Kini Nelayan di Bangkalan Terlindungi Program Asuransi

0
199

Bangkalan, (regamedianews.com) – Saat ini semua nelayan di wilayah Bangkalan, sudah terlindungi program asuransi nelayan. Jumlah nelayan di Bangkalan yang tercatat menerima bantuan program asuransi nelayan sebanyak 7.975 orang nelayan. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan pada Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Khairul Rahman.


“Program asuransi nelayan itu, sebagai upaya pemerintah untuk mensejahterakan rakyat, melalui jaminan perlindungan bagi nelayan. Jika ada nelayan yang tertimpa kecelakaan kerja di laut atau meninggal dunia, maka akan langsung memperoleh santunan,” ujarnya, Senin (09/10/2017).

Khairul menambahkan, nelayan yang mengikuti program asuransi ini adalah nelayan yang berusia produkutif yakni antara usia 25 tahun hingga 45 tahun. Asuransi nelayan ini, dimulai sejak tahun 2016 lalu dan terus berlanjut hingga saat ini. Bahkan, pada 2017 ini ada 5 orang nelayan di Kabupaten Bangkalan yang telah memperoleh klaim asuransi sebesar Rp160 juta, yakni nelayan asal Banyusangkah dan Kwanyar, Bangkalan.

“Berbeda dengan program asuransi pada umumnya, asuransi perlindingan bagi nelayan ini merupakan program bantuan pemerintah yang diberi nama Bantuan Presmi Asuransi Nelayan (BPAN),” pungkasnya. (tar)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here