Daerah  

Tim Penyelam Barat Selatan Aceh Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut

Caption: Tim penyelam barat selatan Aceh.

Tapaktuan || Rega Media News

Tim penyelam barat selatan Aceh terdiri dari TDC Aceh Selatan, PDC Aceh Barat Daya (Abdya), SDC UTU Meulaboh, Aceh Barat, dan RDC Aceh Jaya, mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut karang tongkat Tuan Tapa, Rabu (17/8/2022).

Pengibaran Bendera Merah Putih di kedalaman 10 meter disekitar karang tongkat Tuan Tapa tersebut dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77 di Kabupaten Aceh Selatan.

Kegiatan tersebut didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan, Pimpinan beserta Anggota DPRK Aceh Selatan, TNI AL Pos Tapaktuan, dan KPLP Tapaktuan.

Untuk mencapai lokasi karang tongkat Tuan Tapa, tim penyelam menggunakan empat unit perahu karet, bergerak dari Pelabuhan Tapaktuan.

Sebelum bergerak ke lokasi, tim penyelam menggelar doa bersama yang dipimpin oleh Mayfendri di atas dermaga Tapaktuan.

Saat tiba di lokasi, tim penyelam turun menyelam ke dasar laut karang tongkat Tuan Tapa untuk mengibarkan Bendera Merah Putih. Setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya di atas permukaan laut.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara diatas perahu karet, Kepala KPLP Tapaktuan, Jaruslim SH dan Komandan Upacara, Anggota TNI AL Pos Tapaktuan, Serka Billy Habibi.

Sebagaimana dikutip dari buku “Legenda Tapaktuan” yang ditulis Almarhum Dahrul Qutni S.Pd, karang tongkat tersebut adalah milik Tuan Tapa saat bertarung dengan dua ekor naga.

Dalam pertarungan sengit melawan dua ekor naga tersebut, Tuan Tapa melemparkan tongkatnya dan mengenai dua naga. Hingga saat ini keberadaan tongkat tersebut bisa terlihat dari daratan kawasan kota Tapaktuan.

Koordinator tim penyelam, Mayfendri kepada wartawan mengatakan, kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut karang tongkat Tuan Tapa, untuk memeriahkan HUT RI Ke-77 di Kabupaten Aceh Selatan.

“Sekaligus untuk mengenalkan keindahan bawah laut karang tongkat Tuan Tapa kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, kawasan bawah laut karang tongkat Tuan Tapa mencapai seluas lapangan bola kaki. Terumbu karangnya sangat indah.

“Kawasan karang tongkat Tuan Tapa sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata bawah laut,” ucapnya.

Kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada tim penyelam dari PDC Aceh Barat Daya (Abdya), SDC UTU Meulaboh, dan RDC Aceh Jaya yang telah bergabung mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut karang tongkat Tuan Tapa.

“Alhamdulillah, kegiatan pengibaran bendera bawah laut berjalan lancar, dan kita berharap kedepan, karang tongkat Tuan Tapa bisa menjadi icon wisata diving,” pungkasnya.