Kapolres Sampang himbau masyarakat agar waspadai peredaran Uang Palsu

0
173

Sampang,(regamedianews.com)-, Jelang hari raya idul Fitri, peningkatan transaksi keuangan meningkat jika dibandingkan dengan hari hari biasa, hal itu tidak mendapat perhatian khusus dari Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar , guna mengantisipasi peredaran uang palsu dirinya mengimbau agar masyarakat selalu waspada


“Jelang Idul Fitri 1438 Hijriyah dipastikan transaksi jual beli akan meningkat, di khawatirkan kondisi ini justru sengaja dimanfaatkan oleh orang tertentu untuk mengedarkan uang palsu, karena itu kita mengimbau agar warga waspada,” katanya, Rabu (21/06).

Menurutnya, para oknum pengedar uang palsu akan menarget lokasi pasar yang tak dilengkapi alat deteksi uang palsu seperti pasar tradisional dan sejenisnya

“Biasanya di pasar tradisional, kios, warung-warung kecil, selain itu pelaku juga akan memanfaatkan kondisi penjual yang kurang teliti untuk membelanjakan upal,” paparnya.

Orang nomer satu didijajaran Kepilisian Sampang itu berharap agar masyarakat lebih teliti dan tetap mengacu pada konsep 3D, (dilihat, diraba dan diterawang)

“Periksalah uang secara teliti dengan metode 3D, yakni dilihat, diraba dan diterawang untuk membedakan antara uang asli atau uang palsu. Biasanya kwalitas uang palsu itu lebih jelek, misalnya bahan yang digunakan mudah rusak, kemudian tinta yang digunakan juga mudah luntur,” imbuhnya.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat segera melapor, apabila menemukan oknum yang mengedarkan uang palsu kepada pihak berwajib agar segera diproses secara hukum

“Kita juga meminta kepada warga yang mencurigai atau menemukan uang palsu dapat segera melaporkannya kepada petugas agar bisa cepat ditanggulangi dan menangkap pelaku pengedarnya,” pungkasnya. (Cakjum/har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here