Hari Pertama Puasa Ramadhan, Wilayah Madura Dilanda Hujan

Caption: tampak sejumlah pengendara sepeda motor menerobos genangan banjir di jalan raya Jrengik Sampang Madura, (dok. regamedianews).

Madura,- Hari pertama puasa ramadhaan 1445 hijriyah, empat kabupaten di wilayah Madura dilanda hujan, sejak Selasa (12/03/2024) pagi dini hari.

Hujan dengan intensitas sedang tersebut, terjadi di wilayah Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Informasi yang dihimpun regamedianews, hujan terjadi saat umat muslim usai melaksanakan sahur, sekira pukul 03:30 wib.

“Laporan yang kami terima, hujan merata terjadi di wilayah Madura,” ujar Hariyanto koordinator liputan Rega Jawa Timur, Selasa (12/03) siang.

Ia mengungkapkan, cuaca hujan berintensitas sedang hingga lebat, dengan kurun waktu sekitar 10 jam.

“Akibatnya, sejumlah jalan nasional jalur arah Surabaya, tepatnnya di jalan raya Jrengik Sampang, sudah mulai tergenang banjir,” terangnya.

Hariyanto menambahkan, dari informasi yang dikeluarkan BMKG Juanda, selain di Madura, hujan juga melanda wilayah Surabaya dan Gresik.

“Hingga saat ini pukul 13:00 wib, laporan dari rekan-rekan reporter Rega Bangkalan, Sampang dan Pamekasan, hujan masih berlangsung,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Madura, sudah mengeluarkan himbauan, agar masyarakat waspada banjir.

Salah satunya, himbauan dari BPBD Sampang, hal tersebut berdasarkan pantauan petugas terhadap debit air dan arus sungai kali kamoning yang mulai tinggi.

“Dihimbau kepada warga Sampang, khususnya di kawasan Sampang kota, agar waspada banjir,” ujar Mohammad Hozin Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD setempat.

Disisi lain, informasi yang diterima regamedianews, sungai di beberapa kecamatan sudah mulai meluap dan menggenangi pemukiman warga.