H-1 Lebaran, Volume Kendaraan Arus Mudik di Sampang Melonjak

0
125

Sampang, (regamedianews.com) – Satu hari menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, kendaraan yang melintasi di wilayah Kabupaten Sampang semakit melonjak, bahkan volume kendaraan yang melintas bisa terlihat sejak H-3 lebaran. Akibatnya, sekira pukul 10.Wib Wib Sabtu (24/06/2017) pagi terjadi kemacetan sepanjang 500 meter di depan Pasar Srimangunan Jalan KH. Wahid Hasyim.


“Volume kendaraan yang masuk melintasi di Sampang semakin meningkat, diperkirakan peningkatan akan terjadi hingga sore nanti” ujar Kasat Lantas Polres Sampang AKP Erika Purwana Putra.

Erika menambahkan, dari data yang masuk tercacat ada 20.500 kendaraan melintas di Sampang. Diantaranya, 11.500 kendaraan roda dua, 7.300 roda empat, dan 1.700 kendaraan berat (truck). Terjadinya peningkatan arus mudik kali ini sebesar 15 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal.

Untuk itu, lanjut Erika, pihaknya memberlakukan pengaturan lalu lintas dengan memasang posisi separator jalan yang dipasang di tengah Jalan Raya KH. Wahid Hasyim guna menghindari kemacetan arus mudik.

“Saat ini kami terus mengupayakan untuk mengurai arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang di sekitar Pasar Srimangunan maupun jalur lainnya,” pungkasnya.

Semenatara Kasi Lalu Lintas Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang, Khotibul Umam mengatakan, pihaknya telah menyediakan jalur alternatif bagi para pengendara roda dua dan roda empat khususnya para pemudik yang keluar kota. Hal ini sebagai antisipasi kepadatan jalanan di Kota Sampang.

“Jalur alternatif itu berada di pertigaan Jalan Salak dengan belok ke kanan menuju jalan Jamaluddin hingga tembus ke jalan Rajawali dan belok ke kiri menuju Jalan Syamsul Arifin belok kanan ke Jalan Agus Salim. Jalur ini dipakai bila ada kemacetan sebagai pengalihan arus,” terangnya.

Selain itu, di Sampang sendiri, memasuki H-1 lebaran, arus mudik dilaporkan mulai ramai. Sebagian besar kendaraan pemudik mulai masuk ke Sampang, kebanyakan pengguna jalan sampai Sabtu pagi (24/06/2017) masih didominasi pengendara sepeda motor.

“Sekedar diketahui, Dishub Sampang sendiri memprediksi, puncak arus mudik di Sampang diperkirakan akan terjadi pada siang sampai sore nanti” imbuhnya. (har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here