Gus Ipul dan Torul Kompak Deklarasikan Gerakan Sampang Mengaji

0
191

Sampang, (regamedianews.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, mengajak seluruh santri, kiai, dan para ulama Sampang, Madura, ikut berperan mengembangkan peningkatan perekonomian daerah. Hal ini diungkapkan Gus Ipul saat mengahdiri acara peringatan Hari Santri Nasional dan Deklarasi Sampang Mengaji yang diselenggarakan di Gor Indoor setempat, Selasa (24/10/2017).


Selain itu, Gus Iful juga menyampaikan, yang berperan dalam meningkatkan ekomomi bukan hanya berasal dari investor, dan pengusaha. Akan tetapi, santri, kiai, dan ulama memiliki peran dengan hal yang sama.

“Saya mengajak santri, guru ngaji, kiai, dan ulama untuk menggerakkan perkembangan perekonomian daerah, khususnya Kabupaten Sampang,” tuturnya.

Menurutnya, peran kiai sangat penting untuk mendorong masyarakat pada efek ekonomi supaya turun bersama-sama bergandengan tangan pada peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Efek ekonomi tentu pasti ada. Orang mengaji saja jelas membutuhkan Al-quran, begitu juga peran santri, guru ngaji, kiai dan ulama,” pungkasnya.

Berdasarkan suatu hal yang harus diupayakan, Gus Iful melanjutkan, bahwa upaya yang harus dikembangkan untuk memajukan ekonomi, tentu perlu pantauan atau melihat-lihat, seperti melihat perkembangan nelayan dan petani.

“Selain itu, upaya yang perlu dikembangkan dalam hal ekonomi kita perlu melihat perkembangan yang ada disekitar kita, diantaranya nelayan dan petani,” pungkasnya.

Sementara dikesempatan yang sama Moh. Matorurrozaq Ismail mengatakan, Deklarasi Sampang Mengaji tersebut mengajak masyarakat menerapkan nilai-nilai Al-quuran dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya bangsa yang selamat, sejahtera, dan penuh keberkahan. Mengingat, seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih di era globalisasi sekarang semakin tergerusnya kultur budaya.

“Kegiatan ini sebetulnya lebih didasari karena bergesernya kultur budaya kita akibat kemajuan arus teknologi dan informasi. Kami akan bergerak terus seperti menyampaikan kampanye edukatif lewat media massa untuk menggelorakan semangat mengaji, mencintai dan belajar tentang al-qur’an,” tuturnya.

Sekedar diketahui, di sela acara juga dilaksanakan pemberian 10 ribu Al-quran secara simbolis kepada masing-masing pengurus masjid atau musholla se-Kabupaten Sampang oleh Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul dan Moh Matorurrozaq Ismail yang kebetulan berkehendak akan maju dalam Pilkada Sampang 2018 mendatang. (har/adi)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here