2.320 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak di Sampang

0
137

Sampang, (regamedianews.com)– Gelaran Pilkades Serentak tahap II di Kabupaten Sampang akan digelar pada Selasa (16/5) esok, guna mengoptimalkan keamanan dilapangan, Polres Sampang telah menyiapkan sebanyak 2.320 personel gabungan terdiri dari 1.870 Jajaran Polri dan 450 Anggota TNI, mereka akan dipencar di 31 desa dan 11 Kecamatan yang melaksanakan Pilkades Serentak tahun ini.


Guna memantau kesiapan personelnya,  Senin (15/5) siang dilakukan apel gelar Pasukan bersama dilapangan Wijaya Kusuma Sampang yang dihadiri langsung Plt Bupati Sampang sekaligus bertindak sebagai inspektur Upacara.

Dalam Sambutannya H.Fadhilah Budiono menuturkan bahwa Pilkades perlu mendapatkan perhatian khusus terutama dari aspek keamanan, karena memiliki potensi kerawanan yang kuat.

“Tapi alhamdulilah melihat kesiapan pengamanan ini yakin pelaksanaan pilkades akan berjalan aman dan terkendali. Yang dianggap rawan seperti di kawasan Desa Birem, Kedungdung, Ragung Pangarengan, Bire Timur Sokobanah, Tambak dan Omben,” ujar pria yang terkenal merakyat tersebut.

Fadilah menambahkan, bahwa penyebab kerawanan dalam pilkades adalah karena kuatnya kepentingan golongan, oleh sebab itu menurutnya tingkat pengamanan lebih di tekankan apalagi mengacu pada pengalaman Pilkades serentak sebelumnya.

“Karena pengalaman pilkades kemarin, makanya lebih ditingkatkan pengamanan agar tidak kecolongan lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar melalui Kabag Ops Kompol Syaiful Anam, mengatakan bahwa selain sudah siap menempatkan personel pada titik yang telah ditentukan, pihaknya juga sudah memetakan titik kerawanan desa yakni mulai dari rawan dengan 11 Desa, sangat rawan ada 11 Desa, dan aman ada 9 Desa.

Dirinya juga menambahkan bahwa Penempatan pengamanan untuk kategori Desa aman ada 10 polisi, Desa rawan dengan 30 polisi, sedangkan untuk Desa yang sangat rawan akan diterjunkan 45 personil Polisi.

“Kita melihat klasifikasi kerawanan desa itu akan menerjunkan 1 kompi Brimob Polda Jatim. Antisipasi perjudian di pilkades, kami juga sudah membentuk tim gabungan sebanyak 15 personel dari Polres Sampang,” pungkasnya. (har/jum)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here