Daerah  

4 Bakal Calon Rektor UTM Paparkan Visi Misi & Program Kerja

Caption: empat bakal calon rektor UTM menyampaikan visi misi dan program kerja di Gedung Pertemuan UTM. (Doc: Syamsul Arifin/RMN)

Bangkalan || Rega Media News

Panitia Pemilihan Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kembali melanjutkan tahapan pemilihan rektor periode 2022-2026. Tahapan kali ini, memasuki tahap penyaringan melalui rapat senat terbuka dengan agenda penyampaian Visi, Misi, dan Program Kerja bakal calon rektor Universitas Trunojoyo Madura.

Penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor UTM tersebut, digelar di gedung pertemuan Universitas Trunojoyo Madura, pada Selasa (27/09/2022). Hadir dalam kegiatan tersebut rektor dan wakil rektor UTM serta seluruh jajaran senat, pimpinan fakultas, jurusan dan prodi.

Turut hadir dari Kementerian Pendidikan, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Dr.Sri Hunani, dan tim Panelis dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Prof. Dr. Nur Hasan, juga empat bakal calon rektor UTM, Dr. Mahkfud Efendy, Prof. Mohammad Nizarul Alim, Prof. Nunuk Nuswardani dan Dr. Safi’.

Pimpinan Sidang Rapat Senat Terbuka UTM, Dr. Agro Eko Setiawan mengatakan, tujuan penyampaian visi-misi dan program kerja dari bakal calon rektor, untuk mengukur dan mengatahui gagasan program yang dibangun bakal calon. Terdapat 32 anggota senat, secara langsung mendengarkan paparan visi-misi dan program kerja bakal calon rektor.

Pemaparan gagasan itu menurutnya, akan menjadi salah satu pertimbangan senat, dalam memutuskan penyaringan tiga bakal calon rektor UTM yang lolos pada tahap selanjutnya. Pada tanggal 4 Oktober 2022 mendatang, senat bakal menggelar rapat tertutup dengan di ikuti 32 anggota senat.

“Anggota senat akan memberikan hak suaranya untuk memilih tiga bakal calon rektor yang lolos penyaringan. Kita saring menjadi tiga kandidat dan tiga calon ini kita berkaskan di berita acara, kemudian kita ajukan ke kementerian, setelah itu dari menteri akan ada penelusuran rekam jejak,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Rektor UTM, Risyuwono Yudo Nugroho menuturkan, rapat senat dilakukan secara tertutup memang sudah ditentukan oleh senat, panitia pemilihan rektor hanya menerima usulan dari senat, kemudian panitia menindaklanjuti.

“Dalam rapat senat tertutup ini juga ada mekanismenya, pertama musyawarah mufakat, kemudian dilakukan voting. Voting ini apabila nanti secara persen masih sama, maka akan dikembalikan lagi ke Kementerian,” terangnya.

Sedangkan Rektor UTM, Drs. Ec. H. Muh Syarif, menilai hasil dari pemaparan visi-misi dan program kerja dari empat bakal rektor itu, memiliki pandangan masa depan untuk pengembangan dan kemandirian UTM.

Menurutnya, tugas rektor UTM kedepan tantangannya jauh lebih berat ketimbang jabatan rektor sebelumnya. Sebab, perkembangan kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) begitu pesat. Meski demikian, tagline inovatif, berkualitas, dan mandiri saat ini masih dalam tahap penyempurnaan.

“Karena kedepan tantangan calon rektor UTM ini semakin besar baik itu berkaitan dengan peningkatan status dari Satker ke PU, dan perguruan tinggi negeri berbadan hukum. Sehingga dibutuhkan energi, satu komitmen, bagaimana kampus UTM ini semakin mandiri,” tuturnya.

Sementara itu, terkait visi misi dan program kerja yang telah dirancang oleh bakal calon, menurut Syarif, memang semua sudah fokus pada pengembangan pada perubahan Badan Layanan Umum (BLU). Semuanya hampir sama mengarah pada pengembangan dan Kemandirian UTM.

