Daerah  

KH Makki Dapat Dukungan Luas Maju Sebagai Ketua PWNU Jatim

Caption: KH. Makki Nasir ketua PCNU Kabupaten Bangkalan, (dok. alfa multimedia).

Jatim,- Ketua PCNU Kabupaten Bangkalan KH. Makki Nasir, semakin mantap untuk mencalonkan diri sebagai Ketua PWNU Jawa Timur.

Hal itu, setelah mendapatkan dukungan dari sejumlah tokoh dan ulama di wilayah tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, tim perwakilan dari PCNU Bangkalan telah melakukan silaturahmi dengan tokoh dan ulama’ di Jawa Timur.

KH. Toyyib Fawwaz, anggota tim yang diberi mandat berkeliling menemui para masyayikh menyampaikan, banyak tokoh dan ulama’ telah memberikan restu dan dukungan untuk pencalonan KH Makki Nasir.

Tokoh-tokoh yang mendukung termasuk KH. Nurul Huda Jazuli dari PP Al Falah Ploso, KH. Fuad Noerhasan, KH. Cholil Nawawi dari PP Sidogiri dan KH. Cholil Asad.

Selain itu, juga KH. Hasan Mutawakkil Alallah dari PP Walisongo Situbondo, KH. Ahmad Ghazali Fathullah dari PP Al Mubarok Lan Bulan.

Bahkan, KH. Abdus Salam Mujib dari PP Al Khoziny Buduran, dan KH. Syafiuddin Abd Wahid dari PP Darul Ulum Sampang, serta lainnya.

KH. Makki Nasir menjelaskan, kegiatan silaturahmi ini merupakan bagian dari upaya menjaga tradisi NU yang telah dicontohkan para ulama terdahulu.

“Silaturahmi adalah bagian dari budaya pesantren yang harus dilestarikan,” ujarnya, Jumat (26/07/2024).

Ia menjelaskan, NU adalah Jamiyatul Ulama, bukan Jamiyatul Umaro. Kita harus menjaga budaya pesantren dan melestarikan tradisi yang sudah ada,” ujarnya.

“Saya berharap tradisi silaturahmi, akan terus dipertahankan sebagai upaya untuk membangun persatuan dan kesatuan dalam organisasi,” pungkasnya.