Daerah  

BPJS Ketenagakerjaan Madura Serahkan Kartu Kepesertaan Kepada Guru Ngaji

Caption: pose bersama, usai penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada sejumlah guru ngaji di Bangkalan.

Bangkalan,- BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura secara simbolis penyerahan kartu kepesertaan kepada guru ngaji, di Kabupaten Bangkalan Jawa Timur.

Penyerahan tersebut, dilakukan saat acara Musyarawah Kerja I MWC NU Mancengan & Pelantikan Pengurus Ranting NU dan Banom NU, di Pondok Pesantren Ar-Rowiyah Mancengan Modung Bangkalan, Kamis (22/08/24) lalu.

Sebanyak 4.520 guru ggaji di Kabupaten Bangkalan, kini terlindungi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini selama 1 tahun penuh. Seluruh Guru Ngaji tersebut didaftarkan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan program Jaminan Kematian (JKM).

Pada kesempatan yang sama BPJamsostek Madura melakukan sosialisasi terkait program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk segmentasi Bukan Penerima Upah (BPU) yang disampaikan langsung oleh bidang kepesertaan.

Kepala BPJamsostek Madura, Indriyatno, mengatakan dengan iuran yang sangat terjangkau, program ini memberikan manfaat perlindungan paripurna bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja.

“Peserta dapat menikmati manfaat perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga pemulihan total bagi yang mengalami kecelakaan kerja,” kata Indriyatno.

Selama masa pemulihan, peserta yang tidak dapat bekerja sementara waktu, akan menerima santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB).

“Santunan STMB ini diberikan sebesar 100% upah selama 12 bulan pertama, dan 50% untuk bulan selanjutnya hingga sembuh,” jelas Indriyatno.

Indriyatno menambahkan, peserta yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, maka ahli waris berhak atas santunan JKK sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan. Sedangkan jika meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka santunan yang akan diterima adalah sebesar Rp 42 juta.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PC NU Bangkalan KH.Makki Nasir beserta para pengurus NU dan ekosistemnya mulai dari pengurus cabang sampai ranting.

Kepala BPJamsostek Madura Indriyatno didampingi oleh Ketua PC NU Bangkalan KH.Makki Nasir menyerahkan simbolis kartu kepesertaan kepada perwakilan 5 Guru Ngaji di akhir acara.

“Terima kasih kepada Ketua PC NU Bangkalan kiai Makki Nasir, semoga kegiatan ini sekaligus silaturahmi kami ini berkelanjutan kedepannya serta kepada seluruh ekosistem dibawah PC NU Bangkalan, baik dari pengurus cabang sampai dengan ranting semuanya bisa tercover Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” pungkas Indriyatno.