikian, kata Halimuddin, peran dalam mengelola informasi seputar pelaksanaan program dan kegiatan pemerintah, serta capaian pembangunan di daerah akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentunya, dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembangunan kedepan. Karena, media yang bermunculan, memberikan pilihan luas bagi setiap individu, dalam menyebarluaskan informasi,” tandasnya.

Kendati demikian, selain media cetak dan elektronik, saat ini website telah menunjukan eksistensinya, dalam diseminasi informasi, tidak terkecuali dilingkungan pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Kami berharap, pelatihan ini dapat memberikan pencerahan dan pengetahuan baru, bagi para ASN dalam menyebarluaskan berbagai informasi pembangunan daerah kepada masyarakat,” pungkasnya.