Lomba Ayam Bekisar Tingkat Nasional 2016 Diadakan Di Pantai Camplong

0
307

 

IMG-20160724-WA0076      13754546_991804804273611_933821055361496779_n


Sampang (regamedianews) – Keluarga Penggemar Bekisar Indonesia (KEMARI) Cabang Kabupaten Sampang menggelar Kontes Ayam Bekisar Tingkat Nasional 2016 pada 24 juli 2016 yang berlokasi di tempat wisata Pantai Camplong,  perlombaan  terselenggara berkat kerjasama dengan Dinas Peternakan dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah raga Kab. Sampang.

Acara perlombaan tersebut dihadiri langsung oleh Forkopimda, Ketua Kemari Sampang H. Ismail Wahid, dan semua peserta lomba ayam bekisar, perlombaan secara resmi dibuka oleh Dandim 0828 Sampang Letkol Inf. Indrama Bodi, S.Pd. Lomba suara ayam bekisar tingkat Nasional tahun 2016 diikuti sebanyak 165 Peserta diantaranya dari Kelas Utama, Kelas Madya dan Kelas Pratama, terdiri dari berbagai daerah di Jawa Timur, bagi pemenang nantinya akan mendapat hadiah meriah yang telah disediakan oleh panitia diantaranya 3 unit sepeda motor, 3 unit kulkas (lemari es), 3 unit televisi, tropi dan hadiah meriah lainnya.

Pada kesempatan ini, Achmad Husairi selaku Ketua Panitia Penyelenggara dalam laporannya menyampaikan, Kontes ayam bekisar merupakan program kegiatan yang telah ditetapkan oleh pengurus Kemari Cabang Sampang serta dilaksanakan secara Nasional bertempat di Pantai Wisata Camplong, pelaksanaan kontes ini merupakan media bagi pemilik dan peternak ayam bekisar yang ada di Sampang dan seluruh Indonesia sebagai sentra menguji serta mengetahui kuwalitas ayam yang dimiliki, selain itu sebagai bukti adanya kepedulian terhadap  upaya pelestarian lingkungan hidup khususnya ayam bekisar, meningkatkan wisatawan domistik bahkan manca Negara, dan tak lain tujuannya untuk terjalinnya silaturahmi kekeluargaan antara Bekisar Mania dan menyemarakkan Kemari Cup 2016.

Disesi lain Ketua Kemari Cabang Sampang H. Ismail Wahid mengatakan, Perlombaan ayam bekisar ini guna meningkatkan penggemar dan peternak ayam bekisar, dalam perkembangannya ternak ayam bekisar sangat membantu perekonomian masyarakat Sampang, baik dalam fungsinya sebagai peternak, penjual sarana dan pakan ternak, pengrajin sangkar dan layanan jasa inseminasi buatan ayam bekisar, “dengan adanya kontes ini Pemerintah Sampang sangat memberikan peluang dan mendukung semua hal yang berkaitan dengan ayam bekisar, oleh karena itu saya adakan perlobaan ini di tempat wisata sampang yakni pantai camplong” imbuhnya.

Ketua Jatim Corruption Watch (JCW) Sampang H. Moh. Tohir yang ikut memantau jalannya perlombaan mengatakan dirinya sangat mendukung dengan adanya kegiatan kontes ayam bekisar ini dan berharap pecinta suara ayam bekisar ini terus menggenjot kegiatan lomba suara ayam bekisar, agar masyarakat tersadar dan kembali mencintai ayam bekisar, sehingga keberadaan ayam bekisar yang dikenal juga dengan sebutan ayam para raja, tetap lestari di Sampang.

Dalam kontes ini juri hanya menilai suara dan fisik ayam bekisar, sisi fisik dinilai dari kebersihan, variasi warna bulu, dan keindahan bentuk jengger, semakin bisa berirama, maka suara ayam bekisar dinilai semakin bagus. Namun, hingga berita ini ditulis, ayam bekisar yang juara belum diketahui. (har)

 

 

 

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here