Daerah  

Jelang Lebaran, Dinkes Bangkalan Temukan Produk Kadaluarsa 

Caption: Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Sudiyo (tengah) saat sidak ke salah satu swalayan.

Bangkalan || Rega Media News

Menjelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan melakukan sidak, di tempat penjualan bahan makanan di wilayah kota Bangkalan.

Sidak tersebut dilakukan dengan tim gabungan diantaranya Dinkes, Polres, Satpol PP dan Dinas Perdagangan, hal ini bertujuan untuk memastikan bahan makanan yang di konsumsi masyarakat aman dan layak.

“Sidak ini dilakukan untuk memastikan jelang hari raya Idul Fitri bahan makanan yang dijual layak dan aman untuk di konsumsi,” ucap Kepala Dinkes Bangkalan Yoyok Sudiyo, Selasa (26/04/2022). 

Sudiyo mengatakan, pemeriksaan saat ini dilakukan ada empat titik swalayan atau minimarket di Bangkalan, diantaranya Tretan Swalayan, Tom & Jerry, Indah Swalayan, dan Hyfresh.

Dari empat swalayan atau mini market tersebut, semua relatif sama yakni makanan dan minuman mengalami kerusakan dan kadaluarsa. 

“Beberapa makanan kami temukan tidak layak konsumsi. Sehingga, hal ini sangat membahayakan,” katanya.

Sudiyo mengungkapkan, melakukan pemeriksaan ini dikarenakan menjelang lebaran, sehingga kelayakan jenis semua makanan diketahui dan pemeriksaan dilakukan setiap tahun.

“Kami lakukan pemeriksaan ini untuk memberikan keamanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat juga waspada dalam melihat kelayakan makanan saat di beli,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Manajer Hyfresh Bangkalan, Sunoko mengatakan, setiap menjelang lebaran sudah menjual produk yang baik untuk konsumen.

Bahkan mengeklaim, pihaknya dan karyawan sudah memeriksa makanan dan minuman.

“Kalau produknya masih bisa di kembalikan ke distributor, ya kami akan kembalikan, namun kalau tidak bisa kami langsung musnahkan,” pungkasnya.