Visi – Misi Calon Rektor Universitas Trunojoyo Madura Periode 2022-2026.

Bakal Calon Rektor UTM nomor urut 1 (Dr. Makhfud Efendy)
VISI :
Menjadikan UTM sebagai pusat keunggulan sumberdaya strategis Madura berbasis pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan dukungan SDM yang nasionalis, berkepribadian luhur dan berdaya saing.

MISI :
1. Meneguhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air bagi seluruh civitas akademika UTM.
2. Meningkatkan kehidupan beragama yang moderat, damai, santun dan sejuk di lingkungan UTM.
3. Menyiapkan insan terdidik yang memiliki kompetensi profesional, softskill millenium dan berkarakter APIK (Amanah, Peduli dan Kreatif).
4. Mengembangkan IPTEKS yang unggul untuk peningkatan nilai tambah sumberdaya (manusia maupun alam) strategis Madura.
5. Membumikan IPTEKS dan budaya unggul UTM, untuk kemaslahatan dan peningkatan kualitas kehidupan secara berkelanjutan.

Bakal Calon Rektor UTM nomor urut 2 (Prof. Mohammad Nizarul Alim)
VISI :
– Mewujudkan UTM unggul, bereputasi, dan bermartabat dengan inovasi dan kolaborasi berlandaskan nilai-nilai keutamaan.

MISI:
1. Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance).
2. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan adaptif MBKM, untuk menghasilkan lulusan yang inovatif, dan berdaya saing.
3. Sinergi, Inovasi dan Transformasi Tridharma Perguruan Tinggi yang berorientasi IKU perguruan tinggi.
4. Memperkuat dan meningkatkan kuantitas, otonomi, kualitas dan daya saing program studi secara nasional dan internasional.
5. Mengembangkan infrastruktur, struktur, dan jaring pengaman sosial dan susila bagi civitas akademika.
6. Meningkatkan kepercayaan civitas akademika, masyarakat dan stakeholder.

Bakal Calon Rektor UTM nomor urut 3 (Dr. Safi)
VISI :
Kolaborasi dan akselerasi mewujudkan UTM menjadi World Class University yang unggul, berlandaskan akhlakul karimah dan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan Tri Dharma berbasis potensi Madura.

MISI:
1. Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan berstandar internasional dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan riset potensi Madura, untuk membentuk lulusan yang berakhlakul karimah berlandaskan Pancasila.
2. Menyelenggarakan sistem manajerial perguruan tinggi akuntabel, transparan, kolaboratif & bertanggungjawab untuk mewujudkan PTN BLU dan PTN BH yang kredibel.
3. Membentuk kolaborasi para stakeholder dalam hilirisasi hasil riset, penerimaan lulusan dan kegiatan kampus merdeka
4. Meningkatkan kemandirian dan daya saing alumni.

Bakal Calon Rektor UTM nomor urut 4 (Prof. Nunuk Nuswardani)
VISI:
Menjadi universitas yang mandiri, inovatif dan unggul di tingkat nasional dan internasional dalam bidang tekhnologi, pangan, kewilayahan, dan humaniora pada 2030, berbasis lokalitas berlandaskan nilai-nilai moral Pancasila.

MISI:
1. Menyelenggarakan Pendidikan yang unggul dan inovatif, dalam bidang teknologi, pangan, kewilayahan dan humaniora berbasis digital dan riset, untuk menghasilkan lulusan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian inovatif kepada masyarakat berbasis lokalitas, yang bermanfaat untuk peningkatan.
3. Menyelenggarakan dan mengembangkan kelembagaan kesejahteraan masyarakat, menunju Lembaga yang mandiri dan inovatif.
4. Melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi, profesional, mandiri, dan mampu menerapkan nilai-nilai moral pancasila.