Daerah  

Kodim Pamekasan Ajak Masyarakat Semangat Bela Negara

Caption: prosesi upacara Hari Bela Negara ke-75, di Makodim 0826 Pamekasan, (dok. regamedianews).

Pamekasan,- Kodim 0826 Pamekasan, mengajak seluruh masyarakat Indonesia, untuk mengobarkan semangat bela negara.

Hal tersebut, disampaikan Mayor Cpl Suwandi, saat menjadi inspektur upacara, memperingati Hari Bela Negara ke-75 tahun, Selasa (19/12/2023).

Upacara yang dilaksanakan di halaman Makodim setempat tersebut, mengusung tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju”.

Hari Bela Negara merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dalam memperingati Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 19 Desember 1948 di Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Cpl Suwandi selaku inspektur upacara membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dalam amanatnya menyampaikan, bela negara bukan hanya tanggung jawab pertahanan, melainkan semua elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya.

Ia menuturkan, bea negara di Indonesia, bukan hanya pada aspek militer, tetapi harus lebih luas, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari- hari.

“Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara,” pungkasnya.