Daerah  

Gandeng Pemerintah Desa Ciptakan Inovasi Cegah Narkoba

Caption: Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, saat meninjau langsung tempat inovasi cegah narkoba di Desa Pacanggaan, (dok. Harry Regamedianews).

Sampang,- Selain memberantas para pelaku penyalahgunaan narkoba, langkah pencegahan juga dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Sampang, Madura, Jawa Timur.

Pencegahan tersebut, dengan cara menggandeng Pemerintah Desa dalam menciptakan inovasi, yang diperuntukan bagi warga penduduk di desa setempat.

Seperti inovasi Polres Sampang bersama Pemerintah Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan, yakni memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), guna mencegah narkoba.

Bahkan, inovasi berkat sinergitas Pemdes Pacanggaan dengan Polsek Pangarengan dan Satreskoba tersebut, mendapat perhatian Kapolres Sampang AKBP Siswantoro.

Hal itu terlihat, saat eks Kasubditgakkum Ditpolairud Polda Jatim ini, meninjau langsung tempat UMKM cegah narkoba yang ada di Desa Pacanggaan, Senin (20/02/2023) siang.

“Saya apresiasi inovasi cegah narkoba seperti ini, terutama dengan memberdayakan UMKM warga,” ujar Kapolres Sampang AKBP Siswantoro kepada regamedianews.com.

Dengan demikian, imbuh Siswantoro, inovasi pencegahan narkoba melalui kegiatan positif, dapat mencegah warga tercandu narkoba. Bahkan, dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri.

“Tidak hanya itu, inovasi berdayakan UMKM guna cegah narkoba ini, dapat menaikkan taraf kehidupan mereka, serta bermanfaat bagi keluarganya dan masyarakat sekitar,” tandasnya.

Orang nomor satu di Mapolres Sampang ini berpesan, agar masyarakat menghindari segala macam penyalahgunaan narkoba, serta selalu bekerja dengan ikhlas untuk masa depannya.

“Sesuai dengan yang dikatakan, narkoba no…!!!, bekerja yes…!!!. Jadi, bekerjalah dengan ikhlas demi masa depan dirinya sendiri dan keluarganya,” pungkas Siswantoro.

Sementara itu, Kepala Desa Pacanggaan H.Syaiful Islam mengatakan, inovasi berdayakan UMKM guna cegah narkoba tersebut digagas sejak lima tahun silam. Namun, hal ini berkat dukungan Polres Sampang.

“Kami sediakan tempat bekerja bagi mereka. Namun, dengan mereka sibuk bekerja disini, mereka tidak menyalahgunakan narkoba lagi,” ujarnya.

H.Syaiful Islam mengungkapkan, sebelumnya ia bersama sejumlah tokoh melakukan pendekatan kepada mereka, agar tidak melakukan penyalahgunaan narkoba.

“Alhamdulillah, dengan adanya inovasi ini, mereka mau bekerja disini. Sudah sekitar 30 orang yang bekerja. Rata-rata sebelumnya adalah pecandu narkoba,” ungkapnya.

Kades yang akrab disapa abah Sihol berharap, inovasi berdayakan UMKM guna cegah narkoba ini, dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di kecamatan lainnya.

“Jika tidak dilakukan pencegahan, mau jadi apa generasi bangsa ini. Maka dari itu, mari ciptakan inovasi cegah narkoba yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, pantauan regamedianews.com di lokasi, inovasi tersebut berupa tempat produksi aluminium yang kemudian dibentuk menjadi peralatan dapur, seperti alat memasak.