Daerah  

Kepsek di Bangkalan Diteror Wartawan Palsu

Caption: Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan tunjukkan surat pemberitahuan study tour, (dok. regamedianews).

Bangkalan,- Dugaan teror oknum wartawan terhadap Kepala Sekolah Dasar (SD) di Bangkalan, Jawa Timur, menjadi atensi Dinas Pendidikan setempat.

Belakangan ini, sejumlah kepsek tersebut diduga diintimidasi oknum wartawan terkait study tour, yang rencananya akan dilakukan oleh sekolah-sekolah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan, Moh Yakkub menegaskan, pihaknya memperbolehkan sekolah untuk mengadakan study tour.

“Namun dengan sejumlah ketentuan yang harus dilaksankan. Apabila ada oknum melakukan pemerasan atau menakut-nakuti dilawan saja, jangan takut,” tegas Yakkub, Senin (27/05/2024).

“Sesuai himbauan dari pak Pj Bupati untuk study tour bisa dilaksanakan dengan sejumlah ketentuan, salah satunya tidak sampai membebani orang tua,” ujarnya.

Yakkub menjelaskan, selain tidak membebani orang tua, study tour sudah kesepakatan dari unsur sekolah baik dari guru, kepala sekolah, wali murid dan komite sekolah.

“Kegiatan study tour harus lebih banyak kemanfaatan kepada siswanya, dalam rangka peningkatan pengetahuan,” tandasnya.

Kendati demikian, imbuh Yakkub, juga didukung dengan alat trasportasi yang memenuhi syarat, dengan ditunjukkan uji kelayakan dari kendaraan.

Menurutnya, tujuan study tour diharapkan ke tempat-tempat yang dapat menambah pemanfaatan pengetahuan kepada siswa, dan tidak di tempat yang ekstrim.

“Kami menghimbau, jika memang sudah sesuai dengan prosedur dan ketentuan berlaku, jika ada oknum yang mengintimidasi supaya tidak sampai terpengaruh,” pungkasnya.