Angka Pengangguran Menurun, Ini Yang Dilakukan Disnakertrans Sumenep

0
302

Sumenep, (regamedianews.com) – Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnkartrans) Kabupaten Sumenep, Madura, untuk mengurangi angka pengangguran dengan cara terobosan baru.


Kepala Disnakertrans Mohammad Fadilah mengungkapkan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 2016 mencapai 4,71 persen, sedangkan tahun ini mengalami penurunan menjadi 3,31 persen.

“Pengangguran terbuka kita mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, penurunan angka pengangguran akan terus digenjot dengan berbagai langkah dan upaya. Salah satunya dengan menggelar pameran bursa kerja (Job Fair) yang dapat mempercepat penyerapan tenaga kerja,” tuturnya, Jum’at (03/11/2017).

2017 ini, lanjut Fadilah, Job Fair dilaksanakan oleh instansi yang dipimpinnya masih bekerja sama dengan Universitas Wiraraja (Unija) bertempat di Sansibar pada 23 Oktober.

“Tahun depan, kita adakan sendiri dengan melibatkan beberapa perusahaan. Selain itu, kami akan selalu memantau perkembangan para tenaga kerja yang telah direkrut oleh beberapa perusahaan, seperti yang dilaksanakan Kamis 2 November 2017 kemarin, berupa seleksi karyawan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) salah satu perusahaan milik BUMN,” tandasnya.

Fadilah menambahkan, ini adalah tindak lanjut dari pelaksanaan Job Fair di Sansibar. Disnakertrans memberikan fasilitas tempat untuk pelaksanaan seleksi bagi perusahaan yang akan melaksanakan seleksi, agar perusahaan yang melaksanakan Job Fair itu bisa bekerja sama dengan Disnaker dalam rangka menfasilitasi masyrakat untuk memporoleh kesempatan kerja.

“Kami berharap ke depan Disnakertrans sebagai institusi ketenagakerjaan selalu memberikan informasi seluas-luasnya bagi masyarakat agar memperoleh kesempatan kerja,” pungkasnya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here