Daerah  

Pastikan Mudik Aman, Sopir Bus Terminal Sampang Dites Urine

Caption: Kapolres Sampang cek langsung tes urine sopir bus di Terminal Trunojoyo, (dok. regamedianews).

Sampang,- Menjelang lebaran hari raya Idul Fitri 1444 hijriyah, sejumlah sopir bus di Terminal Trunojoyo, Sampang, Madura, Jawa Timur, di tes urine oleh Polres setempat, Kamis (20/04/2023) siang.

Kegiatan terus urine tersebut bersama personel gabungan dan instansi terkait, diantaranya dari Satreskoba, Satlantas, Dokpol dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang.

Pantauan regamedianews.com, pelaksanaan tes urine disaksikan langsung Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, bersama sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polres setempat.

“Tes urine ini dilakukan terhadap sopir bus besar, maupun sopir bus mini yang ada di Terminal Trunojoyo Sampang,” ujar Siswantoro kepada awak media ini.

Tujuannya, kata Siswantoro, untuk mengantisipasi dan mencegah penyalahgunaan narkoba, terutama disaat membawa penumpang yang mudik ke kampung halamannya, agar tetap aman.

“Jika mereka menggunakan narkoba, tentunya akan membahayakan serta mengancam keselamatan para penumpang yang ingin mudik, menjelang lebaran idul fitri,” tandasnya.

Lanjut Eks Kasubditgakkum Ditpolairud Polda Jatim mengatakan, para sopir ini diambil sample urinenya. Apabila, hasil tes urine dinyatakan positif, maka akan di rehabilitasi.

“Namun, dari hasil tes urine terhadap sopir bus menjelang lebaran ini, tidak ada yang positif, semuanya negatif. Tapi, kami menghimbau, supaya tidak menggunakan narkoba saat nyetir,” ucap Siswantoro.

Selain menyaksikan tes urine sopir bus, polisi berpangkat melati emas dipundaknya tersebut, juga memasangkan stiker cegah dan berantas narkoba di setiap bus.

“Tadi kami juga sampaikan langsung kepada penumpang bus yang hendak mudik, bahwa sopir bus_nya negatif narkoba. Namun, tetap waspada dan berhati-hati dalam perjalanan,” pungkas Siswantoro.