Lomba Takbir Keliling di Sampang Meriahkan Malam Idul Fitri 1438 H

0
426

Sampang, (regamediamews.com) – Dalam rangka memeriahkan malam hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Sampang mengagendakan kegiatan takbir bersama yang dikemas menjadi lomba takbir keliling dengan berjalan kaki disepanjang area kota Bahari, Sabtu (24/06/2017).


Pantauan regamedianews.com, Puluhan peserta lomba diberangkatkan dari depan Monumen Trunojoyo dengan finish di lapangan Wijaya Sampang. Lomba tersebut dikhususkan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Sampang Kota. Sungguh sangat menarik begitu banyak dekorasi yang disulap menjadi bentuk masjid dan ada pula yang berbentuk Ka’bah dilengkapi dengan alat musik seperti rabbana, beduk serta diiringi musik tradisional Daul Combo.

Sebelum acara pemberangkatan para peserta lomba takbir keliling, Plt Bupati Sampang Fadhilah Budiono mengatakan, takbir keliling ini memang menjadi agenda tahunan di Sampang dan setiap pemenang akan mendapatkan hadiah.

“Jadi takbir keliling itu setiap tahun dilaksanakan sebagai syiar Islamnya, Tapi diharapkan kepada para peserta untuk tetap tertib,” ungkapnya, Sabtu malam (24/06).

Di kesempatan yang sama Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kementrian Agama (Kemenag) Sampang, Moh Holil menyampaikan, Lomba takbir kali ini ada 33 grup yang sudah mendaftar untuk mengikuti lomba tersebut yang dibagi dalam tiga kategori. Untuk kategori anak-anak ada 9 grup, kategori remaja 13 grup dan kategori dewasa sebanyak 11 grup.

“Setiap kategori nantinya memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Namun dalam lomba takbir kali ini ada beberapa syarat yakni minimal 12 orang dan maksimal 25 orang per grup serta wajib menggunakan baju muslim warna putih” ujarnya.

Sementara ditengah kesibukan memainkan alat musik sambil bertakbir, Achmad Farhan salah satu cucu dari seorang yang terkenal dengan merakyatnya, H. Moh. Tohir selaku Ketua Jatim Corruption Watch (JCW) dengan semangatnya ikut berpartisipasi dan mengumandangkan gema takbir bersama kelompoknya yakni Remaja Masjid (Remas) Al Furqon bernomor urut 07 perwakilan Jalan Kenari Kelurahan Gunung Sekar Sampang dengan tema “Bersihkan Hati Sucikan Diri Untuk Meraih Fitri Yang Hakiki”.

Kelompok yang terdiri dari anak-anak kecil ini tak mau kalah kompak dengan kelompok lain yang lebih dewasa.Dirinya bersama teman sekelompoknya menunjukan kreativitasnya dengan menampilkan kekompokan dan keserasian mulai dari seragam hingga alat-alat musik yang dimainkan.

“Saya senang dengan mengikuti perlombaan takbir keliling ini, apalagi ditonton oleh ribuan orang, disamping saya memeriahkan malam lebaran juga bisa menunjukkan kreatifitas saya bersama teman – teman yang lain serta Saya ucapkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin” ucapnya. (har)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here