Ragam  

Lestarikan Budaya, Karapan Sapi Ashari Cup di Gelar di Ketapang Sampang

Sampang, (regamedianews.com) – Rayakan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke – 72 dan melestarikan budaya kebanggaan masyarakat madura, Ashari Cup 2017 menggelar kerapan sapi di lapangan Trunojoyo Ketapang, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang yang di dukung oleh Jet Matic Foundation, Dor To Door, H. Yud Blega dan Porkesap Sampang.

Kerapan tersebut di ikuti sebanyak 48 pasang sapi se-Madura dari berbagai daerah di Jawa Timur, Kabupaten Propolinggo dan Bondowoso, ikut serta memperebutkan hadiah tiga Unit Mobil dan tiga Unit Speda Motor, juga beberapa hadiah piala Ashari Cup 2017 lainnya, minggu (06/08/2017).

Mohammad Ashari tokoh muda sekaligus penyelenggara kegiatan tersebut saat di konfirmasi mengatakan, kerapan sapi ini hanya untuk memperingati serta memeriahkan HUT RI ke – 72 dan melestarikan budaya kebanggaan masyarakat madura.

“Kegiatan ini kami selenggarakan untuk memperingati HUT RI ke 72. Selain itu, untuk melestarikan Budaya Madura. Budaya kerapan sapi merupakan budaya secara turun temurun yang diwariskan oleh nenek moyang kami di pulau madura,” tutur Ashari.

Di tempat yang sama H. Abdullah Hidayat Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sampang sekaligus pemilik team Dor To Door salah satu tim pendukung kegitan tersebut mengatakan, dirinya mendukung penuh acara Ashari Cup, untuk menjaga seni serta budaya kerapan sapi yang merupakan khas kebanggaan masyarakat madura.

“Di era perkembangan jaman saat ini, dimana teknologi berkembang pesat dan budaya-budaya asing sudah mulai merasuk pada kaula muda, disini kami berkomitmen untuk melestarikan budaya madura yaitu kerapan sapi,” ujar Ketua AKD Kabupaten Sampang itu.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sampang, Abdussalam juga pendukung kegitan Ashari Cup tersebut, saat di konfirmasi mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi momentum yang tepat dan dirinya berterima kasih kepada Mohammad Ashari atau dengan sapaan Kak Toan Ashari yang telah mengadakan lomba kerapan sapi se-Madura hingga Jawa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kak toan Ashari, yang telah menyelenggarakan lomba kerapan sapi dengan tujuan melestarikan budaya lokal yang semakin tahun semakin eksis”; ujarnya.

Sedangkan Bupati Sampang H. Fadhilah Budiono mengatakan, dirinya mendukung penuh kegiatan yang di selenggarakan oleh tokoh muda Mohammad Ashari, membantu melestarikan budaya lokal berupa kerapan sapi dengan bagus dan menghibur. (adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..