Sejahterakan Petani, Dinas Pertanian Sumenep Segera Realisasikan Kartu Tani

0
268

Sumenep, (regamedianews.com) – Bank Negara Indonesia (BNI) siap menyalurkan sekitar 1,3 juta Kartu Tani untuk petani penerima manfaat subsidi pupuk. Salah satunya, di Sumenep, Madura. Realisasi penyaluran Kartu Tani di Sumenep diberikan kepada 120 ribu petani setempat.


Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, Bambang Heriyanto, menjelaskan, mulai bulan Oktober 2017 kartu tani sudah bisa digunakan oleh para petani di Sumenep.

“Pada musim tanam tahun 2017, sekitar bulan Oktober kartu tani sudah bisa digunakan,” terangnya, Jumat (09/06/2017)

Bambang menambahkan, Bahwa pihaknnya mengaku sudah melakukan rapat internal dengan tiga instansi yaitu produsen benih, produsen pupuk, dan off taker (pembeli). Ketiganya sudah ada komitmen agar pelayanan kartu tani dapat terealisasi dengan cepat.

“Ketiga instansi sudah siap melayani petani dengan kartu tani, agar petani tidak sulit mencari pinjaman modal, beli benih dan pupuk, sehingga tercipta transparan dan tepat sasaran dalam pendistribusian benih dan pupuk kepada para petani,” ujarnya.

Pihaknya menganjurkan bagi para petani diwajibkan untuk bergabung kepada kelompok tani, karena apabila tidak tergabung tidak akan mendapatkan kartu tani.

“Pupuk bersubsidi diperuntukkan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani, jadi bagi petani yang tidak mempunyai kartu tani tidak akan mendapatkan pupuk bersubsidi” tegasnya. (red)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here