Tingkatkan Kapasitas Pendidik Paud, Disdik Bangkalan Sosialisasi Aplikasi Dapodik

0
158

Bangkalan, (regameianews.com) – Untuk meningkatkan Kapasitas Pendidik di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Kabupaten Bangkalan, berbagai hal dilakukan oleh Dinas Pendidikan setempat, salah satunya dengan melakukan sosialisasi aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik)


Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (PNF), Dinas Pendidikan Bangkalan, Moh. Jufri Kora mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk memperbaharui data yang disingkronisasi dengan sistem dari tahun sebelumnya, sehingga semua data pendidik dan peserta didik secara otomatis akan terdaftar di Kementerian Pendidikan.

“Semua data guru dan siswa itu kan sekarang ada di Dapodik, jadi untuk mevalidasi dan sinkronisasi data harus diperbaharui dari sistem tahun sebelumnya,” terangnya, Jum’at (22/09/2017).

Menurutnya, sosialisasi tersebut akan menjadi tolak ukur bagi semua lembaga, sebab dalam Dapodik, juga memuat data lengkap pendidik, mulai dari berpagai aspek yang meliputi kompetensi tenaga pendidik dan prestasi guru lainnya.

“Jadi nanti, semua data yang berkaitan dengan pendidikan di masing-masing lembaga, nanti langsung terekam di pusat, semuanya, termasuk kompetensinya, akan terekam di sana,” jelasnya.

Jufri berharap, sosialiasi yang dilaksanakan saat ini akan berimplikasi terhadap dunia pendidikan, khususnya guru-guru Paud, mengingat Dapodik tersebut menjadi acuan bagi guru, seperti kesejahteran dan peningkatan lainnya.

“Makanya, kedepan guru guru Paud ini akan tergerak untuk meningkatkan kapasitasnya, kompetensinya, sehingga kualitas peserta didik akan terwujud seperti yang diharapkan bersama,” pungkasnya. (tar)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here