Daerah  

Gotong Royong Massal, Solusi Untuk Polusi Plastik

Caption: saat gotong royong bersihkan sampah di Taman RTH Pala Indah Tapaktuan, (dok. regamedianews).

Aceh Selatan,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan, melaksanakan gotong royong massal, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2023.

Kegiatan gotong royong massal tersebut, menjadi bagian persiapan Kabupaten Aceh Selatan, sebagai tuan rumah Rakerda Dekranasda se-Aceh, pada 15 -17 Juni 2023, di Taman RTH Pala Indah kota Tapaktuan.

Kegiatan gotong royong massal serentak dipusatkan di RTH Pala Indah Tapaktuan, diikuti pejabat Forkopimda Aceh Selatan, ASN, TNI, Polri, BUMN dan instansi vertikal pemerintah, Jumat (09/06/2023).

“Gotong royong juga dilakukan di seluruh kecamatan dalam kabupaten Aceh Selatan, gampong, sekolah, puskesmas, serta fasilitas publik lainnya,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Selatan, T.Masrizar.

Dalam gotong royong tersebut, ungkap Masrizar, mengangkat tema ‘Solusi Untuk Polusi Plastik’. Terbukti, saat bersih-bersih didapat sampah plastik yang telah mencemari krueng sarullah hampir 200 kg.

“Gotong royong massal ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2023. Selain itu, persiapan dari pelaksanaan Rakerda Dekranasda se Provinsi Aceh,” terangnya.

Pihaknya berharap, agar momentum ini untuk mendorong partisipasi masyarakat, dalam pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, setelah limbah tersebut di olah kembali.

“Gotong royong massal ini juga bagian dari gerakan, untuk menggalakkan semangat gotong royong dan jum’at bersih yang dapat dilaksanakan secara berkala di Aceh Selatan,” pungkasnya.