Daerah  

Jelang Pemilu 2024, Kodim Sampang Fokus Jaga Stabilitas Keamanan

Caption: Dandim 0828 Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto saat diwawancara awak media, (dok. regamedianews).

Sampang,- Peringatan HUT TNI ke-78 kali ini berbeda, mengingat pada tahun 2024 mendatang, Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi secara serentak.

Hal itu diungkapkan Komandan Kodim 0828 Sampang Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto, usai pimpim upcara HUT TNI di Makodim setempat, Kamis (05/10/2023) pagi.

“Maka mulai saat ini pengawalan keamanan demokrasi dilakukan. Seperti tema HUT TNI ke-78, TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju,” ujarnya.

Sementara, ungkap Suprobo, persiapan yang dilakukan TNI dalam menyambut tahun politik, khusunya jajaran TNI angkatan darat, sudah diperintahkan konsilidasi ke bawah.

“Kita petakan wilayah potensi kerawanan konflik pada Pemilu, bersama Polri dan pemerintah daerah, dalam mengumpulkan data,” tandasnya kepada awak media.

Namun sejauh ini, jelas Suprobo, khususnya di Kabupaten Sampang belum ada potensi ancaman dalam mengganggu stabilitas masyarakat jelang Pemilu 2024 mendatang.

Untuk saat ini, kata Suprobo, situasinya masih kondusif, sebab pengawasan dan pengawalan sudah dilakukan jauh-jauh hari.

“Kami siap selalu, jika se waktu-waktu ada penonjolan potensi kekacauan di bawah, seperti ada provokasi hingga alami pertengkaran antar warga,” tegasnya.

Kendati demikian, imbuh orang nomor satu di Makodim Sampang, pihaknya berharap anggota TNI bisa diterima oleh masyarakat Sampang, dalam stabilitas keamanan.

“Jika ada persoalan dibawah segera lapor dan koordinasi bersama kami dengan cara baik, tanpa mengedepankan emosi, sehingga terciptanya perdamaian,” pungkasnya.