Daerah  

BJAMSOSTEK Madura Gandeng BUMDes Jadi Mitra

Caption: BPJS Ketenagakerjaan Madura pose bersama pihak DPMD Bangkalan, (dok. regamedianews).

Madura,- Langkah baik Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, bersama BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madura melakukan kegiatan sosialisasi.

Sosialisasi tersebut, bertempat di Aula Pangeran Onggu Kantor DPMD setempat, Jl.Halim Perdana Kusuma Bangkalan, Senin (11/12), dibuka Sekretaris DPMD Saksono Farmanto.

Tujuan sosialisasi itu, untuk mensosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan kepada pelaku usaha milik desa, terdiri dari usaha perdagangan/UMKM dan untuk menjadi mitra, dalam memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi para anggota.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh 55 peserta, diantaranya 40 BUMDes dan 15 pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan.

Dalam sosialiasi ini BPJamsostek Madura mengajak masyarakat pelaku usaha untuk mendaftarkan dirinya, agar mendapat Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dalam program BPJamsostek.

Diantaranya Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Progam Jaminan Kematian (JKM), Program Jamiman Hari Tua (JHT), Program Jaminan Pensiun (JP) dalam kesempatan kali ini, dijelaskan lebih detail mengenai program JKK dan JKM.

Dijelaskan juga bahwa Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan akan mengcover sejak perjalanan bekerja dari rumah ke tempat kerja, selama di tempat kerja dan saat perjalanan pulang dari tempat kerja ke rumah pekerja.

Dalam pemaparannya Sekretaris DPMD Bangkalan Saksono Farmanto menyampaikan, kegiatan ini langkah awal dan seterusnya berlanjut, serta ingin memperkenalkan dan memberitahu tentang BPJamsostek ke masyarakat desa.

Dengan adanya Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terhadap BUMDes, bisa membantu perekonomian desa dan sesuai Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Kemiskian Ekstrem, maka perlu upaya bersama untuk menekan angka kemiskinan ekstrem lewat Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerkaan.

“Harapan saya dengan diadakannya sosialisasi ini, masyarakat bisa lebih tahu tentang BPJS Ketenagakerjaan dan program-programnya, untuk mendapatkan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, meminimalisir resiko pekerja dalam menjalankan usahanya, serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Dalam pernyataan terpisah Kepala BPJamsostek Madura Indriyatno mengatakan, terimakasih kepada pihak DPMD dan masyarakat yang telah memberi kesempatan, untuk mensosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan di lingkup DPMD maupun BUMDes yang hadir.

Indriyatno mengatakan, dengan menggandeng BUMDes sebagai mitra, maka semakin memudahkan dan mendekatkan masyarakat khususnya para anggota BUMDes untuk mendapatkan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Masyarakat desa tidak perlu lagi datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan, tetapi cukup datang ke BUMDes setempat. Membayar iuran sampai dengan pengajuan klaim manfaat bisa melalui BUMDes, untuk kemudian akan dibantu oleh petugas kami. Hal itu untuk mempercepat dan mempermudah pemenuhan hak mereka,” tandasnya.

Pihaknyabmenyebarkan informasi dan mengajak masyarakat, dalam mendaftarkan dirinya untuk keselamatan dalam bekerja melalui BPJamsostek, kami pihak BPJamsostek telah melakukan kerjasama resmi bersama pihak DPMD, maka dari itu tidak diragukan lagi bahwa mendaftarkan diri untuk Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut, bisa langsung dilayani dengan baik dan cepat.

“Harapannya dengan sosialisasi ini banyak masyarakat yang belum mendaftarkan dirinya agar bisa mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bersama kami karena banyak manfaat yang akan didapatkan dan untuk menjaga keselamatan diri serta pelaku usaha,” pungkasnya. (red)