Daerah  

Upaya Ketahanan Pangan dan Pelestarian Lingkungan Ala Polda Gorontalo

Caption: penanaman bibit pohon buah-buahan di Desa Tolinggula Ulu, (dok. regamedianews).

Gorontalo,- Menjelang peringatan Hari Bhayangkara ke 78 Tahun 2024, berbagai kegiatan sosial dan bermanfaat lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, di lakukan oleh institusi Tri Brata (Polri).

Tak terkecuali, Polda Gorontalo yang dalam menyambut peringatan Hari Bhayangkara kali ini, melaksanakan kegiatan untuk mendukung program ketahanan pangan, sekaligus upaya dalam pelestarian lingkungan.

Menjelang perayaan Hari Bhayangkara ke 78 Tahun 2024 ini, Polres Gorut mengadakan penanaman 5000 bibit pohon buah-buahan, di Desa Tolinggula Ulu, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorut, Kamis (27/06/2024).

Kapolres Gorut, AKBP. Andik Gunawan melalui Kabag SDM, Kompol Jhon Erick K mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakannya guna menyukseskan Penanaman Sejuta Pohon Dalam Rangka Hari Bhayangkara 1 Juli 2024.

“Dalam penanaman ini kita jangan hanya sekedar menanam, akan tetapi juga menjaga dan merawatnya,” ungkap Jhon.

Jhon menyebutkan, ribuan bibit pohon yang ditanam pihaknya ini adalah beraneka bibit pohon buah-buahan yang terdiri terdiri dari bibit pohon durian, mangga, alpukat, dan lain-lain.

“Pohon tersebut harus benar-benar dirawat. Apalagi, baru beberapa bulan yang lalu Kecamatan Tolinggula baru saja terkena dampak banjir bandang. Sehingganya, kegiatan penanam tersebut kita laksanakan di wilayah Kecamatan Tolinggula,” tutupnya.

Sementara itu, Sekertaris Kecamatan Tolinggula, Warda Mootalu menuturkan, dengan dilaksanakannya penanaman ribuan pohon oleh Polda Gorontalo dan jajaran ini, kedepannya wilayah Tolinggula bisa kembali menjadi wilayah yang memiliki banyak jenis tanaman.

“Apalagi, wilayah Tolinggula baru saja terkena dampak banjir bandang, karena kurangnya tanaman atau pohon yang ada di wilayah Kecamatan Tolinggula, khusunya di Desa Tolinggula Ulu,” tutur Warda.

Untuk itu kata Warda, pemerintah Kecamatan Tolinggula bersama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Polda Gorontalo dan jajaran, yang telah memberikan perhatiannya untuk melaksanakan penanaman ribuan pohon di Tolinggula.

“Karena baru saja wilayah Kecamatan Tolinggula terkena dampak banjir bandang, yang mengakibatkan beberapa rumah di wilayah Tolinggula hanyut terbawa banjir, akibat kurangnya pohon dan tanaman,” pungkasnya.