Antisipasi Banjir, BPBD Sampang Bersama 1.000 Relawan Gelar Bersih-Bersih Sungai Kali Kemuning

0
216
Kanan, Bupati Sampang Fadhilah Budiono turun langsung ke dalam sungai sedang membersihkan sampah dan ranting yang ada ditengah sungai.
Kanan, Bupati Sampang Fadhilah Budiono turun langsung ke dalam sungai sedang membersihkan sampah dan ranting yang ada ditengah sungai.

Sampang, (regamedianews.com) – Memasuki musim hujan biasanya Kabupaten Sampang sering dilanda banjir akibat meluapnya sungai kali kemuning, dalam mengantisipasi itu pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang mengerahkan 1.000 relawan untuk melakukan bersih-bersih sungai kemuning, Selasa (31/10/2017).

Ditengah kesibukan membantu para relawan yang lain Bupati Sampang Fadhilah Budiono mengatakan, ia merespon baik terhadap masyarakat. Karena dapat berpartisipasi melakukan bersih-bersih sampah di sepanjang sungai.


“Kesadaran kita dan seluruh masyarakat dengan cara gotong-royong bersih-bersih sungai, merupakan langka awal untuk mengurangi terjadinya banjir. Dan masyarakat di pinggiran sungai juga sadar agar tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Anang Djoenaedi menyebutkan, bersih-bersih sungai Kali Kemoning melibatkan 1.000 relawan.

“Mereka kita bagi menjadi empat kelompok dan disebar di empat titik. Pembersihan sungai tersebut, dimulai dari hulu sampai hilir dengan tujuan mengantisipasi kemungkinan terhadap risiko terjadinya banjir menjelang musim hujan,” terangnya.

Ketua Komunitas Relawan Sungai Sampang, sekaligus mewakili masyarakat, Jihad menyampaikan, masyarakat sama-sama siap mencegah dan melindungi kebersihan di sekitar sungai.

“Kami bukan hanya berupaya mengurangi terjadinya banjir. Tapi, bagaimana cara mencegah datangnya banjir. Salah satunya masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya. (har/adi)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here