Daerah  

Kepala Desa di Bangkalan Tandatangani Fakta Integritas Anti Korupsi

Caption: Sekretaris Asosiasi Kepala Desa Bangkalan, Jayus Salam, saat diwawancara awak media, (dok. regamedianews).

Bangkalan,- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kegiatan Roadshow di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (31/05/2024).

Kegiatan anti rasuah di kota dzikir dan sholawat itu, disambut hangat oleh seluruh kepala desa se-Kabupaten Bangkalan.

“Kami mewakili pemerintah tingkat desa sangat berterima kasih pada KPK,” ujar Jayus usai hadiri roadshow Bus KPK di Pendopo Agung.

Hal itu, kata Jayus, karena sudah mengedukasi dan melaksanakan sosialisasi pencegahan korupsi.

Menurut Jayus, pemerintahan tingkat desa mengakui miskin terkait pengetahuan hukum. Sehingga, melalui program Roadshow Bus KPK menjadikan kades bisa mengetahui aturan-aturan yang tidak boleh melanggar hukum.

Untuk itu, mewakili seluruh Kades se-Kabupaten Bangkalan, menyampaikan terima kasih kepada KPK, yang sudah melakukan deteksi dini dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

“Yakni melakukan sosialisasi pendidikan dan pencegahan korupsi, sehingga kami tidak langsung ditindak namun di warning dulu dengan diberikan pendidikan,” tandasnya.

Jayus menambahkan, Kades sudah melakukan penandatanganan fakta integritas, berkomitmen untuk tidak korupsi.

“Selain itu, meminta KPK agar program Hajar masalah Money Politik jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) diterapkan,” tuturnya.

Hajar Money Politik ini menurutnya, masih menjadi tanggungjawab bersama. Karena money politik masih marak terjadi pada masyarakat, sehingga kebiasaan serangan fajar ini menjadi masalah yang harus diselesaikan.

“Mudah-mudahan money politik pada Pilkada maupun Pilgub nanti, KPK memberlakukan penindakan, sehingga dengan adanya penindakan bisa mengurangi cost politik dalam Pilkada,” jelasnya.

Perlu diketahui, kampanye gerakan anti korupsi melalui program roadshow Bus KPK akhirnya resmi dimulai, setelah dibuka langsung PJ Bupati Bangkalan Arief M Edie, Kamis (30/05) di Pendopo Agung setempat.

Pembukaan Roadshow Bus KPK dihadiri Forkopimda, Perangkat Daerah, tokoh masyarakat dan agama, Asosiasi Kades dan komunitas di Bangkalan, ditandai dengan pemukulan gamelan oleh Pj Bupati bersama Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti Korupsi KPK Amir Arief.

Dalam pembukaan kegiatan gerakan anti korupsi oleh KPK tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan Fakta Integritas oleh seluruh AKD dari 18 Kecamatan di Kabupaten Bangkalan.

Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah daerah serta segenap masyarakat Bangkalan sangat mendukung, dan mengapresiasi kegiatan Roadshow Bus KPK.

“Kami bersyukur, sekaligus berterima kasih kepada KPK yang telah menjadikan Kabupaten Bangkalan sebagai salah satu wilayah tujuan Program Roadshow KPK pada tahun ini,” pungkasnya.