Kemaren Batu Akik, Kali Ini Di Sumenep Pusaka Kembali Ngetren

  • Bagikan

images

Sumenep (rmn.com) – Kemaren hampir seluruh masyrakat dikalangan Madura bahkan sampai kemanca Negara pada demam akik, para kolektor pusaka hampir tidak menunjukkan aktivitas sama sekali, kali ini kecintaan pada pusaka berbentuk senjata tradisional seperti keris (geman) kembali hidup dan ngetren kembali di Kab. Sumenep. (28/04)

 

Hidupnya kembali aktivitas pusaka merupakan salah satu hal yang sangat bagus, karena disumenep budaya hampir terkikis, padahal pusaka merupakan benda sakral dan syarat dengan makna positif, membawa dan memiliki pusaka juga menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari – sehari.

 

“kalau saya kolektor dan pecinta pusaka ketika musim demam akik kemaren hampir tidak ada aktivitas sama sekali, dan saya hanya ikut arus aja… tapi saya tetap pertahankan koleksi saya toh suatu saat akan ngetren lagi, buktinya sekarang disumenep, sudah pada demam pusaka” ucap Abdul karim kepada media regamedianews.

 

Membawa pusaka (keris / geman) atau nyongkel merupakan tradisi orang madura, di sumenep pusaka diyakini merupkan perantara keselamatan dan membawa perdamaian, dalam ilmu pamornya makna pusaka beraneka ragam seperti perantara rezeki, penolak balak dan lain sebagainya.

 

“ingat loo mas… hanya perantara, semua tetap berpasrah dan bertawakkal pada tuhan yang maha kuasa” ungkapnya sambil tersenyum.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!