Lapas Narkotika Pamekasan Kobarkan Semangat Pancasila

Caption: Lapas Narkotika Pamekasaan gelar upacara peringatan hari lahir Pancasila, (dok. regamedianews).

Pamekasan,- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura, Jawa Timur, kobarkan semangat pancasilanya.

Hal itu terlihat, saat Kepala Lapas Yhoga Aditya Ruswanto pimpin upacara hari lahir Pancasila, di lapangan Lapas setempat, Sabtu (01/06/2024) pagi.

Momen hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, menjadi sebuah hari besar bagi bangsa Indonesia.

Di hari tersebutlah ideologi Negara terbentuk, harus dijaga dengan sepenuh hati dan segenap jiwa, serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada momen hari lahir Pancasila 2024, mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

“Tema ini mengandung maksud,” ujar Yhoga membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), Yudian Wahyudi.

Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dalam momentum yang bersejarah ini, Yhoga mengajak seluruh pegawai maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk hadir.

“Mari bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Menurut Yhoga, Pancasila harus dijiwai dan pedomani, agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

“Selain regulasi berlandaskan semangat dan jiwa Pancasila, kita perlu keteladanan tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, upacara peringatan hari lahir Pancasila diikuti seluruh pejabat struktural dan pegawai menggunakan baju adat nusantara, serta diikuti warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan.