Dua Caleg Asal Madura Peraih Suara Terbanyak di Senayan

Caption: Caleg DPR RI Said Abdullah (kiri), Caleg DPD RI Ahmad Nawardi (kanan), (dok. regamedianews).

Surabaya,- Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 memang penuh persaingan ketat, hingga capaian perolehan suarapun terus bersaing antar para calon anggota legislatif (Caleg) diseluruh Indonesia.

Seperti kabar terbaru, pasca mulai bergulirnya rekapitulasi tingkat provinsi, banyak kejutan terjadi, seperti rekor perolehan suara terbanyak calon anggota legislatif (caleg) di Indonesia.

Jika sebelumnya, rekor suara caleg DPR RI terbanyak se Indonesia masih dipegang Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas) putra mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Maka rekor tersebut saat ini mampu ditumbangkan oleh politisi asal Madura Said Abdullah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dengan perolehan suara lebih dari setengah juta suara.

Politisi asal Sumenep Madura yang juga ketua Banggar DPR RI itu, saat ini menjadi salah satu caleg memperoleh suara terbanyak se Indonesia, setelah suaranya melejit setengah juta lebih melampaui perolehan Ibas dan ketua DPR RI Puan Maharani.

Di Madura suara Said Abdullah mendapatkan total lebih setengah juta suara, dengan rincian di Bangkalan 58.539 suara, Sampang 173.381, Pamekasan 26.377 dan Sumenep 271.495 suara.

Menanggapi hal tersebut Said Abdullah pun berterima kasih, menurutnya hal tersebut tak lepas dari kerja keras team dan kepercayaan masyarakat pulau garam kepadanya.

“Itu semua tidak lepas dari kerja keras tim, juga dukungan dari masyarakat Madura dan para tokoh yang tetap konsisten memilih saya,” ujarnya, Sabtu (9/3/2024).

Lain halnya Said Abdullah Caleg DPR RI lain pula hasil dari calon anggota legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Meski data terbaru belum realease, namun suara salah satu caleg DPD RI Dapil Jawa Timur juga diprediksi menjadi suara terbanyak se Indonesia.

Suara tersebut adalah suara dari Ahmad Nawardi salah satu caleg DPD RI incumbent, yang saat ini juga masih menduduki jabatan sebagai anggota DPD RI masa jabatan 2019-2024.

Berdasarkan beberapa informasi yang berhasil dihimpun, pria asal Sampang Madura itu per Kamis (07/03/24), masih memimpin perolehan tertinggi di Jatim dengan 3.201.867 suara, bahkan melebihi suara Ketua DPD RI AA lanyalla Mahmud Mattalitti yang saat itu memperoleh 3.030.865 meskipun hanya berbeda tipis.

Pria yang pernah menjadi wakil rakyat ditingkat DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2009-2014 itupun, digadang-gadang sebagai caleg DPD RI terbanyak se Indonesia dan akan menumbangkan komedian Komeng yang saat ini masih memimpin sebagai caleg DPD RI dengan perolehan tertinggi.

Aang Kunaefi ketua KPU Jatim mengatakan, proses rekapitulasi tingkat KPU Jatim masih terus berlangsung. Saat ini sudah ada 31 kabupaten/kota Jatim yang sudah menyelesaikan pleno rekapitulasi.

“Sementara masih ada 7 kabupaten/kota yang belum selesai,” ujarnya Kamis (07/03/24) di Hotel Shangri-La Surabaya.