Daerah  

Job Fair Bangkalan Menarik Minat Ratusan Pencari Kerja

Caption: antusias para pencari kerja padati job fair yang diadakan Disperinaker Bangkalan, (dok. regamedianews).

Bangkalan,- Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Bangkalan, Jawa Timur, memfasilitasi ratusan calon tenaga kerja dengan menggelar job fair di kantor Dinas setempat, Rabu (31/07/24) kemarin.

Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disperinaker setempat, Hariyani Fitrianingsih mengungkapkan, job fair yang diadakan kali ini berhasil menarik minat ratusan pencari kerja.

“Acara ini mengundang 18 penyedia kerja, namun hanya 3 yang tidak hadir,” ujarnya.

Meskipun demikian, total penyedia kerja yang berpartisipasi mencapai 18 perusahaan, termasuk BP2MI yang memberikan informasi tentang lowongan kerja di luar negeri.

Hariyani menyebutkan, hingga pukul 10:40 wib, jumlah pencari kerja yang hadir sudah mencapai hampir 800 orang, jauh melebihi prediksi awal.

“Kami memprediksikan itu antara 300 sampai 400 pencari kerja, ternyata sudah hampir dua kali lipat,” ungkapnya.

Para pencari kerja yang hadir diberikan kebebasan untuk mengikuti proses sesuai kebijakan masing-masing penyedia kerja, baik itu wawancara langsung maupun hanya menyerahkan surat lamaran.

“Namun, karena jumlah yang hadir melebihi kapasitas, beberapa pencari kerja harus bergantian untuk naik ke lokasi wawancara,” terangnya.

Hariyani berharap dengan adanya job fair ini, pencari kerja di Kabupaten Bangkalan dapat lebih mengenal perusahaan yang membuka lowongan kerja dan memahami kebutuhan pasar kerja.

“Mereka bisa mengukur apakah spesifikasi mereka sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,” tambahnya.

Selain itu, Hariyani juga menekankan pentingnya pencari kerja, untuk mengenali bahwa informasi lowongan kerja tidak hanya tersedia didalam daerah, tetapi juga di luar negeri dan luar pulau.

“Mereka nantinya bisa menganalisa bahwa jumlah kebutuhan tenaga kerja di Bangkalan itu seper berapa dari seluruh Indonesia,” jelasnya.

Dengan adanya job fair ini, imbuh Hariyani, diharapkan pencari kerja dapat lebih proaktif dalam mencari informasi lowongan kerja.

“Namun juga dapat mempersiapkan diri, sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan oleh penyedia kerja,” pungkasnya.