Daerah  

Jelang Nataru, Lapas Narkotika Pamekasan Gandeng Polisi

Caption: Kalapas Narkotika Pamekasan saat koordinasi tentang persiapan pengamanan nataru dengan Kapolres Pamekasan, (dok. regamedianews).

Pamekasan,- Menjelang perayaan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Madura, koordinasi dengan Polres setempat.

Koordinasi tersebut, dalam rangka memastikan pengamanan dan meminimalisir gangguan keamanan didalam Lapas, saat Nataru mendatang, Kamis (14/12/2023).

“Hal itu, sesuai surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, tentang peningkatan kewaspadaan menghadapi Nataru,” ujar Kalapas Narkotika Pamekasan Yhoga Aditya Ruswanto.

Yhoga mengungkapkan, selain koordinasi dengan pihak kepolisian, pihaknya juga koordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) lainnya, di wilayah setempat.

“Selain itu, kami tetap mempersiapkan apa yang menjadi hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yaitu pemberian remisi natal,” tandasnya.

Kendati demikian, kata Yogha, ia berharap dengan adanya koordinasi, pihaknya mampu meminimalisir dan mencegah gangguan keamanan di dalam Lapas.

“Kegiatan ini sesuai arahan Kakanwil Kemenkumham Jatim, dalam menyambut Nataru, perlu mekukan 3+1 hal penting,” ucapnya.

Yakni, jelas Yhoga, mendeteksi dini gangguan kamtib, memberantas barkoba, bersinergi dengan APH dan back to basic pemasyarakatan.

Sementara itu, Kapolres Pamekasan AKBP Satria Permana menyampaikan, sinergitas yang telah berjalan baik, akan terus ditingkatkan menjadi lebih baik.

“Kami siap memback up gangguan kamtibmas jika dibutuhkan, dan siap mengerahkan personel selama perayaan nataru,” tegasnya.

Hal tersebut, imbuh Satria, untuk membantu dalam peningkatan kewaspadaan dan pengamanan Lapas, melalui patroli sambang yang secara bergantian. (red)