Daerah  

Gencarkan Sosialisasi Bahaya Narkoba di Lokasi TMMD Sampang

Caption: sosialisasi bahaya narkoba di Posko TMMD ke-117 Kodim 0828 Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Selain prioritaskan pembangunan fisik, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0828 Sampang, Madura, Jawa Timur, juga fokus terhadap program non fisik.

Sekitar 50 warga Desa Pasarenan, Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang, mengikuti sosialisasi bahaya narkoba, Kamis (20/07/2023).

Kegiatan sosialisasi tersebut, Satgas TMMD Kodim 0828 Sampang, berkolaborasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sampang.

Dalam kesempatan tersebut, penyuluh dari Bakesbangpol melalui Kabid Haornas Candra Romadani Amin, memperlihatkan contoh narkoba, serta menjelaskan tentang dampak dari penggunaan narkoba.

Candra mengatakan, dalam bahaya narkoba terdapat 4 bagian, di antaranya pencegahan, pemberdayaan masyarakat, pemberantasan dan rehabilitasi pencandu narkoba.

Sementara langkah untuk mengatasi kecanduan narkoba, yakni dilakukan pemeriksaan, detoksifikasi, stabilisasi dan pengelolaan aktivitas. Sedangkan efek pecandu narkoba selain kesehatan fisik menurun, berdampak langsung pada kesehatan mental jangka panjang.

“Pengguna narkoba akan mengalami perubahan fungsi dan struktur otak yang mempengaruhi kognitif (sulit berkonsentrasi, tidak bergairah, tidak termotivasi) dan perilaku pecandu,” jelasnya.

Sedangkan faktor yang menyebabkan seseorang terjerumus dengan penyalahgunaan narkoba, menurut Candra, di antaranya karena pergaulan/salah bergaul, dan kurangnya kasih sayang dari keluarga.

Sementara, Pasiter Kodim 0828 Sampang Kapten Inf Darminto berharap, agar setelah dilaksanakan sosialisasi ini warga lebih waspada dan menjauhi narkoba.

“Saya harap masyarakat tidak menyentuh yang namannya narkoba, tolong dijauhi dan apabila menemukan tetangganya yang tersangkut narkoba agar diingatkan, segera laporkan ke BNNK Sumenep untuk direhabilitasi,” tegasnya.