Upacara Pembukaan TMMD Ke-99, Kepedulian dan Kemanunggalan TNI Dengan Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa

  • Bagikan

Sampang, (regamedianews.com) – Tepatnya pada Hari Selasa (04/07/2017) Upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Kodim 0828 Sampang digelar di Lapangan Desa Moktesare Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang.

Pantauan regamedianews.com, Bertindak selaku inspektur upacara yakni Sekdakab Sampang, Phutut Budi Santoso menggantikan Plt Bupati Sampang Fadhilah Budiono berhalangan hadir karena sedang Dinas luar. Adapun Peserta upacara terdiri dari jajaran TNI Kodim 0828 Sampang, Polres Sampang,FKPPI, Satpol PP, Pelajar, dan perwakilan masyarakat.

Turut hadir dalam upacara tersebut,- Danrem 084 Bhaskara Jaya (Kolonel CZI Denny Herman), Pabandiah lid Kodam V/BRW (Letkol inf Yudo), Staf Ahli Kodam V/Brw (Kolonel Arm Suprioso), Irdam V/Brw (Kolonel Arh Purwo Sudaryanto), Kaajendam V Brw, Dandim 0816/Sidoarjo, Dandim 0832/Surabaya selatan (Letkol Inf Arienovian Hani Sampurno), Kasdim 0829/Bangkalan, Kaminfet Sampang (Mayor Subandi), Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar dan seluruh Kepala OPD Kab. Sampang.

Dalam sambutannya Sekda Kab. Sampang Phutut Budi Santoso meyampaikan, bahwa program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah sebuah program lintas sektoral yang melibatkan dan memadukan berbagai unsur, yaitu TNI, Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat dalam rangka membantu pemerintah dalam melakukan akselerasi pembangunan daerah yang dilaksanakan secara berlanjut dan berkesinambungan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantabkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Phutut menyampaikan, bahwa kegiatan TMMD ini memiliki arti dan peran strategis dalam membangkitkan semangat kebersamaan, gotong-royong serta nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa.

“Dengan kembalinya semangat gotong-royong dalam masyarakat, akan meningkatkan nilai-nilai agama dan nilai luhur bangsa maka harapannya akan lahir rasa kebersamaan yang tinggi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa guna mewujudkan kesejahteraan, keamanan dan kemajuan,” tuturnya, Selasa (04/07).

Semenatara di sesi lain Komandan Kodim 0828 Sampang, Letkol Inf Indrama Bodi memaparkan, Pihaknya telah melakukan peninjauan lokasi untuk kegiatan TMMD ke-99, salah satu lokasinya yakni Desa Ombul yang terletak di kawasan Kecamatan Kedungdung, dilokasi tersebut banyak yang harus dibangun lebih baik, Misalnya, jalan makadam sepanjang 3 KM perbatasan Desa Ombul-Tambelangan yang dijadikan mobilisasi warga. Selain itu ada 10 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Pemasangan keramik Masjid, Pembangunan Jembatan, pembangunan Polindes serta perbaikan 2 lokal SDN 1 Ombul.

“TMMD merupakan program untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan TMMD ini juga diproyeksikan sebagai bentuk dukungan bagi berbagai program Pemerintah Daerah dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik” paparnya.

Di sesi lain usai kegiatan upacara Danrem 084 Bhaskara Jaya, Kolonel CZI Denny Herman mengatakan, Kegiatan gotong royong ini sekarang hampir pudar maka dengan TMMD akan menambah jiwa korsa budaya gotong royong.

“Program TMMD hasilnya akan lebih bagus apabila pekerjaannya itu diborongkan karena masyarakat yang bekerja, sehingga masyarakat merasa pekerjaan itu miliknya, jadi mau tidak mau masyarakat bekerja secara maksimal karena untuk dirinya sendiri” tandasnya.

Lebih lanjut, Denny mengatakan, bahwa mereka yang bekerja ini bukan dari wilayah sampang saja melainkan ada yang dari satuan wilayah Surabaya dan lainnya, terutama adalah bekerja sesuai dengan kultur budaya yang ada di Kabupaten Sampang.

“Sedangkan personel yang kami libatkan dari Arhanud 63 mariner 30 juga dari Dandim, Polri dan Pemda, kami semua bergabung,” tutupnya. (har)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik disini??
Ada Informasi??
Selamat Datang Di regamedianews.com
Silhkan Sampaikan Informasi Anda !!!!