Daerah  

Dinas Perikanan Beri Bantuan Cool Box pada Pedagang Ikan di Pasar Sampang

Sampang, (regamedianews.com) Dalam upaya meningkatkan kualitas ikan laut dan air tawar Pemerintah Daerah Kabupaten Sampanh melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan cool box untuk pengolah dan pemasar yang ada di beberapa pasar tradisional di Sampang.

Pantauan regamedianews.com, pembagian Cool Box tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Perpustakan setempat dan diberikan secara simbolis oleh Sekda Kab. Sampang Phutut Budi Santoso di dampingi Kepala Dinas Perikanan, Eni Muharjuni, Selasa (15/08/2017). Sebelumnya pembagian cool box sudah dilaksanakan pekan kemarin, di berikan secara langsung oleh Bupati Sampang Fadhilah Budiono di halaman kantor Dinas Perikanan setempat. Namun pada pembagian kali ini hanya ada 100 paket Cool Box yang berikan.

Sementara Sekda Kab. Sampang, Phutut Budi Santoso menjelaskan, Program berupa bantuan Cool Box ini adalah salah satu program dari Dinas Perikanan dalam rangka mengangkat kesejahteraan para pedagang diantaranya pedagang ikan.

“Ini adalah suatu hal yang positif, mudah – mudahan para pedagang bisa memanfaatkan alat yang berikan dan momentum bantuan agar supaya bisa mengangkat pendapatan para pedagang,” ucapnya, Selasa (15/08).

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Kab. Sampang, Eni Muharjuni mengatakan, bantuan Cool Box diberikan khusus kepada para penjual ikan ataupun nelayan. Maka dengan adanya bantuan Cool Box (peti pendingin) maka hasil tangkapan nelayan atau sisa penjualan ikan diharapkan tetap segar.

“Di samping untuk meningkatkan kualitas ikan juga untuk meningkatkan posisi tawar sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Ikan yang berkualitas tinggi akan menjadi harapan masyarakat karena dapat dikonsumsi secara aman, nyaman dan gizinya yang masih utuh / tidak rusak sehingga pada akhirnya kesehatan dan kecerdasan masyarakat makin meningkat,” terangnya .

Selain itu juga, Lanjut Eni, dengan bantuan tersebut kiranya dapat membantu para pedagang ikan bisa dapat menemukan solusi untuk memecahkan masalah pedagang akibat kesulitan mempertahankan ikan segar.

“Hal itu dikarenakan selama ini nelayan tidak mempunyai tempat penyimpanan ikan seperti cool box tentunya salah satu faktor penting bagi nelayan maupun pedagang ikan untuk mempertahankan kesegaran ikan tetap awet dan tahan lama,” pungkasnya. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..