20 Desa di Sumenep Dilanda Kekeringan, BPBD Suplai Air Bersih

0
199

Sumenep, (regamedianews.com) – Jelang musim kemarau sedikitnya 20 dari 37 desa yang tersebar di 13 Kecamatan, di Kabupaten Sumenep, mendapatkan suplai air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.


“Ada 37 desa yang masuk kategori kekeringan. Hingga saat ini sudah ada 20 desa yang kami suplai air bersih, semuanya berada di wilayah daratan,” ujar Kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi, saat ditemui di ruang kerjanya,Senin (11/09/2017).

Menurutnya, dari 37 desa itu, 15 desa diantaranya masuk kategori kering kritis, sedangkan lainnya masuk kategori kering langka. Dari 37 desa itu tersebar di 13 kecamatan, diantaranya Pasongsongan, Batu Putih, Saronggi, Ambunten dan Talango.

“Pendistribusian air bersih itu kami lakukan secara bertahap bagi desa yang membutuhkan dan kami suplai sesuai kebutuhan di daerah tersebut,” terangnya.

Rahman menambahkan, musim kemarau di Sumenep kali ini diprediksi akan terjadi hingga bulan Oktober 2017. Untuk itu, pemerintah terus berkoordinasi dengan OPD terkait untuk terus menyuplai air bersih kepada warga yang membutuhkan.

“Suplai air bersih itu kami lakukan sesuai kebutuhan masyarakat yang dimohon melalui kepala desa setempat. Namun, sebelum melakukan suplai kami terlebih dahulu turun ke bawah untuk melihat langsung kebutuhan air bersih yang sebenarnya,” ungkapnya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here