Warga Miskin di Sumenep Banyak Tak Terdata BPJS

0
123

Sumenep, (regamedianews.com) – Beribagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk mensejahterakan masyarakat dalam hal kesehatan. Salah satunya dengan adanya program Badan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (BPJS), namun sampai saat saat ini masyarakat setempat masih banyak yang tidak masuk progran tersebut.


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, A. Fatoni mengatakan, hingga sekarang masih banyak masyarakat miskin di daerahnya belum masuk program BPJS Kesehatan.

“Masyarakat Sumenep yang telah terdaftar BPJS sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) atau yang dibiayai APBN sekitar 510 ribu. Sedangkan masyarakat miskin yang akan dibiayai APBD kuotanya sebanyak 78 ribu,” jelasnya, Selasa (24/10/2017).

Namun dari kuota tersebut, lanjut dia, sampai sekarang yang terdata baru sekitar 38 ribu dan yang tidak terdata sekitar 40 ribu masyarakat miskin belum terdata. Karena itu, ke depan pihaknya akan kembali melakukan pendataan.

“Dalam prosesnya akan bekerja sama dengan instansi terkait, yakni Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat. Harapannya pendataan bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

Fatoni menambahkan, sampai sekarang data warga miskin yang terdaftar BPJS Kesehatan masih bermasalah. Menurutnya, masih ada masyarakat yang sudah meninggal dunia atau telah pindah domisili masih terdata.

“Kasus-kasus seperti ini masih terjadi. Makanya, ke depan kami akan melakukan pendataan lagi sebaik-baiknya,” pungkasnya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here