Meriahkan HUT RI, Remaja Kampung Kenari Sampang Gelar Lomba Daul Combo Mini

Sampang, (regamedianews.com) – Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memeriahkan Hari Ulah Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 72, salah satunya seperti hal unik yang dilakukan oleh kalangan remaja Jalan Kenari, Kelurahan Gunung Sekar Sampang, yakni mengadakan lomba Daul Combo Mini, Sabtu (26/08/2017) malam.

Pantauan regamedianews.com dilokasi, ratusan warga membludak keluar rumah untuk menonton perlombaan unik, karena sebelumnya lomba daul combo diikuti kalangan orang dewasa. Namun kali ini ada inisiatif berbeda dari remaja Kampung Kenari, tak tanggung-tanggung peserta lomba daol combo mini pertama kalinya digelar diikuti oleh 20 kelompok daul.

Bukan hanya menampilkan kekreatifan, pagelaran daul combo mini juga diiringi puluhan anak-anak kecil yang berpakaian aneka ragam busana, seperti pakaian Sakera dan Marlena, ada juga berpakaian Polri / TNI.

Ditengah kesibukannya, Haris Susanto Ketua RT 02 RW 05 Kelurahan Gunung Sekar Sampang sekaligus sebagai Ketua Panitia perlombaan tersebut pada regamedianews.com mengatakan, perlombaan musik tradisional daul combo mini baru pertama kali dilaksanakan, hal ini dilakukan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 serta memberikan hiburan ke masyarakat, khususnya bagi kalangan anak-anak.

“Warga antusias menyaksikan perlombaan daul combo mini, bahkan banyak mengaku senang ketika anak-anak kecil juga ikut serta menjadi peserta lomba mengiringi rentetan daul combo yang dihiasi beraneka pernak pernik lampu, sehingga bentuk daul lebih keliatan unik dan mirip seperti daul combo aslinya,” ujarnya, Sabtu (26/08).

Haris mengaku, dalam perlombaan daul combo mini ada beberapa penilaian khusus, diantaranya keunikan bentuk dari daul dan kekompakan anak-anak dalam busana yang dipakai. Selain itu Haris menambahkan, perlombaan kali ini juga didukung oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jatim Corruption Watch (JCW).

“Nanti tim juri yang menilai kreatifan dari para peserta. Meski terbilang lombanya dikemas sederhana dan hadiahnya tidak terlalu mewah, tapi warga senang, terbukti mereka antusias menonton perlombaan lomba daul combo mini ini,” ungkapnya.

Sementara Achmad Farhan, salah satu koordinator daul combo mini sekaligus cucu dari H. Tohir selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan, Ia mengaku senang mengikuti perlombaan tersebut, menurutnya lomba seperti ini patut dicontoh dan ditiru. Selain memeriahkan HUT RI, dirinya bersama peserta lain ingin menunjukkan kekereatifan yang berbeda, di samping unik juga seru.

“Saya dan teman-teman senang dengan adanya lomba daul combo mini. Lomba ini baru pertama digelar, sebelumnya saya adalah salah satu personel daul combo perwakilan dari Kampung Kenari, kelompok kami biasanya ikut lomba dan bersaing dengan peserta yang lebih dewasa. Tapi kali ini berbeda, kami membuat daul combo yang dibentuk ektra kecil serta diiringi oleh anak-anak kecil yang berpakaian beraneka ragam busana,” ucapnya.

Sekedar diketahui, usai para peserta mengikuti jalannya perlombaan sesuai dengan start dan finis yang sudah ditentukan panitia, ada beberapa kelompok daul combo mini meraih juara, diantaranya juara 1 diraih oleh kelompok daul combo mini Rejeki, juara 2 diraih kelompok daul Tuan Muda, Juara 3 kelompok daul Putra NH, juara 4 kelompok daul Wiro Sableng, juara 5 kelompok daul Lanceng Kenari, dan juara 6 diraih kelompok daul Selir Wangi. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

..