Daerah  

DD 2 Desa di Sampang Gagal Cair

Caption: ilustrasi Dana Desa (DD).

Sampang,- Sebanyak 178 desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, sudah mengajukan pencairan Dana Desa (DD), yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun, hingga saat ini, masih ada 2 desa yang gagal atau belum bisa mencairkan DD. Hal tersebut, dibenarkan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sampang.

“Ada dua desa yang belum bisa mencairkan DD,” ujar Kepala DPMD Sampang Chalilurrahman, melalui stafnya Moh.Imam, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (02/06/2023).

Imam mengungkapkan, kendala 2 desa yang belum bisa melakukan pencairan tersebut, karena ada beberapa masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

“Masalahnya, tidak bisa melakukan pencairan DD, karena adanya persoalan di Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tidak kunjung usai,” ungkapnya.

Imam menyebutkan, 2 desa yang belum bisa mencairkan DD_nya tersebut, yakni Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates dan Desa Baruh Kecamatan Sampang.

“Namun, dalam waktu dekat kedua desa ini bisa melakukan pencairan DD tahap pertama. Kalau desa yang lain, rata-rata sudah selesai mencairkan,” tandasnya.

Sedangkan total DD untuk 180 desa di Sampang pada tahun 2023, kurang lebih Rp 224 miliar. Dana tersebut, ditransfer langsung dari pusat ke masing-masing rekening kas desa.

“Dengan mekanisme penyalurannya langsung seperti itu, maka pencairan DD dipastikan tidak akan ada pemotongan. Sudah bukan masuk ke kas daerah lagi,” pungkasnya.