Diperkirakan Gelombang Laut Tinggi, BMKG Sumenep Imbau Nelayan Waspada

0
150

Sumenep, (regamedianews.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Sumenep, Madura, mengimbau masyarakat, khususnya nelayan, agar terus waspada, karena tinggi gelombang diperkirakan di atas 2,5 meter.


Pengamat BMKG Kalianget, Agus Arif Rakhman mengatakan, berdasarkan hasil prakiraan cuaca saat ini (21 November 2017, red) kondisi cuaca pada umumnya akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Mulai saat dini hari hingga siang hari di Perairan Utara Jawa Timur, Perairan Bawean, Masalembu, Selat Madura, Selatan Jatim, dan di Laut Jawa bagian Timur akan hujan,” ujarnya, Selasa (21/11/2017).

Menurutnya, Kondisi tersebut berdampak pada perubahan gelombang laut. Diperkirakan ketinggian gelombang di laut Jawa antara 1.3 – 2.5 meter mulai pagi hingga sore. Sedangkan ketinggian gelombang saat malam hari diperkirakan meningkat antara 1.5 – 3.0 meter.

“Sementara gelombang di Samudera Hindia (Selatan Jatim) antara 1.5 – 3.5 meter. Arah angin didominasi dari arah Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan maksimum di laut HJawa 26 knots per 47 km/jam, dan di selatan jatim 28 knots per 50 km/jam. Tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Laut Jawa bagian Timur dan di Samudera Hindia Selatan Jatim. Kami mohon untuk tetap berhati-hati,” imbaunya. (sap)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here