Daerah  

SISASA Dekatkan Polres Sampang Dengan Difabel

Caption: tampak kepedulian anggota Satbinmas Polres Sampang terhadap siswa-siswi difabel dan guru SLBN Sampang, (dok. regamedianews).

Sampang,- Program Polisi Sahabat Disabilitas (SISASA) adalah inovasi Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Kepolisian Resor (Polres) Sampang, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, dalam menumbuhkan rasa empati terhadap kaum disabilitas atau difabel.

Kegiatan SISASA, rutin dilaksanakan Satbinmas Polres Sampang, setiap hari Jumat, dengan cara menyambangi dan memberikan motivasi kepada kaum disabilitas atau difabel yang ada di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN), di Jl.Imam Bonjol, Kelurahan Dalpenang, Kecamatan/Kabupaten Sampang.

Dalam program SISASA tersebut, dikemas dengan tema “Jumat Religi”, diisi serangkaian kegiatan berupa ngaji Al-quran bersama siswa-siswi difabel, berserta para guru SLBN Sampang. Selanjutnya, berbagi makanan sebagai wujud rasa empati dan kepedulian terhadap difabel.

“Kegiatan SISASA, bertujuan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sahabat difabel,” ujar Kapolres Sampang AKBP Siswantoro, melalui PS Kanit Bintibsos Satbinmas Polres Sampang Aipda Liwail Amri, Jumat (09/06/2023) pagi.

Maka dari itu, ungkap Amri, dengan rutin melaksanakan program SISASA setiap hari Jumat, tidak ada jarak antara Polri dengan sahabat disabilitas ataupun difabel. Meski demikian, SISASA mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur, atas segala nikmat tuhan.

“Dengan kita selalu bersama sahabat-sahabat difabel, akan menghilangkan rasa sombong kita, tentunya akan menumbuhkan jiwa sosial serta empati. Kita dilahirkan ke dunia ini, untuk saling tolong menolong, tidak ada perbedaan diantara kita,” tutur Amri.

Eks Banit Provos Sipropam Polres Sampang ini juga mengajak, bersama-sama merangkul dan peduli siswa-siswi SLBN (difabel, red), dengan memberikan dukungan moril, agar mereka terus memiliki semangat untuk menuntut ilmu, dalam meraih cita-citanya.

“Bahkan, selama ini banyak sahabat difabel memiliki kemampuan lebih dan berprestasi, dalam segala bidang dan kemampuan lainnya. Oleh karena itu, kami ucapkan terimakasih kepada guru SLBN Sampang yang selalu gigih, aktif dan sabar dalam mendidik, membina siswa-siswi difabel,” pungkas Amri.

Sementara itu, Mudjianto Dwi Sunarno salah satu guru SLBN Sampang menyampaikan, terima kasih banyak kepada Satbinmas Polres Sampang, yang selalu peduli serta memberikan semangat berupa motivasi, terhadap siswa-siswi difabel didikannya.

“Karena dengan adanya program SISASA inovasi Satbinmas Polres Sampang, rutin dilakukan setiap pekan, semakin menunjukkan kepedulian dan mendekatkan Polri dengan kaum disabilitas ataupun difabel, terlebih diselingi kegiatan berbagi,” pungkas Mudjianto.