Kemenag Sampang Tunggu Sidang Isbat Soal Awal Ramadhan

0
360

Sampang (regamedianews.com) – Dalam penentuan Untuk awal bulan puasa pada bulan Ramadhan 1438 Hijriah Tahun 2017 di wilayah Kabupaten Sampang, Kementerian Agama (Kemenag) setempat masih menunggu hasil keputusan sidang isbat bersama.


Pada regamedianews.com Kasi Penyelenggara Syari’ah ‎Kemenag Kab. Sampang, Fathorrahman menjelaskan, penentuan awal puasa pihaknya akan menunggu hasil sidang isbat yang akan digelar oleh Pemerintah Pusat. Dalam hal ini, ada dua cara untuk menentukan awal ramadhan yakni hisab dan rukyatul hilal atau melihat bulan.

“Pihak Kementerian Agama RI bersama pihak terkait lainnya biasanya akan melakukan sidang isbat untuk menentukan awal puasa ramadhan. Kita tetap menunggu hasil keputusan tersebut” ucapnya, Rabu (02/05/2017).

Fathorrahman menambahkan, Kementerian Agama RI mengakomodir ketentuan yang menyebutkan bahwa untuk memastikan awal bulan di kalender hijriyah harus melihat hilal langsung (rukyah), berharap masyarakat juga menunggu hasil sidang Isbat sebagai penentu awal puasa.

“Kami harap masyarakat tidak perlu bingung mengenai kabar awal puasa sebelum adanya pengumuman resmi dari pemerintah,  kami juga berharap agar tahun ini tidak ada perbedaan dalam menentukan tanggal 1 Ramadhan pada masing-masing ormas Islam” ungkapnya. (*)

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here