Daerah  

D-PMD Sampang Tepis Kabar Akan Koordinir Pengadaan Kelengkapan Covid-19 Bersumber Dari DD

Kabid Bina Pemerintahan Desa D-PMD Kab. Sampang (Suhanto).

Sampang, (regamedianews.com) – Dalam rangka sigap terhadap pandemi Covid-19 maka pemerintah memperbolehkan memakai Dana Desa (DD) tahun 2020, untuk membantu pencegahan dan penanganan wabah tersebut.

Sebelumnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa Suhanto mengatakan, penggunaan dana tersebut karena sudah dalam keadaan darurat (emergency).

“Ini sudah dalam keadaan emergency, penggunaannya dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” ujarnya Suhanto beberapa waktu lalu.

Sementara saat disinggung tentang adanya isu yang mengatakan bahwa semua pengadaan akan di koordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (D-PMD), Suhanto menjelaskan hal itu tidak benar.

Menurutnya, penganggaran sepenuhnya adalah desa, sedangkan DPMD hanya memfasilitasi saja.

“Itu hak sepenuhnya oleh desa, mulai dari pengadaan pelaksanaan itu dilakukan oleh desa, kita hanya memfasilitasi,” tuturnya, Jumat (27/3/20) kepada regamedianedianews.com.

Sedangkan yang dimaksud memfasilitasi, Suhanto menjelaskan, DPMD serius dalam mengawal dan memerintahkan Kepala Desa untuk merubah APBDes, sebelumnya tidak ada anggaran untuk penanganan Corona sekarang ini harus dilakukan.

“Kalau itu tidak dilakukan oleh kita maka seluruh pengajuan itu ditolak,” imbuhnya.

Suhanto menambahkan, seluruh yang menjadi perioritas Pemerintah harus muncul di APBDes diantaranya desa harus mengadakan sosialisasi, agar masyarakat tau bahaya Corona sekaligus dengan antsipasi penularannya.

Kemudian membentuk relawan yang terdiri dari perangkat desa, BPD, untuk membantu mendata Covid-19.

Disinggung masalah belum cairnya dana yang dikeluhkan belum cair, pria yang akrab dipanggil Hanto itu berharap agar kepala desa bersabar dan bisa menyesuaikan.

“Ini sesuatu yang tidak diduga, sebenarnya Maret sudah pengajuan semua, tetapi karena ada perintah mendadak dari pusat, sehingga mau tidak mau harus bersabar dan menyesuaikan,” tutupnya.(fan/adi/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *